Arti Pramuka, Tujuan, dan Landasan Dasar Gerakan Kepanduan

Arti Pramuka sangat mendalam untuk kelangsungan hidup masyarakat Indonesia. Sedikit banyak, gerakan kepanduan ini melakukan perannya di tengah – tengah masyarakat dan membantu menciptakan generasi tunas bangsa yang cinta terhadap negara. Juga bercita – cita luhur untuk menjaga kehormatannya dan bangsanya. Di sini akan dijelaskan mengenai arti sesungguhnya dan tujuan dari dibentuknya gerakan ini.

Sudah sejak dari awal berdirinya, gerakan ini sudah memiliki banyak peran dan arti penting, diantaranya adalah :

  1. Keikut sertaan dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI
  2. Mendidik kaum pemuda supaya siap dalam menghadapi segala macam perubahan zaman
  3. Turut melatih para anggotanya untuk memiliki jiwa patriotism tinggi
  4. Mendidik kaum muda untuk bertahan dalam berbagai kesulitan hidup

Tujuan Kegiatan Kepramukaan

Dimasukkannya pramuka ke dalam pendidikan wajib tambahan untuk sekolah bukan hanya sekedar untuk mengisi kegiatan selain aktivitas belajar siswa saja. banyak hal lain yang ingin dicapai melalui gerakan ini. Adapun tujuan lain dibalik pramuka adalah:

  1. Pembinaan

Membina anak – anak sedini mungkin serta kaum muda untuk meraih dan mewujudkan potensi spiritual, sosial, maupun intelektual dan juga fisiknya. Ini juga salah satu cara yang efektif untuk menanamkan arti pramuka dalam diri mereka sedini mungkin.

  1. Kepribadian

Pramuka bertujuan untuk membentuk akhlak mulia dan kepribadian yang baik untuk para anggotanya di segala tingkatan. Kepribadian yang terpuji juga turut mempresentasikan pramuka saat seorang anggota berada di tengah – tengah masyarakat.

  1. Semangat Kebangsaan

Dengan adanya pendidikan kepanduan, maka diharapkan anggota pramuka selalu mempunyai semangat cinta tanah air, semangat kebangsaan, dan perjuangan untuk kehidupan yang lebih baik. Baik itu bagi dirinya maupun tanah airnya.

  1. Peningkatan Keterampilan

Pramuka secara langsung melatih kemandirian dan keterampilan. Para anak – anak dan kaum muda dibaurkan dengan alam dan dilatih untuk bagaimana caranya bertahan hidup dengan mengandalkan keterampilan yang dimiliki. Keterampilan ini juga nantinya diharapkan dapat bermanfaat untuk memimpin dan membantu sesama.

Untuk mewujudkan keterampilan ini biasanya para anggota mengikuti beberapa kegiatan yang bersifat kelompok seperti berkemah dan jelajah alam. Tujuannya agar mereka saling membantu dan bahu membahu untuk satu tujuan yang sama.

Prinsip Dasar Gerakan Pramuka

Landasan atau prinsip dasar gerakan kepanduan Praja Muda Karana tak lepas dari arti pramuka itu sendiri. secara garis besar adalah sebagai berikut ini:

  1. Iman dan Takwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa

Pada nomor satu ini yang diutamakan adalah masalah agama dan ketuhanan. Ini berarti para anggota pramuka harus tetap menggunakan agama sebagai pedoman hidup dan landasan untuk menjalankan aktivitas. Seperti yang diketahui bahwa agama mengajarkan kebenaran dan kedamaian.

  1. Peduli terhadap bangsa dan tanah air, sesama hidup, dan alam

Prinsip ini harus diterapkan oleh para anggota pramuka sebagai landasan untuk menjalin hubungan dengan sesama makhluk Tuhan. Dalam hal ini meliputi sesama umat manusia, hewan, dan tumbuhan. Kepedulian terhadap alam juga wajib dipupuk agar kehidupan semuanya berjalan dengan seimbang.

  1. Peduli terhadap dirinya pribadi

Selain kepedulian terhadap orang lain dan alam sekitar, seorang anggota pramuka wajib peduli terhadap dirinya sendiri. Ini bukan berarti menanamkan sikap egois. Akan lebih baik jika diri sendiri diperhatikan terlebih dahulu supaya nantinya dalam melakukan tugas sebagai pramuka sejati akan terasa lebih ringan.

  1. Taat terhadap kode kehormatan pramuka

Semua peraturan dan kode kehormatan pramuka wajib untuk dipatuhi. Selain itu, menjaga kehormatan diri sendiri serta bangsa dan negaranya juga merupakan suatu keharusan.

 

Foto by : Intania Firdha

Baca Juga —>Atribut Pramuka

Baca Juga —> Pendidikan Kepramukaan

Referensi Desain Baju Lapangan —> Desain Baju Lapangan Tebaru

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *