Daftar Lagu2 Pramuka Populer dan Manfaat Menyanyikannya

Bagikan artikel ini yuk!

Pramuka memang identik dengan tepuk tangan dan bernyanyi, jadi tidak heran kalau lagu2 Pramuka jumlahnya banyak. Lagu-lagu Pramuka dinyanyikan hampir di setiap kegiatan, seperti perkemahan, saat latihan hingga ketika ada even tertentu.

Lagu-lagu yang dinyanyikan oleh anggota Pramuka tersebut bermacam-macam genrenya, dan dapat menjadi pembangkit semangat. Lagu Pramuka juga berfungsi sebagai alat pemersatu yang dapat membuat semua anggota melebur bersama-sama dalam melakukan kegiatan.

Lagu2 Pramuka
Lagu2 Pramuka Foto Pramuka – wahyudi_real

Daftar Lagu2 Pramuka yang Populer

Karena jumlahnya lumayan banyak, kadang memang kita menjadi bingung apa saja lagu-lagu yang biasa dinyanyikan dalam kegiatan Pramuka. Namun, diantara sekian banyak lagu Pramuka, ada beberapa yang sering dinyanyikan dan populer, yaitu :

  1. Hymne Pramuka

Lagu ini seakan sudah menjadi lagu wajib bagi anggota Pramuka dan sering dinyanyikan saat kegiatan. Judul lagu tersebut adalah Hymne Pramuka, yang diciptakan oleh H. Muhtar. Biasanya lagu ini dinyanyikan ketika pembukaan suatu kegiatan kepramukaan.

Hymne Pramuka memilliki lirik yang kaya makna, yaitu janji setia seorang anggota Pramuka untuk berperan serta memajukan negara.

  1. Syukur

Bicara tentang lagu2 Pramuka yang sering dinyanyikan salah satunya adalah Syukur. Lagu ini juga ciptaan dari H. Muhtar, yang wajib dinyanyikan setiap kegiatan Pramuka. Lagu Syukur pertama kali diperkenalkan bulan Januari 1945.

Lagu Syukur sendiri berisi tentang ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena tidak lama lagi negara akan merdeka.

  1. Selamat Datang Kakak

Dari judulnya pasti sudah bisa diketahui kalau lagu ini berisi tentang ucapan selamat datang kepada kakak pembina. Lagu “Selamat Datang Kakak” dinyanyikan untuk menyambut kedatangan kakak pembina dalam setiap kegiatan.

  1. Api Unggun

Api unggun adalah kegiatan yang sangat identik dengan Pramuka. Ada satu lagu yang sering dinyanyikan ketika anggota Pramuka sedang berkemah, judulnya Api Unggun. Lagu ini dinyanyikan peserta kemah sesaat setelah api unggun menyala.

Manfaat Menyanyikan Lagu

Menyanyikan lagu, termasuk lagu2 Pramuka ternyata mempunyai manfaat yang sangat penting bagi tubuh, jiwa dan juga otak. Berikut ini adalah manfaat menyanyikan lagu-lagu bagi kita.

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Menyanyikan lagu dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh, sehingga akan terhindar dari penyakit. Saat menyanyikan lagu, perasaan menjadi lebih bahagia sehingga tubuh mengeluarkan zat antibodi. Zat inilah yang akan meningkatkan kekebalan tubuh kita.

2. Membuat Hati Bahagia

Anggota Pramuka yang sering menyanyikan lagu bisa merasa lebih bahagia hatinya. Mengapa? Karena saat bernyanyi pikiran menjadi lebih santai dan rileks, sehingga tubuh akan memproduksi endorpin, hormon yang membuat perasaan bahagia.

3. Meningkatkan Kinerja Otak

Manfaat menyanyikan lagu Pramuka, salah satunya adalah dapat meningkatkan kinerja otak. Saat bernyanyi tanpa disadari oksigen dalam darah bisa disalurkan dengan lebih lancar. Aliran darah dan oksigen ke dalam otak yang berjalan lancar dapat meningkatkan kemampuan berpikir.

Jadi, kalau sedang merasa sulit konsentrasi dalam mengikuti pelajaran, tidak ada salahnya menyanyikan lagu Pramuka. Tujuannya supaya kinerja otak bisa meningkat dan konsentrasi menjadi lebih bagus.

4. Membuat Awet Muda

Kalau ingin awet muda lebih seringlah menyanyikan lagu termasuk lagu-lagu Pramuka. Ketika menyanyikan lagu, otot-otot pada wajah akan bergerak dan tertarik, sehingga menjadi lebih elastis. Inilah yang bisa membuat wajah terlihat lebih awet muda dan tidak keriput. Lagu2 Pramuka tidak harus dinyanyikan saat ada kegiatan kepramukaan saja, tapi bisa setiap saat untuk menambah semangat dan membuat hati gembira. Pahami arti dan makna yang terkandung pada lagu-lagu Pramuka agar bisa menjadi pribadi dengan karakter yang lebih baik.

Bagikan artikel ini yuk!
Pramuka Update
Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882

Tinggalkan Balasan