fbpx
 Pentingnya Pramuka Menguasai Medan Wilayah

Pentingnya Pramuka Menguasai Medan Wilayah

Digiqole ad

Kali ini kami akan sedikit sharing mengenai pentingnya seorang pramuka menguasai medan wilayah. Seperti yang kita tahu, seorang raja haruslah mengenal wilayah yang dipimpinnya.
Begitu juga dengan pramuka, sebelum mengadakan acara perkemahan, harus survey dahulu. Survey untuk mengetahi suatu wilayah, bagaimana untuk risikonya, bagaimana kelayakan untuk tempat berkemah.

Jangan sampai kita melaksanakan kegiatan di wilayah yang kurang aman, berbahaya dan berisiko. Itulah pentingnya sebuah alternatif sebelum menentukan tempat diperlukan pemahaman medan wilayah.
Memilih lokasi perkemahan yang akan dilaksanakan untuk 40 orang misalnya, kamu harus mempertimbangkan kebutuhan tempat untuk mendirikan tenda. Kemudian halaman untuk mengadakan apel, kebutuhan MCK, bagaimana sumber air. Harus ada ceklist terdata dengan baik demi lancarnya sebuah acara.

Pentingnya Pramuka Menguasai Medan Wilayah
Post by @kwarcabbondowoso13

Semua harus dipertimbangkan dengan baik, agar lancar dalam melaksanakan kegiatan.

Bicara soal Pramuka yang menguasai medan wilayah, tentu saja mulai golongan penggalang kita telah diajarkan dalam membuat sebuah peta. Selain menjadi tugas disaat itu, tentu saja membuat peta adalah permainan yang banyak sekali manfaatnya.

Pentingnya Seorang Pramuka Menguasai Medan Wilayah

Ketika kita hidup di masyarakat, kita akan lebih mudah dalam berinteraksi dan memenuhi kebutuhan kita jika kita tahu medan wilayah yang kita tempati. Di arah barat, ada makam, di sebelah utara sana di jalan A, nomor sekian ada penjual bbm. Arah tenggara ada bengkel motor, jika sewaktu-waktu membutuhkan, kita bisa kesana.

Akan mempermudah dalam kehidupan kita jika kita menguasai medan area. Mengapa hal ini diajarkan di dunia kepramukaan memang pramuka harus cakap akan lingkungan dan alam sekitar.

Pentingnya Pramuka Menguasai Medan Wilayah, ini bisa menjadi permainan untuk membuka acara perkemahan, peserta didik diberikan tugas untuk menjelajah lokasi perkemahan. Misal jarak yang di tempuh 2km dan memetakan lokasi wilayah tersebut. Membuat denah dengan batas waktu. Regu Terbaik adalah yang membuat peta terbaik dalam waktu tersingkat kepada pembinanya.

Artikel Pramuka menguasai medan wilayah-ini terinspirasi dari buku Scouting for Boys karya Baden Powell bab Hidup di Alam Terbuka.

untuk pembelian klik link di bawah
Beli Buku Scouting for Boys

atau whatsapp
0877-2264-2882

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *