fbpx

Struktur Organisasi Pramuka

 Struktur Organisasi Pramuka

Struktur organisasi pramuka merupakan sebuah bagan atau skema sebagai penggambaran dari sebuah tingkatan-tingkatan organisasi gerakan pramuka, mulai dari tingkatan yang paling bawah sampai kepada tingkatan yang paling atas. Selain itu juga menyangkut dengan mekanisme kerjanya yang sudah terstruktur dengan baik. Tentunya dengan struktur tersebut gerakan ini berpadu di seluruh wilayah Indonesia.

 

Perlu kamu ketahui bahwa gerakan pramuka telah menjadi sebuah organisasi kepanduan yang ada di Indonesia, sehingga gerakan ini sudah dapat menyusun dan menata organisasi gerakan pramuka sendiri mulai dari tingkat nasional, daerah, cabang, ranting, sampai dengan ke gugus depan. Struktur tersebut menjadikan gerakan ini berjalan efektif bukan lagi organisasi yang kecil.

Ruang lingkup struktur organisasi gerakan pramuka

Memang telah ada sebuah keputusan penting yang mengatur gerakan ini, yaitu keputusan kwartir nasional gerakan pramuka nomor 220 tahun 2007 tentang petunjuk penyelenggaraan pokok-pokok organisasi gerakan pramuka. Keputusan tersebut mengatur tentang tugas pokok dan fungsi dari gerakan pramuka, pembagian antara tugas serta tanggung jawab, garis hubung, dan musyawarah gerakan itu.

Struktur Organisasi Pramuka

Struktur organisasi gerakan pramuka telah sampai pada tingkat nasional, daerah, cabang, ranting, hingga kepada gugus depan. Struktur organisasi itu dipecah lagi menjadi majelis pembimbing atau mabi, bagian kwartir, badan pemeriksa keuangan atau bpk, koordinator gugusdepan atau korgudep, gugusdepan atau gudep dan juga satuan karya pramuka atau saka, serta badan kelengkapan kwartir.

 

Penjelasan struktur organisasi pramuka

  1. Majelis Pembimbing.

Badan yang sengaja dibentuk untuk dapat memberikan bimbingan dan bantuan moril, material, organisatoris dan juga finansial kepada pihak kwartir, gugus depan, beserta dengan satuan karya pramuka. Adapun memang majelis pembimbing telah dibentuk pada tingkat nasional, cabang, daerah, ranting, gugusdepan dan saka. Penting untuk  diketahui jika majelis pembimbing diketuai dengan sistem ex-officio.

  1. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), gerakan pramuka.

Badan independen yang dibentuk dengan menggunakan cara-cara musyawarah gerakan pramuka dan dengan penuh tanggung jawab kepada musyawarah gerakan pramuka. Badan ini bertanggung jawab layaknya BPK pada tingkat nasional, mengurusi administrasi keuangan.

  1. Kwartir dan Koordinator Gudep.

Perangkat dan mekanisme sebuah kerja untuk mencapai sebuah tujuan dari gerakan pramuka itu sendiri.

  1. Gugusdepan (Gudep).

Pangkalan peserta didik yang bisa dibilang sebagai wadah pendidikan bagi organisasi gerakan gramuka itu sendiri. Bagian ini sangat penting dan berhubungan dengan setiap bagian yang lainnya.

  1. Satuan Karya Pramuka atau Saka.

Sebuah wadah kegiatan kepramukaan agar dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan, serta keterampilan peserta didik kamu di dalam wawasan tertentu sehingga dapat melakukan kegiatan nyata tersebut sebagai pengabdian yang nyata terhadap masyarakat sesuai aspirasi pemuda-pemudi di seluruh indonesia.

  1. Badan Kelengkapan Kwartir.

Beberapa badan yang memiliki tugas dalam hal membantu kwartir. Badan kelengkapan kwartir sendiri terdiri atas dewan kehormatan, lembaga pendidikan kader gerakan pramuka seperti lemdikanas pada tingkat nasional, lemdikada pada tingkat daerah, dan lemdikacab pada tingkat cabang, dewan kerja pramuka penegak, pramuka pandega atau biasa disebut dengan dewan kerja yang terdiri atas dkn atau dewan kerja nasional pada tingkat nasional, dkd atau dewan kerja daerah, serta dkc atau dewan kerja cabang.

Di atas adalah sekilas mengenai struktur organisasi pramuka dengan penjelasan singkat terkait seperti adanya komponen dalam struktur organisasi tersebut. Tentunya untuk kamu agar lebih bisa memahami struktur organisasi tersebut, maka kamu bisa dengan membaca surat keputusan kwarnas No 220 Tahun 2007. Pramuka bisa dikatakan sebagai pilar atau pimpinan organisasi lainnya.

 

Foto: pramukaman02_tubaba

 

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *