fbpx
 Buku Scouting For Boys

Buku Scouting For Boys

Buku Scouting For Boys merupakan buku yang tak dapat dipisahkan dari sejarah pramuka. Buku yang ditulis oleh bapak pendiri pramuka dunia, Lord Baden-Powell of Gilwell itu,  disebut-sebut sebagai  buku panduan wajib. Buku itu biasanya dimiliki atau minimal pernah dibaca oleh pembina, pelatih dan anggota pramuka dunia.

Dalam buku pramuka Scouting For Boys terkandung segala macam tentang dunia pramuka. Dari mulai bagaimana seorang pramuka bekerja, cara membaca tanda, mendispilinkan diri dan banyak lagi hal lainnya. Singkatnya, buku ini berisi segala hal tentang aturan dan pedoman bagi para anggota pramuka.

Sesuai judulnya, buku pandu ini memang awalnya ditujukan untuk gerakan yang terdiri dari anak laki-laki. Namun, seiring berkembangnya jaman, akhirnya adik Lord Baden-Powell yang bernama Agnes mendirikan organisasi bagi perempuan dengan nama Girls Guides.

Sejarah Scouting For Boys Buku Kepramukaan

Sejarah buku BP Scouting For Boys berawal dari kehidupan sang pengarang,Lord Baden-Powell. Lahir pada 22 Februari 1857 dan meninggal para 8 Januari 1941  Baden-Powell merupakan anggota militer Inggris semasa hidupnya. Sebagai bagian dari militer Inggris, Baden Powell telah menjalani berbagai pertualangan di alam. Petualangannya itulah yang lantas dituangkannya dalam sebuah buku berjudul Aids to Scouting.

Aids to Scouting lantas menjadi panduan oleh banyak tantara muda Inggris. Melihat antusias yang luar biasa pada bukunya tersebut, Baden Powell pun disarankan oleh salah seorang tokoh organisasi pemuda Inggris untuk menulis ulang buku tersebut. Baden Powell pun menulis ulang dengan beberapa revisi agar cocok dibaca oleh remaja.

Demi menguji ide tentang buku barunya, Baden-Powell pun melangsungkan acara perkemahan di daerah Brownsea Island, Inggris yang diikuti sekitar 22 anggota remaja lelaki pada tahun 1907. Perkemahan itu lantas menjadi cikal bakal keseriusan bapak pandu dunia mengembangkan gerakan yang kita kenal kini dengan pramuka.

Lalu seusai perkemahan tersebut, Baden-Powell pun akhirnya menelurkan buku pandunan kepramukaan yang ditulisnya yakni Scouting for Boys. Buku yang ditulis Baden-Powell itu diterbitkan pada 1908 dan bisa dinikmati oleh anak-anak serta remaja. Anak-anak dan remaja yang membaca buku itu pun kemudian tertarik bergabung dengan gerakan kepanduan atau pramuka.

Keistimewaan Scouting For Boys

Buko Scouting For Boys sebagai panduan pramuka dunia memang memiliki beberapa keistimewaan yang membuatnya patut dibaca dan dimiliki oleh para pelatih, pembina, anggota kepramukaan atau pecinta alam sebagai buku panduan. Berikut empat keistimewaan Scoutin For Boys.

  1. Buku karangan bapak pandu dunia

Scouting For Boys Book memiliki sejarah erat dengan bapak pandu dunia, Lord Baden-Powell. Buku itu merupakan kumpulan pengalaman sang bapak pandu dunia untuk acara latihan kepramukaan. Scouting For Boys sangat istimewa sebagai buku kepramukaan pertama yang ditulis oleh pendirinya gerakan pramuka.

  1. Dipakai oleh pramuka seluruh dunia

Buku karangan Baden-Powell itu diterbitkan pertama kali pada tahun 1908 dalam bahasa Inggris. Kini, buku itu telah diterjemahkan ke berbagai bahasa lain dan menjadi panduan pramuka di seluruh dunia.

  1. Dilengkapi ilustrasi gambar

Buku ini tak cuma dilengkapi dengan pengetahuan, tapi juga ilustrasi gambar. Istimewanya, ilustrasi gambar yang ada dalam buku tersebut digambar oleh Baden-Powell Sendiri.

  1. Isinya aplikatif tak tergerus zaman

Buku Kepramukaan Scoting For Boys memiliki pengetahuan yang tak tergerus zaman. Buku itu berisi pengetahuan tentang survival di alam liar dikombinasi pelajaran kedisplinan yang membuat buku itu tetap aplikatif seiring zaman. Dalam buku tersebut kamu bisa menemukan berbagai pengetahuan soal tumbuhan, binatang, tanda, tali temali, dan hal lainnya yang berhubungan dengan pramuka dan bertahan di alam.

Buku Scouting For Boys

Setelah melihat sekilas tentang buku kepramukaan ini, tentu buku ini tak bisa dilewatkan bagi para pramuka sejati. Selain sejarahnya buku ini penuh dengan pengetahuan yang sayang untuk dilewatkan.

 

Untuk pemesanan Buku Pramuka Scouting for Boys atau Rovering to succes kamu bisa pesan di DistroPramuka.com  melalui Whatsapp 0877-2264-2882 atau klik https://beli.distropramuka.com/chat/orderonline/

 

Digiqole ad

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *