Contoh Materi Kepramukaan Wajib

Materi Kepramukaan – Kegiatan pramuka tidak melulu tentang interaksi langsung dengan alam, dan hal – hal yang berkaitan dengan fisik saja. Ada juga materi yang meliputi teori dan praktik. Semua diajarkan dengan tujuan membangun generasi tunas bangsa yang mandiri, bisa bertahan dalam situasi apapun, dan siap terhadap tantangan hidup.

Berikut ini asalah beberapa contoh materi kepramukaan yang wajib diketahui.

Materi Kepramukaan

Materi Kepramukaan

Adapun materi – materi untuk kegiatan kepramukaan adalah sebagai berikut ini:

1. Sejarah

Sejarah begitu penting untuk dipelajari supaya nantinya para anggota pramuka memahami dari mana asal – usul gerakan yang menaungi mereka. Mulai dari era Belanda mendirikan NPO dan JIPO yang merupakan cikal bakal gerakan kepanduan ini. Kemudian, era zaman Pergerakan Nasional dimana banyak organisasi pemuda yang mirip dengan NPO namun buatan asli pemuda Indonesia, dan lain – lain.

Hal – hal yang perlu untuk diketahui juga yaitu tentang peraturan pemerintah yang memutuskan Pramuka adalah organisasi atau gerakan resmi dan tidak bolehnya ada organisasi lain yang sejenis untuk didirikan lagi demi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. UU terakhir yang menyatakan ini adalah UU No 12 tahun 2010 yang disahkan oleh DPR tanggal 26 Oktober 2010.

2. Latihan Kepemimpinan

Materi kepramukaan ini menjadi salah satu yang wajib karena sifat dasar kepemimpinan yang harus dimiliki oleh semua para anggota Pramuka. Latihan ini tidak hanya untuk melatih seseorang agar bisa menjadi ujung tombak dalam regu tetapi juga mengajarkan sifat pelayanan. Hal ini agar bisa menumbuhkan sifat saling menghormati dan menghargai antar sesama makhluk Tuhan.

Sebagai bagian akhir dari latihan ini, biasanya akan diadakan kemah dengan berbagai kegiatan yang membuat masing – masing anggota pramuka bisa merasakan bagaimana menjadi seorang pemimpin, jadi tidak hanya ketua regu saja. Seperti dalam out bond, jelajah alam, berbagai permainan, dan lain sebagainya.

3. Sandi

Materi ini paling disukai dan paling membuat penasaran. Dengan sandi, sesama anggota pramuka dapat berkomunikasi dengan cara rahasia yang orang awam pada umumnya tidak bisa mengerti. Meteri tentang sandi juga termasuk dalam syarat kecakapan umum untuk penggalang. Jadi untuk Anda para anggota pramuka, wajib tahu ya!

Sandi yang paling terkenal adalah sandi morse, yang dalam penyampaiannya menggunakan tanda titik dan tanda strip. Tanda titik berarti pendek, dan tanda strip berarti panjang. Tak hanya lewat tulisan, sandi ini bisa disampaikan dengan bunyi, gerakan, denyut listrik, dan sinar. Selain morse, ada juga sandi balik, yang berarti membolak – balikan kata, misalnya KAMU menjadi UMAK, dan seterusnya.

4. Tali Temali

Seperti yang diketahui tali adalah salah satu perlengkapan atribut wajib pramuka. Itu tidak hanya untuk hiasan semata, tetapi berguna dalam salah satu materi wajib. Dalam tali temali, ada beberapa simpul yang wajib untuk dikuasai para anggota. Misalnya adalah Simpul tarik, simpul kembar, simpul erat, simpul anyam, dan simpul pangkal.

Masing – masing simpul memiliki fungsi sendiri, misalnya untuk mendirikan tenda, membuat tali jemuran untuk berkemah, dan lain – lain. Mengusai simpul juga termasuk dalam kriteria syarat kecakapan umum penggalang.

5. P3K

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan merupakan materi kepramukaan yang sanga penting. Pasalnya, ini akan sangat bermanfaat untuk kegiatan lainnya. Selain itu juga dapat dipakai dalam kehidupan sehari – hari. Penanganan ini meliputi beberapa hal yaitu penanganan pasien berhenti nafas, pendarahan, shock, dan juga untuk patah tulang. Ada juga pengetahuan tentang obat – obat alami untuk beberapa penyakit.

Foto by ig @mega1029

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *