fbpx

Sistem Among adalah bagian pembinaan pramuka

 Sistem Among adalah bagian pembinaan pramuka
Sistem Among adalah cara pelaksanaan pendidikan dalam oraganisasi kepanduan Gerakan Pramuka. Kata Among memiliki arti mengasuh, memelihara dan menjaga. Sedangkan orang yang melakukannya disebut PAMONG. Kalimat dari sistem among ” Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani” adalah hasil pemikiran Ki Hajar Dewantara.
Sistem Among dalam kepramukaan merupakan bagian penting dalam pembinaan pramuka. Sistem Among erat kali dalam proses pembinaan peserta didik pramuka.
Peran Pembina Pramuka dalam pembinaan peserta didik masing-masing golongan sangat berkaitan dengan sistem among ini. Ngemong atau mengasuh dalam latihan pramuka yang di lakukan oleh pembina di sesuaikan dengan golongan pramuka.
Pada usia pramuka siaga Pembina berada di paling depan “ing ngarsa sung tulodho” di depan menjadi contoh teladan. Format upacara yang melingkar, adalah sebuah cerminan pembina pramuka/ yanda/ bunda menjadi titik contoh dan mengarahkan siaga.



Di Usia siaga peran pembina pramuka sangatlah besar, memberikan arahan, contoh, keteladanan. Menjadi teman bermain dan mengingatkan dalam latihan pramuka. Hampir semua kegiatan peran pembina 100% yang utama mendampingi.
Sistem Among Adalah
pembina pramuka penggalang
Penggalang memiliki pola pembinaan yang berbeda dengan siaga. Format upacara berupa angkare “ing madya mangun karsa” seorang pembina, ditengah ikut membangun/ melaksanakan. Selain menjadi contoh, seorang pembina juga bersama-sama pramuka penggalang merencanakan program kerja latihan pramuka.
Porsi pembina sudah tidak 100% menjadi yang mengarahkan acara latihan, tetapi dibantu oleh dewan penggalang. Pramuka penggalang sudah mulai membuka diri dengan dunia luar, namun masih perlu arahan yang banyak dari pembina.
Pada usia penegak dan pandega seorang pembina pramuka tinggal Tut Wuri Handayani yang memiliki arti dibelakang memberikan dorongan/ bantuan ke arah kemandirian.
Peran pembina lebih sedikit lagi dibandingkan pembinaan di usia penggalang. Di usia penegak dengan adanya dewan ambalan yang bertugas menjalankan program kerjanya.
Sistem Among adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam pembinaan pramuka. Porsi pembina sangat sedikit jika pembinaan yang terjadi di dewan ambalan sudah berjalan dengan baik. Tugas pembina menjadi teman diskusi bagi DA dan memonitoring jalannya kegiatan pramuka.



Ki Hajar Dewantara memiliki nama kecil Raden Mas Suwardi Suryaningrat. Beliau pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan pada Kabinet Pemerintahan Pertama Era Ir. Soekarno. Gelar yang melekat dengan Ki Hajar Dewantara adalah bapak pendidikan dan pendiri perguruan tinggi taman siswa. Beliau Lahir 2 Mei 1889 dan meninggal pada 28 April 1959.
Foto : baguse.ch
Pesan Produk Toko Pramuka Online
Tersedia Kaos, Scarf, Topi, Buku Pramuka, Kemeja Lapangan. Bisa Pesan Satuan maupun Lusinan. Silahkan hubungi nomor CS untuk info lebih lanjut 0877-2264-2882 (Klik nomor langsung chat WA) . Bisa SMS, Call, WA.

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

2 Comments

  • Pramuka makin sinergis dlm dunia pendidikan kembali sesuai fungsi awal Be The Best Forever by your civitas n carier… Aamiin

    • Amiin dan mari kita dukung bersama, dengan menciptakan kegiatan-kegiatan yang makin baik dan bermanfaat bagi masyarakat umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *