Sejarah Pramuka Indonesia dan Dunia Secara Lengkap

Sejarah pramuka Indonesia dan dunia tidak lepas dari seorang sosok Bapak Pandu Sedunia, seorang pendiri gerakan Pramuka yaitu Baden Powell. Sejarah bermula ketika Baden Powell atau nama lengkapnya yaitu Lord Robert Baden Powell Gilwell sedang melakukan perkemahan pertama kalinya bersama dengan 22 anggota laki- laki pada tanggal 25 Juli 1907 di Pulau Brownsea, Inggris.

Di dalam perkemahan yang berlangsung selama 8 hari tersebut menjadi sejarah penting dari lahirnya sebuah gerakan Pramuka Sedunia hingga saat ini. Ciri khas dari kemiliteran yang melekat pada pria tersebut menjadikannya Baden Powell dikenal menjadi seorang sosok yang disiplin, tegas dan terampil. Dari sifat- sifat tersebut yang menjadi ciri khas suatu gerakan Pramuka.

Sejarah Pramuka Indonesia dan Dunia

Tokoh Pendiri Pramukan Beserta Sejarah Pramuka Indonesia dan Dunia

  • Baden Powell Pendiri Gerakan Pramuka

Telah disinggung dalam pembahasan sebelumnya, bahwa tokoh penting dalam berdirinya gerakan Pramuka yaitu Bapka Baden Powell. Berbicara tentang gerakan Pramuka di Indonesia dan di dunia pasti tidak akan lepas dari sosok yang bernama Baden Powell.

Selain sebagai sosok penting dalam mendirikan gerakan kepramukaan sedunia, Baden Powell juga memiliki pengalaman yang mendasar dalam pembinaan remaja di Inggris yang kemudian dikembangkan sebagai sistem pendidikan kepramukaan untuk seluruh dunia.

Lord Robert Baden Powell Gilwell lahir pada tanggal 22 Februari 1857 di Kota London, Inggris. Ayahnya bernama Domine Baden Powell ayitu seorang professor geometri di sebuah Universitas Oxford. Ayahnya meninggal dunia ketika Baden Powell masih kecil. Baden Powel terkenal sebagai anak yang sangat cerdas, periang dan lucu.

  • Sejarah Pramuka di Dunia

Semenjak Baden Powel menuliskan pengalaman hidupnya dalam sebuah buku yang berjudul Scouting for Boys pada tahun 1908. Dari semenjak itu telah dianggap sebagai cikal bakal dari lahirnya suatu gerakan Paramuka. Didalam buku tersebut memang sengaja dituliskan tentang panduan alam acara perkemahan yang teah dirintis olehnya.

Bukan haya di negara Inggris, namun buku ini juga laris dipasaran negara- negara lain. Banyak organisasi yang berdiri yang meskipun pada awalnya hanya diperuntukkan untuk anak alaki- laki saja atau disebuat denga “Boys Scout”. Kemudian pada tahun 1912, Baden  Powel baru dibantu oleh adiknya yang bernama Agnes Baden Powel yang terkenal sebagai anak yang cerdas dan periang.

 

Tidak membutuhkan waktu lama, dari semenjak buku Scouting for Boys diterbitkan. Nama Pramuka semakin dikenal di seluruh Inggris dan Irlandia.

  • Sejarah Pramuka di Indonesia

Sejarah lahirnya Pramuka di Indonesia terbilang cukup unik, sebab kemunculannya diwarnai dengan proses yang pasang surut di dalam berorganissai. Hal itu sangat wajar terjadi, karena pada masa- masa tumbuhnya gerakan Pramuka di Indonesi yaitu pada saat Indonesia masih mengalami proses penjajahan Belanda dan Jepang, hingga gerakan Pramuka menjadi sebuah organisasi yang kuat di Indonesia.

Sejarah Pramuka Indonesia dan dunia setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesis dibentuklah sebuah organisasi Pandu Rakyat Indonesia tepat pada tanggal 28 Desember tahun 1945 di Kota Solo, Jawa Tengah. Organisasi ini resmi ditetapkan sebagai satu- satunya waduh kepanduan yang merupakan tempat anggota kepanduan Indonesia yang bernaung.

Perkembangan gerakan Pramuka di Indonesia sangat berkembang pesat dan sangat ditunjang oleh ketentuan di dalam Anggaran Dasar gerakan kepramukaan yang mengatur tentang metode pendidikan kepramukaan di Indonesia. Hal itu yang membuat banyak perubahan dalam gerakan kepramukaan yang menjadikan Pramuka menjadi lebih kuat secara organisasi.

Foto by : @prajatra_spenma

Artikel Terkait Contoh Yel – Yel Kreatif yang Lucu Pramuka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *