fbpx

Kegiatan Pramuka di Alam Terbuka

 Kegiatan Pramuka di Alam Terbuka
Kegiatan Pramuka di Alam Terbuka – Terkadang kegiatan latihan pramuka di lingkungan sekolah akan terasa membosankan jika hanya sekedar itu-itu aja. Perlu digali kembali kemana tujuan kegiatan pramuka. Dalam kaitannya pendidikan kepramukaan dengan kegiatan alam terbuka, pernah kegiatan latihan rutin sangatlah erat dan penting.
Dalam latihan rutin pramuka di sekolah hendaknya dipersiapkan untuk kegiatan pramuka di alam terbuka. Kegiatan seperti penjelajahan, halang rintang, wide game tentu membutuhkan materi dan ilmu yang harus dipelajari terlebih dahulu dalam latihan pramuka mingguan.
Semisal mengenal fungsi kompas, agar tidak tersesat dalam perjalanan. Teknik survival ala pramuka, mencari jejak, membaca peta, leadership, memasak merupakan beberapa hal dasar yang harus dikuasai oleh seorang pramuka. Hal-hal ini tadi normalnya sudah di latih sejak pramuka siaga-penggalang secara bertahap tergantung Teknik survival Tingkatan Pramuka Berdasarkan Usia.
Kegiatan pramuka di alam terbuka
Foto kegiatan pramuka @eka.dharmawjy____
Dinamikanya memang pembina pramuka perlu membuka diri dengan perkembangan peserta didik. Pramuka milenial memang membutuhkan kegiatan kepramukaan yang inovatif, kreatif dan rekreatif. Namun dalam praktiknya butuh tahapan-tahapan yang harus di mengerti oleh peserta didik.
Untuk mempersiapkan kegiatan pramuka di alam bebas, tentunya pembina pramuka di dampingi oleh dewan satuan/ penggalang maupun penegak harus mempersiapkan dalam program kerja latihan rutin. Program kerja dengan pelaksanaan yang bertahap tetapi berkelanjutan, hal ini juga harus disesuaikan dengan usia peserta didik, jelas usia penggalang dan penegak akan berbeda porsi dalam latihan maupun kegiatan alam terbukanya.
Pendampingan orang dewasa sebagai perencana, pelaksana, pengawas, dan pengendali adalah hal yang jangan sampai dilupakan dan ditinggalkan. Demi meminimalisir resiko yang terjadi dalam kegiatan alam terbuka.
Kegiatan pramuka di alam apa sih tujuannya?
  • menjaga lingkungan
    hal ini di maksudkan agar pramuka cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Dengan mengenal alam maka pramuka diharapkan bisa ikut serta dalam menjaga alam dan lingkungannya. Dibuktikan dengan aksinyata seperti tidak membuang sampah sembarangan, ikut serta gotong-royong, melakukan penghijauan dll. Kamu juga bisa bergabung di satuan karya berkaitan dengan lingkungan hidup apabila berminat mengembangkan minat dan bakat kamu.
  • mengembangkan diri
    mengembangkan diri untuk kemampuan yang lebih baik. Dengan belajar di alam kita bisa mengasah kemampuan kita, yang kemarin belum tahu cara mencangkok, kita belajar di pramuka dll. Tentu banyak hal yang bisa kita pelajari apabila kegiatan di alam ini memasukkan banyak unsur pendidikannya.
  • melihat alam dan lingkungan sekitar
    Kegiatan di alam selain menjadi tempat latihan juga kita bisa refreshing dari penatnya kesibukan sekolah maupun rutinitas harian. Alam yang hijau segar, atau lingkungan baru yang kita baru sekali itu kunjungi memberikan nuansa baru dalam hati dan jiwa kita. Mengetahui ekosistem yang ada, bagaimana kehidupan maupun perkembangan lingkungannya.
  • mencari persoalan/ permasalahan
    Setiap kali kita menemukan persoalan, disitulah ada tantangan dan pelajaran yang kita dapatkan. Pramuka yang suka tantangan akan menemukan persoalan-persoalan baru yang bisa menjadi bahan untuk pendidikan dan perkembangan diri.
  • mengatasi tantangan
    Tentu tidak semua orang suka kegiatan dilapangan apalagi ada tantangan baru. Menyelesaikan penugasan, membuat tanda ataupun mengikuti perlombaan ini adalah sesuatu yang harus kita hadapi ketika berada ditengah-tengah masyarakat. Hal ini menjadikan pramuka lebih mandiri dan siap dengan keadaan.
  • menemukan cara hidup yang menyenangkan & sederhana
    banyak di antara pramuka terutama yang hidup di perkotaan tidak merasakan kesederhanaan hidup yang dialami oleh orang-orang di desa. Menemukan kembali cara hidup yang menyenangan dan sederhana dengan keadaan minimalis tentu adalah sesuatu yang baru dan merubah cara pandang dan cara hidup seorang pramuka.
  • membina kerjasama dengan anggota kelompok
    nah, dalam dunia kerja kerjasama merupakan hal yang harus dilakukan dengan sebaik-baiknya, kita di pramuka sudah sejak siaga menjalani kehidupan berkelompok dalam pendidikan kepramukaan. ini hal yang baik dan akan menjadi sebuah cerita di kehidupan nantinya.
Nah apa aja kira-kira yang perlu dipersiapkan sebelum melaksanakan kegiatan di alam terbuka :
  • Mental &¬†Fisik
    untuk berkegiatan di alam, tentu kamu harus mempersiapkan mental dan fisik. Berani saja tidak cukup, kamu juga harus siap secara fisik, kuat dan tangguh dalam menghadapi kegiatan di lapangan. Tentunya bagi yang memiliki penyakit tertentu harus mempersiapkan perbekalan berupa obat atau konsultasikan dengan ahlinya.
  • Ilmu & Kemampuan
    Ilmu hidup di alam tentu harus di persiapkan, dengan latihan rutin pramuka. Tujuan latihan pramuka tidak hanya menguasai materinya tetap juga kamu harus bisa mempraktikkan.
  • Perbekalan
    Bekal berupa peralatan, pakaian, dll harus kamu siapkan dengan matang. Buat daftar kebutuhan yang ingin kamu gunakan dan pakai. Bawa seperlunya dan pakai sebaik-baiknya.
  • Manajemen Risiko
    Tentu setiap kegiatan alam bebas tidak lepas dari sebuah risiko. Nah resiko harus kita kelola dengan baik. Usahakan agar zero accident dengan perencanaan yang baik dan matang dengan melibatkan orang dewasa.
  • Perencanaan yang matang
    Dalam perencanaan ini kamu sebagai pelaksana kegiatan harus mengkomunikasikan dengan pihak pihak terkait, baik itu sekolah, instruktur, pembina gugus depan maupun orang yang ahlinya. Perencanaan kegiatan yang baik akan menghasilkan kegiatan yang baik dan usahakan agar zero accident.
Nah semoga artikel ini bisa bermanfaat menjadi bekal kamu berkegiatan di alam terbuka.

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *