Manfaat Pramuka bagi Generasi Muda

Pramuka memiliki peranan penting dalam membangun karakter generasi muda yang berkualitas. Oleh karena itu, di beberapa sekolah pramuka ini menjadi ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti seluruh siswa. Bukan tanpa alasan kegiatan ini wajib diikuti oleh semua siswa, hal ini diwajibkan karena manfaat pramuka sangat terlihat dalam sikap siswa, terutama kepemimpinan dan kemandirian.

Setiap generasi muda harus memiliki pribadi luhur yang kuat, mandiri, cerdas, serta terampil untuk menyongsong pembangunan bangsa. Hal itu bisa didapatkan dalam berbagai kegiatan yang diselengggarakan dalam kepramukaan. Tak hanya sekadar kegiatan yang bersifat formal, dalam pramuka juga banyak kegiatan mengasyikkan untuk menyegarkan otak.

Pramuka sebagai Pemersatu Bangsa

Pramuka merupakan pendidikan nonformal yang melaksanakan pendidikan kepanduan, di Indonesia. Dalam pramuka terdapat kegiatan yang turut membentuk karakter individu dan kepribadian seseorang menjadi lebih tangguh. Kegiatan pramuka pun bisa dikatakan sebagai wadah pemersatu bangsa dalam meningkatkan rasa kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kegiatan pramuka pada umumnya dilakukan secarabersama-sama, hal ini diwujudkan dalam pembuntuka regu atau kelompok dalam pramuka. Dalam satu regu dituntut untuk menghadapi setiap rintangan dan memecahkan sebuah permasalahan secara bersama-sama.

Kondisi kebersamaan ini akan membuat setiap anggotanya semakin dekat dan mengenali sesama. Selain itu, dalam pramuka juga dituntut untuk bisa meningkatkan kreativitas melalui berbagai perlombaan yang diadakan. Setiap kelompok dituntut untuk menampilkan sesuatu yang kreatif. Semua hal positif ini tentunya bisa dijadikan alat sebagai pemersatu bangsa.

Manfaat Pramuka

Manfaat penting Pramuka

Seringkali beberapa murid enggan untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang ada di sekolah. Mereka beranggapan, dalam pramuka terlalu kaku, senioritas, dan menakutkan. Namun hal itu tentu saja akan terbantahkan ketika kamu sudah terjun langsung dan merasakan berbagai manfaat positif yang diperoleh ketika bergabung dengan pramuka.

Dalam pramuka, kegiatan panas-panasan di tengah lapangan menjadi sesuatu yang lumrah, hal inilah yang tak disukai bagi sebagian besar siswa. Namun setelah kamu mengetahui banyak manfaat positif dari pramuka pasti kamu akan senang dengan kegiatan pramuka ini, manfaat penting pramuka antara lain:

  1. Mampu melatih kedisiplinan

Pelajaran dasar yang pertama kali didapatkan dalam pramuka adalah pembentukan karakter dengan terbiasa disiplin. Semua hal dalam pramuka akan diatur sesuai dengan jadwal dan diberlakukan tata tertib yang ketat, bagi siapa saja yang melanggarnya maka akan dijatuhi hukuman. Hal inilah yang akan meningkatkan kedisiplinan seseorang.

  1. Menjadikan pribadi lebih mandiri

Kegiatan berkemah dalam pramuka sangat mendorong sifat kemandirian dari anggotanya. Kemah yang diselenggarakan beberapa hari dan lokasinya jauh dari rumah membuat setiap anggotanya harus mandiri dan melakukan kegiatan tanpa bantuan orang tua. Kemandirian yang tumbuh dari kegiatan kemah ini akan membuat diri menjadi lebih baik.

  1. Mampu meningkatkan kepedulian

Dalam Dasa Dharma Pramuka, mengajarkan setiap anggotanya untuk menyayangi sesama, rela menolong, serta selalu bersahaja. Melalui kegiatan pramuka biasanya terdapat kegiatan bakti sosial untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama manusia.

  1. Menumbuhkan sikap gotong-royong dan kebersamaan

Dalam kegiatan berkemah, setiap anggota dituntut untuk melaksanakan kegiatan bersama-sama serta saling bahu membahu, dari sini akan menumbuhkan gotong royong dan kebersamaan.

  1. Meningkatkan rasa bekerjasama dan berorganisasi

Dalam kegiatan pramuka, kamu akan bertemu orang-orang baru yang akan membuat kamu dituntut untuk melakukan kerjasama. Kemampuan berorganisasi pun akan meningkat melalui pramuka.

  1. Belajar mencintai alam

Kegiatan pramuka memang identik menyatu dengan alam, hal ini bertujuan agar anggotanya semakin cinta dan tak merusak alam yang ditempatinya.

  1. Dapat melatih kepemimpinan dan kreativitas

Dalam pramuka, siapapun memiliki kesempatan unuk menjadi pemimpin regu, dari sini akan mengasah kemampuan kepemimpinan serta memunculkan kreativitas baru.

Begitu banyak sekali manfaat yang bisa kamu peroleh dalam kegiatan pramuka, tak heran jika banyak sosok yang menemukan kesuksesan melalui pramuka. Kegiatan dalam pramuka pun menjadi bekal pentng untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah.

 

Foto by : @zulfahw_

Sejarah Pramuka Indonesia dan Dunia Secara Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *