fbpx

Menemukan jalan Hidup Karena Pramuka

 Menemukan jalan Hidup Karena Pramuka

Banyak sebagian dari pembaca artikel ini kemungkinan pernah merasakan manis-pahitnya pramuka, atau malah masih aktif di pramaka. Entah itu kakak Pembina maupun peserta didik yang tertarik dengan pramuka. Menemukan jalan hidup karena pramuka, adalah salah satu nikmat terbesar yang bisa kita dapatkan jika kita mau memanfaatkan peluang yang ada.

 

Sebagian dari kita memiliki impian yang besar, dan punya rencana hidup yang panjang, jika kakak belum ada rencana kedepan kemungkinan rencana itu tidak akan pernah tercapai. Nah buat yang sudah punya mimpi namun belum ada rencananya silakan coba untuk dituliskan dan di breakdown apa aja yang bisa segera di mulai.

 

Sebagian lainnya dari kita mungkin masih abu-abu soal masa depan. Namun kami yakin, dari pramuka kakak bisa menemukan karir yang terbaik jika mau menggali potensi diri. Kita di pramuka menemukan orang-orang yang berpengaruh dan memiliki semangat juang tinggi. Memiliki semangat hidup karena pramuka.

Hidup Karena Pramuka

Kita bertemu orang banyak di pramuka, dari kegiatan gugus depan, tingkat kwartir ranting hingga nasional. Tentunya bisa belajar banyak hal, dan selalu ada secerah harapan untuk masa depan kita. Mau menjadi abdi negara, pengusaha, guru atau karir yang kita idamkan, sebaiknya dari sekarang sudah kita pikirkan dengan matang.

 

Secerah harapan, menemukan semangat dan jalan hidup karena pramuka. Yuk coba kita ulas 3 hal yang kita dapatkan di pramuka dan bisa bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari kita.

  1. Disiplin

Sikap disiplin sudah mulai ditanamkan sejak golongan pramuka siaga, meski begitu mungkin sebagian dari kita baru mengenal pramuka di usia penggalang maupun penagak. Sikap disiplin mengajari kita untuk melakukan sebaik mungkin apapun yang kita kerjakan. Disiplin waktu misalnya, kita bisa menyelesaikan sebuah pekerjaan tidak molor dan sesuai target kerja. Datang awal waktu merupakan bagian dari sikap yang perlu di tanamkan seorang pramuka.

 

  1. Lingkungan Positif

Sebagian dari teman kita bisa jadi menganggap kegiatan pramuka hanya sekedar permainan, namun juga harus kita tengok kembali, di dunia kerja dan ngantor itu sedikit permainan dan hal-hal seru di luar ruangan yang dilakukan. Bisa jadi hanya saat ada pelatihan ataupun outbound sehingga membuat rasa kreatif dan bosan tidak kunjung muncul, sehingga hidup terasa monoton.

Di pramuka selain metode kepramukaan yang membuat kita belajar dan berlatih semakin cepat, juga membuat kita kreatif dalam memecahkan sebuah persoalan. Adanya wadah dalam pembinaan pramuka berupa kelompok-kelompok kecil merupakan tempat belajar team work yang nantinya kita butuhkan juga dalam dunia kerja.

 

  1. Mentor ataupun Pembina

Keberadaan seorang Pembina pramuka dalam kegiatan latihan pramuka merupakan salah satu metode Pendidikan, selain kita bisa bertanya, Pembina pramuka juga akan mengarahkan kita. Memberikan contoh dan memberikan solusi dalam sebuah pemecahan masalah.

Fungsi Pembina pramuka, juga harus memberikan solusi atas persoalan yang di hadapi peserta didik, nah mengapa idealnya seorang Pembina pramuka itu hanya memegang sebuah pasukan penggalang atau 4 regu yang beranggotakan 8 orang per regu, dengan jumlah total 32 peserta didik.

Tiga hal diatas sebenarnya sudah membuka gambaran, bagaimana kepanduan itu sangat baik bagi pengembangan diri seorang remaja. Pantas jika anda akan menemukan Harapan Hidup karena Pramuka dengan adanya Pembina, Lingkungan yang positif berupa anggota kelompok, dan nilai-nilai kepramukaan yang ditanamkan dalam diri kita.

Tinggal kakak akan memanfaatkan waktu dipramuka sebai mungkin atau tidak mengingat oraganisasi ini sangat akan ilmu dan manfaat yang kelak akan berguna bagi kehidupan kita di masyarakat dan negara. Jadi… kira-kira setelah membaca artikel ini kakak dalam waktu 5 tahun kedepan sudah menjadi seperti apa? Impian sudah terwujud? Karir semakin baik? Kuliah lancar? Segera mulai langkah awal mimpi kakak…

Btw bisa beli baju pramuka di Whatsapp 0877-2264-2882 distropramuka menyediakan baju pramuka, kemeja pdl, kaos lapangan dan siap kirim ke rumah kakak.

 

foto ig : pramuka.maa.blokagung

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *