Tri Satya Pramuka

Tri Satya Pramuka

Tri Satya Pramuka – Tri Satya atau saat ini dalam AD ART Gerakan Pramuka disebut Satya Pramuka merupakan Kode Kehormatan Gerakan Pramuka yaitu kode etik anggota Gerakan Pramuka baik dalam kehidupan pribadi maupun bermasyarakat.

Seperti yang kita ketahui bersama untuk usia siaga kode kehormatannya adalah Dwi Satya dan Dwi Dharma.

Trisatya Pramuka Penggalang berbeda dengan Trisatya Pramuka Penegak. Untuk pramuka penggalang setelah kata menolong sesama hidup, dilanjutkan dengan “mempersiapkan diri” sedangkan untuk pramuka penegak, pandega dan anggota dewasa “ikut serta” dalam membangun masyarakat.

Begitupun juga saat berada di tengah-tengah masyarakat. Pramuka penggalang baru dikenalkan dengan kegiatan kemasyarakatan. Sedangkan usia penegak sudah mulai terlibat ikut serta dalam kegiatan kemasyarakatan seperti bhakti, wirakarya dan kegiatan sosial kemasyarakatan.

Tri Satya Penggalang

Trisatya
”Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, menolong sesama hidup, mempersiapkan diri membangun masyarakat, serta menepati Dasadarma Pramuka”.

Tri Satya Pramuka Penegak

“Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, menolong sesama hidup, dan ikut serta membangun masyarakat, serta menepati Dasadarma”.

Penggunaan Satya Pramuka:

  • Di ucapkan saat upacara latihan dan apel pramuka;
  • Diucapkan secara sukarela oleh seorang calon anggota atau calon pengurus Gerakan Pramuka pada saat pelantikan menjadi anggota atau pengurus;
  • Dipergunakan sebagai pengikat diri pribadi demi kehormatannya untuk diamalkan; dan
  • Dipakai sebagai dasar pengembangan spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisik, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

Terima kasih telah membaca artikel terkait Tri Satya Pramuka semoga bermanfaat dan berguna sebagai bahan pengetahuan dan latihan pramuka.

Pramuka Update

https://pramukaupdate.id/

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate. Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882

Related post