Sarana Pengembangan Diri itu Bernama Pramuka

Kamu di pramuka dapat apa? Capek doang kan. Udah begitu jatah mandi dan tidurpun pasti berkurang banyak. Lagipula ikut pramuka hanya menambah warna hitam aja pada kulit. Eitttss, jangan salah paham dulu dong. Kegiatan positif dengan seragam cokelat muda dan cokelat tua yang bernama pramuka itu ternyata sarana pengembangan diri yang baik lho. Berikut ini manfaat pramuka yang berkaitan dengan pengembangan diri:

  1. Melatih Kerjasama yang Baik Sesama Anggota Tim

Kalau siaga ada satuan terkecil yang disebut barung. Satuan terkecil kelompok penggalang disebut regu. Sedangkan, satuan terkecil kelompok penegak adalah sangga. Satuan terkecil tersebut memiliki anggota membentuk satu kesatuan tim. Tugas dari kakak Pembina tentunya akan terselesaikan dengan baik apabila ada kerjasama tim yang bagus. Misalnya memecahkan teka-teki sandi kotak dua. Anggota yang satu mencari kuncinya. Sedangkan anggota yang lain menyelesaikan soal yang ada di hadapannya. Tentunya, lebih mudah dalam melaksanakan tugas dari kakak Pembina. Waktu yang digunakan lebih efektif dan efisien. Dengan begitu kerjasama antar anggota terlatih dengan sendirinya.

  1. Menambah Ketangguhan

Kegiatan pramuka tak lepas dengan kegiatan yang bernama gladi tangguh. Gladi tangguh tak asing didengar oleh kelompok penegak. Kegiatan gladi tangguh menguras tenaga juga otak. Tenaga banyak terkuras tatkala rintangan ternyata sangat jauh yang ditempuh dengan jalan kaki. Strategipun harus dilancarkan agar sangganya menang. Pemikiran strategi membutuhkan otak yang bekerja maksimal. Alhasil gladi tangguh membentuk karakter tangguh bagi tiap peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

  1. Mengasah Logika

Memecahkan teka-teka pertanyaan berupa sandi memang membutuhkan logika yang bekerja dengan baik. Seringnya, pertanyaan berupa sandi membuat penasaran sang anggota pramuka. Tak hayal seluruh kemampuan dikerahkan untuk memecahkan teka-teki tersebut. Sampai momen ahaa menemukan kunci sandi ditemukan. Rasa percaya diri dan bangga merasuki tubuh sang penemu. Akhirnya, logika terasah dengan baik.

  1. Memiliki Public Speaking yang Baik

Berbicara di depan umum (public speaking) merupakan keterampilan yang tidak bisa didapatkan secara instan. Kabar baiknya, dalam pramuka kita bisa belajar public speaking. Latihan-latihan dalam pramuka biasanya memerlukan kemampuan public speaking seperti memimpin apel, menjadi ketua saat rapat anggota berlangsung, dan masih banyak lainnya. Tentunya, dengan mengasah kemampuan public speaking di pramuka dapat menaikkan keterampilan berbicara di depan umum baik di pramuka maupun di luar pramuka. Wah keren ya.

  1. Pribadi yang Lebih Berani

Kegiatan pramuka merupakan kegiatan yang didalamnya terdapat berbagai kelompok umur. Ada Pembina yang lebih tua dari kita, ada kawan maupun rekan yang umurnya sebaya, dan ada adik tingkat yang umurnya lebih muda dari kita. Keberanian-keberanian akan muncul saat kegiatan pramuka memaksa kita untuk berinteraksi dengan mereka. Keberanian untuk berbicara, berinteraksi, keberanian untuk menjelaskan materi yang belum jelas, bahkan saat koordinasi dengan kawannya.

pengembangan diri pramuka
Foto giat kepramukaan ig @nandafath_
  1. Memiliki Kawan dan Jaringan yang Luas

Dengan mengikuti pramuka tentunya kita akan memiliki teman yang banyak dan jaringanpun semakin luas. Saat mengikuti saka contohnya. Kita tidak hanya memiliki teman yang jangkauannya satu ambalan saja. Kita bisa memiliki teman dari ambalan lain bahkan luar kota. Apalagi saat mengikuti raimuna nasional. Banyak teman yang berasal dari berbagai daerah mengikuti kegiatan tersebut. Memiliki kawan yang banyak dan berasal dari daerah yang berbeda tentunya akibat dari aktif mengikuti kegiatan pramuka bukan? Ternyata, manfaat ikut kegiatan pramuka banyak ya. Masih enggan gabung pramuka?

 

sumber foto: drnaulia_

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *