fbpx

Pramuka Harus Tahu, Tujuan Latihan Pramuka

 Pramuka Harus Tahu, Tujuan Latihan Pramuka

Tujuan Latihan Pramuka – Banyak diantara kita, mungkin merasa, bosan akan kegiatan rutin latihan pramuka tiap minggu di sekolah. `Kenapa? ya dari dulu gitu-gitu aja, karena gak mau ribet? atau malas cari inovasi kegiatan baru? jadi pramuka hanya turun temurun? nah.. jangan gitu ya.. pokoknya kamu jangan.. cukup senior-senior kamu aja hehehe…

Latihan Pramuka saat ini merupakan bagian dari kegiatan pramuka wajib. Namun latihan sendiri seharusnya tidak harus setiap jadwalnya pertemuan pramuka di sekolah. Kamu bisa latihan kapan aja dan dimana aja, minimal dengan regu maupun sangga kamu. Biar gak bosan, sebenarnya sambil nongkrong di kafe, atau hang out di tempat wisata daerahmu.

Ketika kamu berfikir fungsi kelompok/ regu/ sangga pramuka hanya sekedar untuk acara di kegiatan pramuka saja, mungkin kamu harus mereview ulang. Kelompok kamu merupakan keluarga kecil yang bisa menjadi batu loncatan kesuksesan kamu di masa mendatang. ya ada pepatah, berawal dari pramuka lalu beranjak di dunia usaha. Kenali anggota kelompok kamu.

Apa sih dasar latihan pramuka? Pertimbangan-pertimbangan yang diambil sebelum mengadakan latihan pramuka? Tentu pahami dahulu 5 poin dibawah ini :

  1. Prinsip Dasar Gerakan Pramuka
  2. Satya Pramuka
  3. Darma Pramuka
  4. Teknik Kepramukaan
  5. Keterampilan Kepramukaan

Jika sudah memahami, lalu apa tujuan Latihan Pramuka? Tujuannya supaya kamu bisa berkemah dan Pergi Mengembara.

Tujuan Latihan Pramuka

  1. Bisa Berkemah
    Berkemah dalam hal ini merupakan menata, mengatur rumah tangga. Bekal dan modalnya cukup banyak tidak dalam waktu singkat proses pemebelajarannya. Tentunya kita belajar dari ahlinya ahli, kalau di pramuka tentunya pembina yang sudah malang melintang. Agar bisa bertemu pembina-pembina yang berkompetensi dalam bidangnya tentu kita harus juga meningkatkan skill kita.Kemampuan berkemah kita harus bisa mengasai banyak skill, dari tali temali hingga survive dalam kondisi yang seadanya. Tentunya kehidupan ketika kita mulai memasuki usia dewasa pengalaman di pramuka akan menjadi bekal yang sangat penting.
  2. Pergi Mengembara
    Mengembara dalam artian luas, menjalani kehidupan dimanapun kamu bisa bertahan hidup. Berpetualang dan menikmati indahnya dunia ini tidak serta merta mudah. Perlu keberanian, perlu sebuah keputusan. Dalam pramuka kita di ajarkan untuk musyawarah dan mengambil keputusan dengan baik. Banyak nilai positif yang bisa kita ambil dalam setiap latihan pramuka.

Dalam setiap sebuah kegiatan latihan selalu ada Risikonya. Memang kita harus yakin resiko itu melekat. Resiko harus dikelola, dimanajemen dengan baik agar bisa zero accident. Untuk sebuah latihan pramuka yang baik kita harus meningkakan kualitas kegiatannya, agar menarik dan menantang, dengan manajemen risiko yang baik juga tentunya.

Latihan Pramuka merupakan sebuah proses pembelajaran. Proses belajar itu tentu saja melelahkan dan tidak mudah. Kami mendengar dari kakak pembina kami”Siapapun kalau tidak mau mengambil risiko jangan gabung pramuka”. ya ini sebuah tantangan buat kamu, kalau kamu menganggap pramuka itu ringan, ya ayo dong ikuti sebaik mungkin dan jangan sekedar berangkat doang. Latihan Pramuka Ternyata tak hanya sekedar absen, mendengarkan, pulang. TIDAK.

Tujuan Latihan Pramuka
Foto Kegiatan Latihan Pramuka SMKN 1 Jombang IG arkeda_joe

Latihan pramuka minimal harus bisa menumbuhkan sikap dalam diri seorang pramuka. Sikap maupun perilaku pramuka yang tertanam dalam diri yaitu Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual dan Fisik (SESOSIF). Kegiatan pramuka yang didasar SESOSIF ini akan menghasilkan pramuka-pramuka yang memiliki skill dan kemampuan tinggi.

Agar kegiatan latihan semakin menarik perlu ada sebuah langkah-langkah strategis, cobalah ide dibawah ini, agar Menu Latihan Pramuka semakin menarik.

  • Perluas materi/ jangan hanya ikut proker yang sudah ada dari senior.
  • Perdalam Keahlian, di pramuka banyak skill jangan itu-itu aja.
  • Riset, dewan satuan/ penggalang maupun ambalan, cari referensi materi pramuka yang untuk untuk kegiatan latihan pramuka.
  • Buat Bank Ide di sanggar, atau group dewan satuan.
  • Test materi ke dewan satuan, bagaimana cara penyampaian dan bagaimana pelaksanaannya.
  • Analisa dan evaluasi yang sudah ada.

Lantas jika sudah latihan pramuka ternyata memenuhi syarat-syarat untuk menyelesaikan SKU apakah mau lanjut dengan menyelesaikan syarat lainnya agar bisa memiliki tanda kecakapan umum? Kembali ke pribadi pramuka masing-masing ada yang memiliki kemauan untuk bisa menyelesaikan SKU ada yang tidak melanjutkan namun tetap aktif berkegiatan dan latihan pramuka.

Apakah Setiap Pramuka Wajib Menyelesaikan SKU? hal ini ada 2 pilihan:

  1. Menyelesaikan dengan sungguh-sungguh dan ujian secara runtut dan tuntas.
  2. Asal selesai di lantik namun kualitas pramuka tidak baik.

Dari 2 diatas keduanya terjadi banyak sekali di gugus depan. Menyelesaikan dengan sungguh-sungguh dan ujian secara runtut dan tuntas adalah pilihan terbaik, namun proses ini kadang tehalang kualitas pembina yang sekedar pramuka berjalan dan ada pencapaian dengan pelantikan. Namun tentu ada pembina pramuka yang masih menilai ujian sku dengan jujur dan tidak sekedar asal melantik kenaikan tingkat.

Semoga kamu yang mencari tujuan latihan pramuka bisa memahami dan mengikuti kegiatan pramuka dengan sebaik mungkin.

Kami berpesan agar dalam latihan pramuka tidak ada lagi kekerasan fisik dan ferbal. Tidak ada lagi dalih dan pembenaran baik senior, pembina, maupun alumni yang datang dan mengganggu jalannya acara di gugus depan.

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *