fbpx

Anggaran Dasar (AD) Gerakan Pramuka yang Wajib Anda Ketahui!

 Anggaran Dasar (AD) Gerakan Pramuka yang Wajib Anda Ketahui!

Pramuka merupakan suatu organisasi yang mewadahi proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Pramuka ini merupakan singkatan dari Praja Muda Karana dengan arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Organisasi ini telah berdiri sejak puluhan tahun silam dan telah diterapkan bahkan diwajibkan dalam berbagai sekolah, mulai dari tingkat dasar hingga tingkat menengah atas. Seperti organisasi pada umumnya, pramuka inu juga memiliki anggaran dasar yang kemudian disebut dengan AD Gerakan Pramuka.

Sebuah organisasi tentunya sangat memerlukan adanya anggaran dasar karena hal tersebut memuat visi, misi, dan juga tujuan yang akan dicapai. Selain itu, anggaran dasar juga erat kaitannya dengan pengelolaan organisasi, pengurus organisasi, tugas dan wewenang pengurus, dan juga hal-hal mendasar lainnya. Hal tersebut juga sangat penting untuk diterapkan dalam organisasi Pramuka. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dipaparkan hal-hal apa saja yang berhubungan dengan anggaran dasar organisasi pramuka.

AD Gerakan Pramuka
Foto kegiatan pramuka @pasokateam_madsaneka ⁣
  • Anggaran rumah tangga

Hal pertama yang berkaitan dengannya adalah anggaran rumah tangga gerakan pramuka. Fungsi dari anggaran ini adalah untuk menjadi landasan hokum dalam mengambil kebijakan gerakan pramuka. Selain itu, fungsinya adalah untuk prdoman dan petunjuk pelaksanaan kegiatan pramuka.

  • Isi sebuah AD ART

Selanjutnya, hal yang perlu diperhatikan adalah isi AD ART gerakan pramua secara singkat. Isi dari suatu AD ART gerakan pramuka adalah dimulai dari bagian pembukaan hingga penutup. Sedangkan isinya didominasi oleh hal-hal yang mendasar dalam sebuah organisasi pramuka.

Sedangkan untuk anggaran rumah tangganya terdiri atas 15 BAB dan 122 Pasal dengan disahkan oleh Ketua Kwartisr Nasional. Untuk hal-hal di dalamnya, AD ART ini berisi tentang tujuan pramuka hingga penutup.

  • AD ART terbaru

Seiring dengan perkembangannya di setiap tahun, terdapat pula proses pembaharuan sehingga memungkinkan adanya AD ART pramuka terbaru. Adanya pembaharuan terhadap AD ART ini disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah semakin berkembangnya sebuah teknologi.

  • Pasal AD ART

Selain itu, di dalam AD ART ini terdapat pasal-pasal yang mengatur jalannya sebuah organisasi gerakan pramuka. Dalam pasal AD ART pramuka ini memuat beberapa bab. Untuk anggaran dasar terdiri atas 12 bab dan 62 pasal, sedangkan untuk anggaran rumah tangga terdiri atas 11 bab dan 133 pasal.

  • Contoh AD ART

Saat sebuah organisasi gerakan pramuka akan merancang suatu AD ART, maka hal yang harus diperhatikan dan dijadikan sebagai acuan adalah contoh AD ART Pramuka terdahulu. Hal ini bertujuan agar adanya gambaran saat menyusunnya.

  • Makalah AD ART

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah makalah AD/ART pramuka. Mengapa demikian? Karena dalam makalah ini tertulis dengan rinci dan detail mengenai isi dan juga pembahasan AD ART gerakan pramuka. Makalah ini pulalah yang saat sidang nanti akan dibahas dengan tujuan mendapatkan kesepakatan dan peraturan bersama.

  • Asas AD ART

Di antara asas AD ART adalah Pancasila sebagaimana terdapat pada pasal 2 dalam anggaran dasar.

  • Nomor dasar hukum

Selain memiliki sebauh asas yang dijadikan sebagai pedoman, AD ART juga memiliki nomor dasar hokum tentang AD gerakan pramuka. Nomor tersebut adalah Nomor 11/Munas/2013.

Nah, demikianlah pemaparan mengenai AD Gerakan Pramuka yang dibahas dalam artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Salam Pramuka!

 

belanja kaos pramuka di kedaipramuka.net

 

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *