fbpx
 Pramuka Keren punya kebiasaan positif

Pramuka Keren punya kebiasaan positif

Digiqole ad

Pramuka Keren – Banyak dari kita merasakan dampak positif dari kegiatan pramuka. Baik dari mental, hati, ilmu, dan juga pengalaman.
Seorang pramuka profesional mengetahui cara untuk menjaga dirinya. Tidak berlebihan dalam beberapa hal dan menjaga hal lainnya.

Kita sama-sama mengetahui bahwa apa yang kita lakukan meskipun itu hal kecil, akan berdampak pada diri kita. Namun acap kali kita menyepelekan hal semacam ini.
Tantangan saat ini adalah kita bisa menjadi pramuka teladan yang bisa menjadi inspirasi kaum muda. Baik dalam sosial media maupun didunia nyata tentunya.

Pramuka Keren
Pramuka Keren Foto anggota @sakabaharidepok

Mengapa pramuka keren harus memiliki wawasan luas?

Tantangan kita sebagai pramuka adalah, menjadi duta pendidikan, semakin senior tentu saja tanggung jawab kita untuk mengedukasi junior kita. Ilmu kita harus terus up-to date, jangan sampai ilmu dari 90an masih saja kita sampaikan di saat ini, semisal ilmu itu sudah tidak relevan lagi.
Namun jika masih relevan, tentunya harus kita sesuaikan juga dengan zamannya.

Terkait soal wawasan keilmuan, seorang pramuka keren harus mau belajar hal baru, bertemu orang dan guru baru. Setelah tau ilmunya harusnya kita bisa aplikasikan dalam kehidupan kita. Dan kemudian kita bagikan ilmu kita ke orang lain.

Praktik dilapangan adalah hal berbeda dengan ilmu yang kita dapatkan, pengalamannya yang membuat nilai ilmu yang kita pelajari berbeda. Pramuka wajib banget untuk belajar apa yang menjadi kebutuhannya dilapangan. Bagaimana caranya memasak, bagaimana caranya mengelola tim, dan lainnya.

Kebiasaan positif harus kita latih

Kebiasaan positif bagi pramuka adalah praktik selamanya. Kebiasaan baik harus dilatih setiap waktu. Menghormati orang tua, menjaga kesehatan, menjaga kebersihan, tidak merokok, mawas diri, tersenyum dan lainnya.

Sebagian orang tidak konsisten dengan apa yang ingin dia latih. Namun kita sebagai pramuka harus sebaik mungkin untuk terus membiasakan dan melatih hal positif.

Kami tidak akan menyebutkan hal-hal positif lainnya yang bisa kamu lakukan, tentu saja kakak sekalian bisa melihat kegiatan positif yang sudah kakak lakukan dan tambah dengan hal-hal positif lainnya yang bisa kakak kerjakan dan tingkatkan.

Semoga artikel bermanfaat, artikel ini terinspirasi dari salah satu artikel Buku Scouting for Boys, Kisah Api Unggun No. 18. Buku bis kakak dapatkan di Distro Pramuka.

untuk pembelian klik link di bawah
Beli Buku Scouting for Boys

atau whatsapp
0877-2264-2882

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *