Tingkatan Pramuka Berdasarkan Usia

Sebagai gerakan pandu dunia, tingkatan pramuka berdasarkan usia tentu menjadi salah satu aturan yang ada. Karena, hal itu akan membuat para pelatih dan pembina lebih mudah menjalankan tugasnya.Sebagai contoh jika tidak ada tingkatan dan semua usia bercampur, pengajaran akan lebih sulit.

Ada 4 tingkatan yang dikenal dalam gerakan pramuka, selain itu ada satu tingkatan dewasa yang berisi pelatih dan pembina untuk setiap tingkatan. Tingkatan itu memiliki beberapa perbedaan namun tetap pada inti pengajaran yang sama.

Jenis Tingkatan Pramuka Berdasarkan Usia

Tingkatan pramuka berdasarkan usia dibagi menjadi empat jenis. Tingkatan ini mudah ditemui di berbagai sekolah dan lembaga kependidikan. Pasalnya, pramuka menjadi salah satu organisasi kepanduan yang masuk ke berbagai Lembaga Pendidikan. Berikut empat jenis tingkatan pramuka.

  1. Pramuka Siaga

Siaga merupakan tingkatan pramuka untuk usia 7-10 tahun. Siaga memiliki dua kode kehormatan yakni Dwi Satya merupakan janji pramuka siaga dan Dwi Dharma atau aturan moral siaga. Dua kode kehormatan itu akan menjadi standar panduan moral bagi pramuka siaga.

Pramuka Siaga memiliki satuan bernama Barung yang beranggotakan 5-10 orang. Barung akan dipimpin oleh satu orang terpilih yang disebut Sulung. Dalam pramuka siaga dikenal ada tiga tingkatan yakni Tata, Mula dan Bantu.

Agar bisa naik tingkat, setiap anggota barung harus menyelesaikan SKU (Syarat Kecakapan Umum) agar berhak mengenakan TKU (Tanda Kecakapan Umum). Tanda itu berwarna hijau dan jumlahnya disesuaikan tingkatan.

Tingkatan Pramuka Berdasarkan Usia

  1. Pramuka Penggalang

Penggalang merupakan tingkatan pramuka berdasarkan usia 11-15 tahun. Sama seperti Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang juga memiliki dua kode kehormatan yakni Tri Satya dan Dasadarma Pramuka.

Sesuai namanya, Tri Satya yang merupakan janji pramuka memiliki tiga poin. Sementara Dasa Dharma Pramuka yang merupakan ketentuan moral terdiri dari sepuluh poin yang diamalkan oleh anggota.

Satuan terkecil dalam penggalang disebut regu yang terdiri dari 5-10 anggota. Regu dipimpin oleh pemimpin regu (Pinru). Layaknya tingkatan lainnya, Pramuka Penggalang dibagi menjadi tiga yakni, Penggalang Ramu, Rakit dan Bantu.

Pramuka Penggalang di setiap tingkat juga harus menyelesaikan SKU dan mengenakan TKU. TKU Pramuka Penggalang berwarna merah dengan bentuk bagai janur yang terlipat dua. Banyaknya tanda yang dipakai menunjukkan tingkatan Penggalang.

  1. Pramuka Penegak

Pramuka Penegak adalah golongan tingkatan untuk usia 16-20 tahun. Pramuka Penegak memiliki kode kehormatan sama dengan penggalang yakni Tri Satya dan Dasa Dharma.

Penegak dibagi menjadi dua tingkat yakni Pramuka Penegak Bantara dan Pramuka Penegak Siaga. Sama seperti tingkatan lainnya, Pramuka Penegak juga harus menyelesaikan SKU agar mendapatkan TKU.

Bedanya, jika TKU di tingakatan siaga dan penggalang dipasang di lengan atas, pada Pramuka Penegak TKU berupa tanda pundak dengan dasar hijau yang bergambar dua tunas kelapa yang berlawan, dengan tulisan Bantara dan Laksana di bawahnya.

  1. Pramuka Pandega

Pramuka Pandega merupakan tingkatan untuk usia 21-25 tahun. Kode kehormatan Pramuka Pandega sama seperti Pramuka Penegak. TKU Pramuka Pandega juga hampir sama dengan Penegak hanya warna dasar yang hijau berganti menjadi coklat muda.

Aturan Anggota Dewasa, Pembina dan Pembantu Pembina.

Selain aturan tingkatan pramuka berdasarkan usia, ada pula aturan untuk anggota dewasa. Anggota dewasa biasa terdiri atas pembina dan pembantu pembina.

  1. Pembina Siaga sekurang-kurangnya berusia 21 tahun dan pembantu pembina berusia setidaknya 17 tahun.
  2. Pembina Penggalang minimal berusia 21 tahun, sedangkan pembantu pembina 20 tahun atau lebih.
  3. Pembina Penegak paling tidak harus berusia 25 tahun, sementara pembantu 23 tahun.
  4. Pembina Pandega sekurang-kurangnya 28 tahun dan pembantu pembinanya 26 tahun.
  5. Anggota majelis pembimbing paling tidak harus berusia 26 tahun.

Tingkatan pramuka diatas telah diterapkan di seluruh negara yang menganut kepanduan termasuk Indonesia, jadi kamu akan menemukan aturan tingkatan pramuka berdasarkan usia ini diaplikasikan di manapun.

belanja kaos pramuka di distropramuka.com

credit images: billah.whido

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *