Materi Pramuka – Survival Secara Lengkap

Survival merupakan suatu  taknik atau cara untuk bertahan di alam bebas. Survival sendiri sebenarnya tidak hanya dapat dilakukan oleh binatang saja, namun dapat dilakukan oleh manusia. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya materi pramuka- survival yang menjadi salah satu materi dasar yang diajarkan dalam kegiatan sebuah organisasi atau komunitas para pecinta alam.

Dimana dalam materi survival, maka setiap anggota akan diajarkan mulai dari pengertian survival hingga teknik atau cara bagaimana untuk bertahan hidup di alam bebas. Sehingga ketika para anggota praktek dilapangan langsung untuk melakukan petualangan di alam bebas, maka mereka sudah memiliki bekal secara cukup. Hal itu untuk perlindungan bagi para anggota para pecinta alam.

Materi Pramuka – Survival

Pengertian Survival, Materi Pramuka – Survival

Menurut bahasa kata survival berasal dari bahasa Inggris yaitu kata survive yang artinya merupakan bertahan hidup. Dikalangan para pencinta alam, survival merupakan suatu ilmu untuk mempertahankan diri di alam bebas dari berbagai ancaman dengan menggunakan perlengkapan seadanya yang bertujuan untuk menjaga kelangsungan hidupnya.

Seseorang yang melakukan kegiatan survival disebut sebagai Survivor. Dalam kegiatan survival tersebut dapat dilakukan sendirian atau tunggal dan juga dapat dilakukan secara berkelompok atau dalam bentuk tim.

Arti Kata Survival Menurut Buku Komando Survival

Selain arti kata survival di atas, kata survival juga dapat diartikan per huruf menurut buku komando survival, yaitu sebagai berikut:

  • S: Sadarilah secara sungguh- sungguh dalam setiap situasimu.
  • U: Untuk melakukan petualangan tergantug dari ambisismu.
  • R: Rasa takut dan juga panic harus Anda kuasai saat melakukan petualangan,.
  • V: Vakum (kosong) maka isilah dengan segera
  • I: Ingatlah selalu dimanapun Anda berada
  • V: Viva (hidup) untuk tetap dan selalu hargai dia.
  • A: Adat istiadat di suatu tempat patut untuk ditiru.
  • L: Latihalah dirimu dan selalu konsisten untuk belajar.

 

Metode STOP Dalam Kegiatan Petualangan

Metode STOP dalam kegiatan petualangan merupakan sebuah metode yang digunakan oleh survivor jika terjadi dalam kondisi terdesak, kritis, panic atau kehilangan arah. Sehingga metode STOP tersebut diartikan sebagi berikut:

  • S: Stop and Seating, artinya berhenti dan duduklah setenang mungkin dalam keadaan apapun.
  • Thinking, artinya berfikirlah secara jernih dalam mengambil tindakan.
  • O: Observe, artinya mengamatik keadaaan disekitarnya dengan lebih teliti.
  • P: Planning, artinya membuat rencana secara matang, tindakan apa yang akan dilakukan segera mungkin.

Medan Petualangan Untuk Bertahan Hidup

Kenyataannya pada saat praktik langsung dilapangan, survivor akan melaukan survival pada empat lokasi atau medan yang telah dikelompokkan sebagai berikut:

  1. Bertahan hidup di daerah lautan.
  2. Bertahan hidup di daerah hutan.
  3. Bertahan hidup di daerah bagian kutub.
  4. Dan yang terakhir yaitu bertahan hidup di daerah padang pasir.

Teknik Dasar Dalam Melakukan Kegiatan Survival

Dalam kegiatan survival untuk bertahan hidup ada 5 teknik dasar yang harus dilakukan.

  1. Api

Api digunakan sebagai elemen yang sangat penting dalam kegiatan untuk bertahan hidup, karena memiliki fungsi sbagai penerangan, untuk kebutuhan memasak, penghalau binatang buas agar tidak mendekat, penghangat badan dan dapat memberikan signal dimana keberadaan survivor tersebut.

  1. Tenda atau Shelter

Tenda digunakan sebagai tempat tinggal sementara untuk berlindung para survivor pada saat dilakukannya kegiatan survival.

  1. Air dan Makanan

Air dan makanan juga merupakan bagian sangat penting dalam kegiatan survival. Karena para survivor tidak akan mampu bertahan hidup dengan tanpa adanya air dan makanan.

  1. Pertolongan Pertama

Pertolongan pertama disini bukan diartikan dalam kategori medis. Namun kategori psikologis dimana survivor akan dituntut untuk tidak panik. Karena kepanikan justru akan memperburuk keadaan survivor sendiri. Pertolongan pertama tersebut dapat dilakukan dengan metode STOP.

 

Dengan memahami pengertian tentang materi Pramuka- survival, maka Anda akan menjadi lebih siap dalam melakukan kegiatan perkemahan. Karena Anda sudah memiliki pengetahuan yang cukup tentang pengertian survival dan hal- hal lain yang berkaitan dengan seorang survivor.

Foto : @ser.via

Baca Juga —>Atribut Pramuka

Baca Juga —> Arti Pramuka, Tujuan, dan Landasan Dasar Gerakan Kepanduan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *