Kegiatan Pramuka

Bagikan artikel ini yuk!

Kegiatan pramuka bagi generasi muda sangat erat sekali dengan pendidikan karakter di luar sekolah. Saat ini tuntutan perubahan zaman harus direspon positif oleh setiap insan aktifis pramuka. Menghadirkan kegiatan kepramukaan yang asyik, menarik dan menantang.

Kegiatan kepramukaan merupakan salah satu metode kepramukaan belajar interaktif dan progresif. Bentuk kegiatan di pramuka berupa kegiatan kelompok. Belajar dan berlatih pramuka sambil melakukan.

Metode kegiatan melatih seorang pramuka untuk bekerjasama baik itu saat latihan maupun saat berkompetensi. Kegiatan dilaksanakan dalam alam terbuka dengan tema yang menarik dan menantang peserta.

Peserta didik atau anggota pramuka berhak mendapatkan perlindungan selama mengikuti kegiatan kepramukaan. Anggota Gerakan Pramuka dalam melaksanakan kegiatan berhak mendapat
perlindungan asuransi dan bantuan hukum. Tugas pelaksana kegiatan harus meminimalkan risiko keamanan maupun kesehatan dalam pelaksanaan kegiatan.

Orangtua peserta didik berhak memberikan dukungan sumber daya dalam kegiatan pendidikan kepramukaan. Masyarakat berhak untuk berperan serta dan memberikan dukungan sumber
daya dalam kegiatan pendidikan kepramukaan.

Manfaat Kegiatan Pramuka

Manfaat pramuka dapat dirasakan betul bagi mereka yang serius berkiprah di pramuka. Aktif dalam dewan satuan/ ambalan misalnya bagi pramuka penegak. Mungkin akan menyita waktu tetapi dapat pengalaman yang lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak aktif.

Kegiatan yang memberikan pengalaman baru bagi peserta didik akan menarik anggota lain untuk mengikuti. Begitu juga wali murid juga berharap tujuan mengikuti kegiatan ekstra pramuka tak hanya bisa tali temali. Soft skill, keterampilan, kemampuan dalam setiap pramuka haruslah tumbuh dan berkembang.

Seorang pembina pramuka untuk penggalang harus bisa memilih tema kegiatan yang disukai dan sesuai penempuhan SKU. Kegiatan perjalanan sepert membuat peta, mengukur tinggi pohon dan hal-hal baru akan digemari oleh peserta latihan pramuka.

Belajar Sambil Melakukan

Belajar sambil melakukan dilaksanakan dengan:

  • Mengutamakan sebanyak-banyaknya kegiatan praktik pada setiap kegiatan kepramukaan dalam bentuk pendidikan keterampilan dan berbagi pengalaman yang bermanfaat bagi peserta didik;
  • Mengarahkan peserta didik untuk selalu berbuat hal-hal nyata dan memotivasi agar timbul keingintahuan akan hal-hal baru, serta memacunya agar berpartisipasi aktif dalam segala kegiatan.

Kegiatan yang Menarik dan Menantang

  1. Kegiatan menarik dan menantang merupakan kegiatan yang kreatif, inovatif, rekreatif, dan mengandung pendidikan, yang mampu mengubah sikap dan perilaku, menambah pengetahuan dan pengalaman, serta meningkatkan kecakapan hidup setiap anggota Gerakan Pramuka.
  2. Diselenggarakan dengan memperhatikan tiga pilar pendidikan kepramukaan yakni modern, manfaat, dan taat asas.
  3. Diselenggarakan dalam rangka menarik minat kaum muda agar bersedia dan mau bergabung dalam Gerakan Pramuka, serta bagi anggota Gerakan Pramuka agar tetap terpikat, mengikuti serta mengembangkan kegiatan kepramukaan.
  4. Diselenggarakan secara terpadu dan bertahap sejalan dengan perkembangan kemampuan dan keterampilan peserta didik secara individu maupun berkelompok.
  5. Diselenggarakan sesuai dengan usia dan perkembangan rohani dan jasmani peserta didik, sehingga mudah diterima oleh yang bersangkutan.
  6. Ditujukan kepada peserta didik yang dikelompokkan menurut jenis kelamin, usia dan kemampuan dengan maksud untuk memudahkan penyesuaian kegiatan.
  7. Diutamakan pada kegiatan yang dapat mengembangkan bakat dan minat yang mencakup ranah spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisik peserta didik, serta bermanfaat bagi perkembangan kepribadian.

Kegiatan di Alam Terbuka

  • Kegiatan di alam terbuka merupakan kegiatan rekreatif edukatif dengan mengutamakan kesehatan, keselamatan, dan keamanan.
  • Memberikan pengalaman saling ketergantungan antara unsur-unsur alam dan kebutuhan untuk melestarikannya, serta mengembangkan suatu sikap bertanggungjawab akan masa depan keseimbangan alam.
  • Menanamkan pemahaman dan kesadaran kepada peserta didik bahwa menjaga lingkungan adalah hal utama yang harus ditaati dan dikenali dalam setiap kegiatan.
  • Mengembangkan kemampuan mengatasi tantangan, menyadari tidak ada sesuatu yang berlebihan di dalam dirinya, menemukan kembali cara hidup yang menyenangkan dalam kesederhanaan, dan mengembang kan rasa memiliki alam.

Contoh Kegiatan Pramuka

Apa saja kegiatan pramuka yang bisa dilaksanakan? hal ini berkaitan dengan perkembangan mental dan golongan pramuka berdasar usia peserta didik. Usia siaga, penggalang, penegak dan pandega sudah jelas perbedaan usianya.

Kegiatan Pramuka Siaga

Jenjang pendidikan siaga menekankan pada terbentuknya kepribadian dan keterampilan di lingkungan keluarga melalui kegiatan bermain sambil belajar.

Kegiatan Pramuka Penggalang

Jenjang pendidikan penggalang menekankan pada terbentuknya kepribadian dan keterampilan dalam rangka mempersiapkan diri untuk terjun dalam kegiatan masyarakat melalui kegiatan belajar sambil melakukan.

Kegiatan Pramuka Penegak

Jenjang pendidikan penegak menekankan pada terbentuknya kepribadian dan keterampilan agar dapat ikut serta membangun masyarakat melalui kegiatan belajar, melakukan, bekerja kelompok, berkompetisi, dan bakti kepada masyarakat.

Kegiatan Pramuka Pandega

Jenjang pendidikan pandega menekankan pada terbentuknya kepribadian dan keterampilan agar dapat ikut serta membangun masyarakat.

Kegiatan Satuan Karya

Satuan Karya Pramuka (Saka) merupakan satuan organisasi bagi pesertadidik untuk pembinaan, peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang tertentu serta melakukan kegiatan nyata sebagai pengabdian kepada masyarakat.

Gambar Kegiatan Pramuka

Foto Kegiatan Pramuka Penegak
Foto Kegiatan Pramuka Penegak di alam terbuka. foto by @aidil_rifky
290769758 1658589864510025 7244479333332263260 n Kegiatan Pramuka
Kegiatan Permainan Pramuka Penggalang foto by @pmalghozali
kegiatan api unggun Kegiatan Pramuka
Kegiatan Penyalaan Api Unggun Pramuka Penegak Post by @aningone_412

Contoh Laporan Kegiatan Pramuka

Laporan pertanggung jawaban atas kegiatan yang dilaksanakan tentu saja harus dibuat oleh pelaksana kegiatan. Laporan sederhana yang bisa dibuat oleh pembina satuan, dewan ambalan maupun dewan penggalang antara lain.

  • Kapan dan dimana kegiatan dilaksanakan
  • Peserta kegiatan.
  • Lokasi Kegiatan.
  • Garis besar kegiatan yang dilaksanakan.
  • Foto kegiatan sebagai lampiran.
  • Daftar hadir bila memungkinkan.
  • Resume Acara pramuka yang dilaksanakan.

Laporan ini berguna sebagai salah satu monitoring dan bahan evaluasi yang bisa dikembangkan untuk kegiatan selanjutnya. Apabila sebelumnya membuat proposal kegiatan kepramukaan tentu pelaporan ini wajib dibuat untuk laporan ke sekolah, kesiswaan maupun kwartir.

Evaluasi Kegiatan Pramuka

Evaluasi untuk peserta didik harus dilakukan dan dicatat sebagai notulen sebagai mengetahui keberhasilan dalam rangka kegiatan pendidikan kepramukaan.

Catatan Khusus Kegiatan Pramuka

  • Dasa dharma pramuka merupakan Landasan gerak bagi Gerakan Pramuka untuk mencapai tujuan pendidikan kepramukaan yang diwujudkan dalam kegiatan untuk mendorong peserta didik manunggal dengan masyarakat, bersikap demokratis, saling menghormati, serta memiliki rasa kebersamaan dan gotong royong;
  • Kegiatan yang diselenggarakan dalam bentuk perkemahan, harus dijamin dan dijaga agar tempat perkemahan putri dan tempat perkemahan putra terpisah, perkemahan putri dipimpin oleh pembina putri dan perkemahan putra dipimpin oleh pembina putra.
  • Panitia Kegiatan/ Sangga Kerja harus Memiliki daya pikir dan daya nalar yang baik pada saat merencanakan kegiatan maupun pada saat pelaksanaan kegiatan.
  • Penggunaan kiasan dasar, sebagai salah satu unsur terpadu dalam pendidikan kepramukaan, dimaksudkan untuk mengembangkan imajinasi, sesuai dengan usia dan perkembangan, yang mendorong kreatifitas, dan keikutsertaan peserta didik dalam setiap kegiatan pendidikan kepramukaan.
  • Kegiatan pendidikan kepramukaan harus dikemas dalam kiasan dasar yang disesuaikan dengan minat, kebutuhan, situasi, dan kondisi peserta didik
  • Memberikan pertolongan dan berpartisipasi dalam kegiatan bakti maupun kegiatan sosial, membina kesukarelaan dan kesetiakawanan, membina ketabahan dan kesabaran dalam mengatasi rintangan dan tantangan tanpa mengenal sikap putus asa;
  • 5 kegiatan pramuka
Bagikan artikel ini yuk!
Pramuka Update
Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882