Apa itu Kwartir Gerakan Pramuka?

Apa itu Kwartir Gerakan Pramuka?

Sering kali kita orang awam mendengar istilah Kwartir Gerakan Pramuka, adalah hal yang wajar jika kedengaran asing mengenai istilah pramuka ini. Yuk mari kita ulas beberapa hal yang berhubungan dengan kwartir.

Dalam Adart gerakan pramuka 2018, AD Gerakan Pramuka Kwartir termasuk dalam kelembagaan satuan organisasi gerakan pramuka. Hal ini berada dalam bagian kedua mengenai kelembagaan pasal 28 hingga 33.

016 kwartir Kwartir Gerakan Pramuka

Kwartir Gerakan Pramuka

Kwartir adalah satuan organisasi pengelola Gerakan Pramuka yang dipimpin secara kolektif pada setiap tingkatan wilayah. Mulai dari tingkatan kecamatan, kabupaten/kota, daerah/ provinsi dan Nasional.

Kwartir terdiri atas:
a. Kwartir ranting, yang mengoordinasikan gugus depan dan pangkalan satuan karya pramuka di satu wilayah kecamatan/distrik;
b. Kwartir cabang, yang mengoordinasikan kwartir ranting dan pangkalan satuan karya pramuka di satu wilayah kabupaten/kota;
c. Kwartir daerah, yang mengoordinasikan kwartir cabang dan pimpinan satuan karya pramuka di satu wilayah provinsi; dan
d. Kwartir Nasional, yang mengoordinasikan kwartir daerah di wilayah Republik Indonesia dan pimpinan satuan karya pramuka tingkat nasional serta gugus depan perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

Kepengurusan Kwartir

  1. Kepengurusan kwartir ranting dipilih oleh pengurus gugus depan diwilayahnya secara demokratis melalui musyawarah kwartir.
  2. Kepengurusan kwartir cabang, daerah, dan nasional dipilih oleh pengurus kwartir di wilayahnya secara demokratis melalui musyawarah kwartir.
  3. Kepengurusan kwartir tidak terikat dengan jabatan publik secara ex-officio

Kwartir adalah satuan organisasi pengelola Gerakan Pramuka yang dipimpin secara kolektif dan kolegial oleh pengurus kwartir yang terdiri dari para andalan, dengan susunan sebagai berikut:
a. Seorang ketua;
b. Ketua Harian (sesuai kebutuhan)
c. Beberapa orang wakil ketua;
d. Seorang Sekretaris Jenderal untuk Kwartir Nasional atau seorang sekretaris untuk jajaran kwartir yang lain;
e. Seorang wakil sekretaris (bila diperlukan);
f. Seorang bendahara; dan
g. Beberapa orang anggota.

Dalam menjalankan tugas dan fungsi kwartir gerakan pramuka, dibentuk juga badan kelengkapan kwartir. Badan yang dimaksud adalah Dewan Kehormatan, Satuan Pengawas Internal; dan Dewan Kerja.

Pusdiklat Kwartir

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan merupakan bagian integral dari kwartir.

Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan kepramukaan dilaksanakan di tingkat kwartir cabang, kwartir daerah, dan Kwartir Nasional sesuai dengan wewenang dan tanggungjawab masing-masing.
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan, terdiri atas:
a. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan tingkat Nasional, disingkat Pusdiklatnas;
b. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan tingkat Daerah, disingkat Pusdiklatda;
c. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan tingkat Cabang, disingkat Pusdiklatcab.

Organisasi Pendukung Kwartir Gerakan Pramuka

Kwartir cabang, daerah, dan Nasional dapat membentuk organisasi pendukung. Kwartir Gerakan Pramuka dapat membentuk satuan tugas yang disesuaikan dengan keperluan masing-masing.

Diantara organisasi pendukung kwartir antara lain:

  • Pusat Penelitian dan Pengembangan
  • Pusat Informasi
  • Badan Usaha
  • Lembaga Pemeriksa Keuangan



Pramuka Update

https://pramukaupdate.id/

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate. Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882

Related post