Apa Itu Sandi Ambalan, Cara Membuat, Fungsi dan Tujuannya

Bagikan artikel ini yuk!

Sandi ambalan menjadi sebuah kelengkapan dan juga tradisi kehidupan yang ada pada setiap ambalan Pramuka Penegak. Sandi tersebut serupa dengan sebuah kode kehormatan atau ungkapan hati yang merujuk pada sikap positif setiap anggota pramuka Penegak.

Sandi yang dimaksud dibuat oleh anggota Pramuka sendiri, kemudian diusulkan dalam musyawarah ambalan. Nantinya, salah satu usulan yang telah diterima oleh semua anggota lainnya akan dijadikan sebagai sandi ambalan tersebut.

Sandi Ambalan
dok. galeripramukapnb

Pengertian Ambalan

Sebelum membahas lebih rinci tentang sandi atau kode kehormatan, ketahui dulu apa yang dimaksud dengan ambalan itu. Pengertian ambalan dijelaskan melalui Surat Keputusan (SK) Kwartir Nasional (Kwarnas) Nomor 231 Tahun 2007.

Menurut SK di atas pengertian ambalan adalah satuan gerak Pramuka tingkat Penegak, yang didalamnya terdapat sangga dan dipimpin oleh seorang Pradana, dibawah bimbingan Pembina Ambalan. 

Ambalan merupakan suatu bagian dari Gugus Depan (Gudep) Pramuka yang menjadi semacam pangkalan atau tempat untuk menghimpun anggota Pramuka Penegak. Pramuka Penegak adalah mereka yang berusia 16-20 tahun, atau setara dengan SMA dan diatasnya.

Ambalan berasal dari bahasa Jawa, yaitu ambal atau ambal-ambalan, yang artinya berulang-ulang. Ambalan dapat juga diartikan sebagai sekumpulan orang yang tengah melakukan suatu pekerjaan.

Apa Itu Sandi Ambalan?

Lalu apakah yang dimaksud dengan sandi ambalan itu? Yaitu sebuah ungkapan atau karangan bebas, yang merupakan sebuah kode kehormatan,ide, cita-cita ataupun gambaran pernyataan dari kata hati para Pramuka tingkat Penegak di suatu ambalan.

Sandi tersebut dimaksudkan supaya setiap anggota Penegak pada suatu ambalan memiliki sikap yang positif serta kreatif, sehingga bisa menjadi cerminan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, sandi tersebut juga menjadi semacam motto bagi anggota ambalan.

Sandi ini akan dibacakan di depan semua anggota setiap ada kegiatan tertentu, misalnya upacara, latihan Pramuka, persami dan sebagainya. Sandi dari sebuah ambalan mempunyai masa berlaku, yang ditetapkan oleh ambalan yang bersangkutan.

Fungsi dan Tujuan Sandi Ambalan

Mengapa pada setiap ambalan wajib ada sandi? Karena sandi tersebut mempunyai fungsi dan tujuan bagi ambalan dan anggotanya. Fungsi dan tujuan sandi ambalan, diantaranya yaitu :

Pendidikan Karakter

Sandi yang merupakan kode kehormatan dan ungkapan hati tersebut harus memiliki nilai-nilai positf, supaya bisa diteladani oleh para Penegak. Usia anggota Pramuka Penegak termasuk kelompok remaja yang tengah mencari jati diri. 

Pada rentang usia inilah perlu mulai ditanamkan sikap-sikap positif supaya bisa terbentuk karakter yang bagus. Melalui sandi yang berisi kode kehormatan tersebut, diharapkan setiap anggota Pramuka Penegak dapat mencontoh dan mengembangkannya menjadi karakter diri.

Memicu Perilaku Kreatif

Kalau mengacu pada pengertian di atas, sandi pada ambalan diharapkan mampu menjadi pemicu kreativitas bagi Pramuka Penegak. Sandi yang berfungsi sebagai motto tersebut, diharapkan dapat membentuk keinginan dan menimbulkan hasrat pada Pramuka Penegak untuk melakukannya.

Melalui motto maupun cita-cita yang tertuang pada sandi tersebut, setiap anggota Penegak hendaknya bisa memiliki keinginan dan kreativitas yang sifatnya membangun. Yaitu membangun diri sendiri sehingga bisa menjadi individu yang lebih baik, ataupun membangun masyarakat.

Sebagai Alat Komunikasi Bawah Sadar

Sandi yang dibacakan setiap ada kegiatan Pramuka tersebut akan memberikan sugesti pada alam bawah sadar. Dengan adanya sugesti bawah alam sadar tersebut, harapannya setiap anggota Penegak bisa menanamkan kepribadian yang positif.Jadi, sandi ambalan adalah sebuah kode kehormatan ataupun gagasan, ide, cita-cita, motto dan ungkapan hati para anggota Pramuka Penegak. Sandi tersebut mengacu pada sikap yang positif dan memicu kreativitas untuk membangun diri sendiri maupun masyarakat.

Bagikan artikel ini yuk!
Pramuka Update
Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882

Tinggalkan Balasan