fbpx

Tunas Kelapa, Lambang Gerakan Pramuka

 Tunas Kelapa, Lambang Gerakan Pramuka

Salam Pramuka! Kakak-kakak pastinya tidak asing dengan gambar yang berwujud tunas kelapa. Iyaps tepat sekali. Tunas kelapa ini merupakan lambang gerakan pramuka. Tunas kelapa juga dikenal dengan sebutan cikal. Masyarakat asli Jawa pasti tahu dengan yang namanya cikal tersebut. Dalam bahasa jawa, cikal memiliki arti kelapa yang sudah bertunas. Wah semakin banyak kosakata yang kita dapat dalam bahasa daerah ya.

Sebelum mengenal lebih jauh tentang tunas kelapa, sebenarnya apa arti lambang gerakan pramuka? Lambang gerakan pramuka adalah tanda pengenal tetap yang mengkiaskan cita-cita setiap anggota gerakan pramuka. Sudah tidak diragukan lagi. Kakak pembaca setia pramuka update tentunya sudah tahu dengan tunas kelapa ini.

Tunas Kelapa

Siapa yang menciptakan lambang tersebut? Lambang tersebut diciptakan oleh Bapak Soehardjo Atmodipura. Nah Bapak Soehardjo Admodipura ini merupakan seorang pembina pramuka yang aktif bekerja di lingkungan Departemen Pertanian. Dengan latar belakang beliau sebagai Pembina pramuka yang juga bekerja di departemen pertanian akhirnya menemukan sebuah ide. Ide cemerlang yang membuahkan hasil yaitu yang akhirnya dikenal sebagai lambang gerakan pramuka hingga saat ini. Pada tanggal 16 Agustus 1961 lambang ini ditetapkan dengan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 06/KN/72 tahun 1972.

Berdasarkan lampiran Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 06/KN/72 tahun 1972 tentang lambang gerakan pramuka, lambang gerakan pramuka memiliki arti kiasan sebagai berikut:

  1. Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal, dan istilah cikal bakal di Indonesia berarti penduduk asli yang pertama, yang menurunkan generasi baru. Jadi lambang buah nyiur yang tumbuh itu mengkiaskan bahwa tiap anggota Pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
  2. Buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun juga. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap anggota Pramuka adalah seorang yang rohaniah dan jasmaniah sehat, kuat, dan ulet serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan dalam menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi pada tanah air dan bangsa Indonesia.
  3. Nyiur dapat tumbuh dimana saja, yang membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan diri dalam masyarakat dimana dia berada dan dalam keadaan bagaimanapun juga.
  4. Nyiur tumbuh menjulang lurus ke atas dan merupakan salah satu pohon yang tertinggi di Indonesia. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap Pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus, yakni yang mulia dan jujur, dan dia tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.
  5. Akar nyiur tumbuh kuat dan erat di dalam tanah. Jadi lambang itu mengkiaskan tekad dan keyakinan tiap Pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dan landasan-landasan yang baik, benar, kuat dan nyata ialah tekad dan keyakinan yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-citanya.
  6. Nyiur adalah pohon yang serba guna dari ujung atas hingga akarnya. Jadi lambang itu mengkiaskan bahwa tiap Pramuka adalah manusia yang berguna, dan membaktikan diri dan kegunaannya kepada kepentingan tanah air, bangsa dan negara Republik Indonesia serta kepada umat manusia.

Setelah membaca dan memahami arti kiasan tunas kelapa pastinya kakak-kakak dapat memahami lebih jauh tentang lambang ini. Lambang gerakan pramuka bukan  sembarang lambang saja. Di dalamnya terdapat kiasan yang memiliki arti tersendiri. Harapan kedepannya, anggota pramuka menjadi seperti tunas kelapa yang memiliki segudang manfaat. Sehingga dapat bermanfaat bagi lingkungan keluarga, masyarakat, hingga lingkungan yang lebih luas lagi.

Download Vector Logo Gerakan Pramuka/ Tunas Kelapa

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *