Penegak Bantara dalam Pramuka

Dalam dunia kepramukaan terdapat beberapa tingkatan yang membedakan antara senior dan junior. Dalam hal ini bukan sisi senioritas negatif yang diberlakukan dalam pramuka, justru adanya tingkatan ini semakin membuat anggotanya memiliki rasa hormat dan menghargai. Salah satu tingkatan penting dalam pramuka yakni tingkatan penegak bantara.

Untuk menjadi penegak bantara, harus ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Setiap seleksi tingkatan dalam kepramukaan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, semakin tinggi tingkatannya, maka akan semakin sulit tahapan seleksi yang harus dilalui. Seleksi ini pun memiliki bobot nilai tertentu yang harus kamu capai agar berhasil dilantik menjadi penegak bantara.

Pengertian Bantara

Penegak bantara merupakan tingkatan yang pertama dalam pramuka penegak. Bantara berasal dari kata bantara yang memiliki makna berpidato, maksudnya yaitu bisa berpidato atau berbicara di depan orang banyak, serta yang paling penting adalah bisa mempertanggungjawabkannya.

Terdapat pengertian lain mengenai bantara, yaitu singkatan dari bantuan tenaga rakyat, singkatan ini kemungkinan diambil dari poin Trisatya yang kedua, yaitu “menolong sesama hidup, dan ikut serta membangun masyaratak”. Dengan kata lain, sebagai manusia tak hanya menyaksikan saja, namun harus ikut terjun dan membantu masyarakat.

Untuk menjadi penegak bantara, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu minimal harus menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU). Di dalam SKU ini terdapat 23 poin tugas yang harus diselesaikan. 23 poin tersebut hampir semua mencakup nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari. Poin-poin penting dalam SKU tersebut antara lain:

  1. Keagamaan, sebagai manusia pasti kita menganut kepercayaan atau agama, dalam poin ini aspek yang diujikan yakni pemahaman keagamaan masing-masing dari calon penegak bantara.
  2. Spiritual, beranekaragamnya agama yang ada di Indonesia menuntut calon tegak bantara harus memiliki sikap toleransi antar umat beragama.
  3. Emosional, calon penegak bantara harus bisa menyampaikan pendapat, serta mau menerima saran atau kritikan.
  4. Sosial, sebagai makhluk sosial, calon penegak bantara harus saling membantu dengan manusia yang lainnya.
  5. Intelektual, calon penegak bantara harus memiliki pengetahuan serta wawasan yang luas agar kualitas diri semakin baik.
  6. Fisik, agar tubuh calon penegak bantara sehat dan terhindar dari penyakit, makan harus melalui serangkaian tes fisik yang telah ditentukan.




Makna Balok Bantara

Balok bantara merupakan tanda yang dipasang di kedua pundak kostum pramuka yang menandakan seorang anggota itu sudah berpangkat sebagai tegak bantara. Makna dari balok pada penegak bantara antara lain:

  1. Ukuran

Balok bantara memiliki ukuran 3 cm pada sisi atas yang melambangkan Trisatya, seorang pramuka harus berpedoman pada Trisatya. Kemudian pada sisi kiri dan kanan berukuran 7 cm yang melambangkan 7 lapis langit serta bumi, di sini seorang pramuka harus menyadari jika ciptaan Tuhan begitu hebat.

Kemudian pada sisi bawah memiliki ukuran 5 cm yang melambangkan Pancasila dan rukun Islam, sebagai seorang pramuka, kamu harus mampu menerapkan keduanya dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Gambar

Gambar pada balok bantara yakni bintang 1 melambangkan Tuhan yang satu, kemudia kitri berjumlah 2 yaitu melambangkan satuan terpisah antara putra dan putri, meskipun terpisah namun tugasnya tetap sama dan tidak dibeda-bedakan.




  1. Warna

Warna pada balok bantara yakni merah yang melambangkan kesejahteraan, serta hijau yaitu melambangkan kesuburan dan kemakmuran. Memasang balok bantara harus dari kiri ke kanan, karena memiliki makna seseorang melakukan perubahan dengan merubah dari yang buruk menjadi baik.

Serangakaian seleksi untuk menjadi tegak bantara memang cukup melelahkan, namun hal ini akan membuat kamu menjadi pribadi yang tangguh, serta pengalaman menjadi tegak bantara ini tidak mungkin terlupakan.

 

Meneladani Baden Powell

Bikin Kaos Pramuka di distropramuka.com  –  Whatsapp : 0877-0877-8631

 

foto by @sitinuriana7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *