Lirik Lagu Hymne Pramuka

Bagikan artikel ini yuk!

Lirik Lagu Hymne Pramuka – Lagu Hymne Pramuka diciptakan oleh Husein Mutahar (H. Mutahar). Hymne Pramuka adalah salah satu lagu yang bisa dibilang “WAJIB” dan selalu dinyanyikan dalam upacara-upacara yang dilaksanakan dalam Gerakan Pramuka. H. Mutahar salah satu pejuang, penggubah lagu dan tokoh Pramuka menciptakan sebuah Hymne bagi Gerakan Pramuka.

Profil H. Mutahar

Dikutip dari Wikipedia, H Mutahar memiliki nama lengkap Muhammad Husein bin Salim bin Ahmad bin Salim bin Ahmad al-Muthahar atau yang lebih dikenal dengan nama H. Mutahar.
Beliau Lahir di Semarang 5 Agustus 1916 dan meninggal dunia di Jakarta, pada 9 Juni 2004 pada umur 87 tahun.

Lagu Ciptaan H. Mutahar

Selain salah satu pencipta hymne pramuka, beliau juga menciptakan lagu-lagu perjuangan lainnya seperti Hari Merdeka dan syukur.

Karya terakhirnya, Dirgahayu Indonesiaku, menjadi lagu resmi ulang tahun ke-50 Kemerdekaan Indonesia. Lagu anak-anak ciptaannya, antara lain: “Gembira”, “Tepuk Tangan Silang-silang”, “Mari Tepuk”, “Slamatlah”, “Jangan Putus Asa”, “Saat Berpisah”, dan “Hymne Pramuka”. RRI

Fakta H. Mutahar

H Mutahar ternyata seorang yang aktif di kegiatan kepanduan. Saat gerakan kepanduan dilebur menjadi Gerakan Pramuka, H Mutahar juga ikut aktif di dalamnya. H Mutahar juga tercatat sebagai tokoh yang turut membidani lahirnya Pasukan Pengibar bendera Pusaka (Paskibraka).

h mutahar Lirik Lagu Hymne Pramuka
H. Mutahar – Dok. Istimewa


Paskibraka adalah tim yang beranggotakan para pelajar dari berbagai belahan daerah di Indonesia.
Tim ini akan mengibarkan bendera pusaka saat hari peringatan kemerdekaan RI. H Mutahar juga tercatat pernah terlibat dalam ‘pertempuran lima hari’ di Semarang.
Pertempuran itu adalah pertempuran rakyat Indonesia melawan tentara Jepang pada masa peralihan kekuasaan setelah Belanda memerintah di Indonesia. Peristiwa itu terjadi pada 15 Oktober 1945 hingga 20 Oktober 1945.

Lirik lagu Hymne Pramuka adalah

Kami Pramuka Indonesia
Manusia Pancasila
Satyaku kudharmakan, dharmaku kubaktikan
agar jaya, Indonesia, Indonesia
tanah air ku
Kami jadi pandumu.

Notasi Himne Satya Darma Pramuka

Notasi Himne Satya Dharma Pramuka

Semoga kakak-kakak sekalian Hafal Lirik Lagu Hymne Pramuka

Siapa pencipta lagu hymne pramuka?

Lagu Hymne Pramuka diciptakan oleh Husein Mutahar (H. Mutahar).

Bagikan artikel ini yuk!
Pramuka Update
Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882

Tinggalkan Balasan