fbpx

Pembina Pramuka Ujung Tombak Pendidik Pramuka

 Pembina Pramuka Ujung Tombak Pendidik Pramuka

Pendidik Pramuka – Dalam Kegiatan Pramuka, pendidikan kepramukaan dilatih oleh pembina pramuka. Pembina pramuka merupakan anggota dewasa Gerakan Pramuka yang bertugas membina peserta didik di gugus depan, sekurang-kurangnya lulusan Kursus Mahir Dasar (KMD).

Hal-hal yang berkaitan dengan Tenaga Pendidik Pramuka

Pembina Pramuka dan Pembantu Pembina Pramuka melakukan proses pembinaan dan pendidikan Kepramukaan bagi anggota  muda  dan anggota  Dewasa Muda.

Usia Pembina Pramuka dan Pembantu Pembina Pramuka diatur sebagai berikut:

  1. Pembina Siaga sekurang-kurangnya berusia 21 tahun, sedangkan Pembantu Pembina Siaga sekurang-kurangnya berusia  17 tahun.
  2. Pembina Penggalang sekurang-kurangnya berusia 21 tahun, sedangkan Pembantu Pembina Penggalang sekurang-kurangnya berusia  20 tahun.
  3. Pembina Penegak sekurang-kurangnya berusia  25 tahun, sedangkan Pembantu Pembina Penegak sekurang-kurangnya berusia 23 tahun.
  4. Pembina Pandega sekurang-kurangnya berusia 28 tahun, sedangkan Pembantu Pembina Pandega sekurang-kurangnya 26 tahun.
  5. Pembina Pramuka, sekurang-kurangnya telah lulus Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) dan membina anggota muda secara aktif.

Syarat kekentuan lain selain memiliki KTA, seorang Pembina diwajibkan memiliki SHB yaitu Surat Hak Bina yang berlaku dalam jangka waktu tertentu.
Pengukuhan Pengurus Gugusdepan Pramuka yang terdiri dari Pembina Gugusdepan, Pembina Satuan, Pembantu Pembina Satuan, dilakukan oleh Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan.

***

Tenaga Pendidik Pramuka
foto pramuka – @asnandaprasetyo

Dalam AD-ART PRAMUKA Terbaru Tahun 2018, pada Anggaran Dasar pasal 18 mengenai tenaga pendidik. Di organisasi pendidikan pramuka tenaga pendidik terdiri dari :

  • Pembina Pramuka
  • Pelatih Pembina Pramuka
  • Pamong Satuan Karya Pramuka
  • Insturktur

Tenaga pendidik harus memenuhi persyaratan standar tenaga pendidik yang disusun oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat Nasional dan ditetapkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.
Semisal Telah mengikuti KMD, KML, Kursus lainnya dan memiliki surat hak bina dll.

Dalam Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka Nomor 07/Munas/2018 Hasil Musyawarah Nasional X Gerakan Pramuka tahun 2018 poin 2 :

  • Pramuka penegak dan pandega dapat diangkat sebagai pembina muda dan instruktur muda di gugus depannya, dengan ketentuan:
  • Pembina muda atau instruktur muda pramuka siaga sekurang-kurangnya berusia 17 tahun;
  • Pembina muda atau instruktur muda pramuka penggalang sekurang-kurangnya berusia 21 tahun; dan
  • Pembina muda atau instruktur muda pramuka penegak sekurang-kurangnya berusia 23 tahun.

Pelantikan pembina pramuka, pamong saka, instruktur saka, dan pelatih pembina pramuka dilakukan oleh ketua kwartir yang bersangkutan.

***

PEMBINA DALAM SATUAN TERPISAH

Kegiatan kepramukaan dilaksanakan dengan sistem satuan terpisah. Satuan pramuka putri dibina oleh pembina putri, satuan pramuka putra dibina oleh pembina putra, kecuali perindukan siaga putra dapat dibina oleh pembina putri.

TUGAS PEMBINA PRAMUKA

Salah satu tugas pembina pramuka salah satunya adalah memberikan ujian kecakapan sebagai pengakuan skill/ kompetensi yang dimiliki peserta didik. Ujian berupa penilaian terhadap perilaku dalam pengamalan nilai seta uji kecakapan umum dan uji kecakapan khusus. Ujian ini sesuai dengan golongan usia pramuka. Setelah layak dan menguasai, pembina berkewajiban memberikan Tanda Kecakapan kepada peserta didik.

Pelantikan anggota muda dilakukan oleh pembina pramuka di gugus depan masing-masing dengan mengucapkan dwisatya bagi pramuka siaga atau trisatya bagi pramuka penggalang, pramuka penegak, dan pramuka pandega.

Kegiatan Pramuka – Foto @sbrn.jlk

PEMBINA DALAM GUGUS DEPAN

Mengelola gugus depan – dikelola secara kolektif oleh pengurus yang terdiri dari ketua gugusdepan, pembina satuan dan pembantu pembina satuan.
Ketua gugus depan dipilih dari pembina pramuka yang ada dalam gugus depan yang bersangkutan pada musyawarah gugus depan.

  1. Perindukan siaga adalah satuan gerak untuk golongan pramuka siaga yang menghimpun barung dan dipimpin oleh pembina perindukan;
  2. Pasukan penggalang adalah satuan gerak untuk golongan pramuka penggalang yang menghimpun regu dan dipimpin oleh pembina pasukan;
  3. Ambalan penegak adalah satuan gerak untuk golongan pramuka penegak, yang menghimpun sangga dan dipimpin oleh pradana dengan pendamping pembina ambalan;
  4. Racana pandega adalah satuan gerak untuk golongan pramuka pandega, yang menghimpun reka dan dipimpin oleh ketua dewan racana pandega dengan pendamping pembina racana.

 

Dalam akhir masa pendidikan pramuka periode tahunan harus ada evaluasi program latihan. Evaluasi dilakukan untuk pembina gugus depan (gudep) sebagai pengukuran keberhasilan program pendidikan kepramukaan.

 

Belanja di kedaipramuka.net

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *