PBB Pramuka: Pengertian, Tujuan dan Gerakan Dasar

Bagikan artikel ini yuk!

Tidak hanya belajar tali temali saja, dalam kegiatan pramuka terdapat juga PBB pramuka dengan banyak gerakan yang harus dipelajari. Sama halnya dengan kegiatan pionering, latihan baris berbaris merupakan kegiatan wajib dalam pramuka. 

Berdasarkan sebuah buku yang ditulis oleh Zuli Agus Firmansyah berjudul Panduan Resmi Pramuka pada tahun 2015, menjelaskan bahwa kegiatan baris berbaris itu bertujuan untuk mendidik karakter dari peserta didik. 

Pengertian Latihan PBB Pramuka

Latihan baris berbaris atau PBB pramuka memiliki pengertian sebagai suatu wujud fisik dari pramuka yang penting untuk diterapkan agar tertanam sebuah karakter baik dalam diri peserta didik. Selain itu, PBB ini diharapkan juga bisa membentuk sebuah watak seseorang. 

Seperti yang Anda tahu bahwa latihan baris berbaris ini memiliki peraturannya tersendiri dan harus dipahami oleh semua anggota pramuka. Anggota pramuka akan terlatih menjadi orang yang fokus, disiplin dan menghargai waktu. 

Selama latihan, anggota pramuka harus menjaga konsentrasinya untuk mendengarkan aba-aba agar tidak salah gerak. Jika salah gerak, maka akan dikenakan sanksi atau ditegur oleh pembina pramuka. 

Latihan PBB Pramuka
Latihan PBB Pramuka – Gambar @ambalan_antasarimalahayati

Manfaat dan Tujuan Latihan Baris Berbaris

Berdasarkan pengertian dari PBB pada pramuka tentu saja ada tujuan dan manfaat melakukan latihan baris berbaris ini. Ternyata tidak hanya untuk membentuk karakter seseorang saja melainkan juga melatih fisik agar tetap kuat dan manfaat lainnya seperti berikut: 

1. Menumbuhkan Sifat Disiplin

Mempelajari baris berbaris dalam pramuka membawa manfaat yaitu melatih disiplin pada setiap diri anggota pramuka. Setiap aba-aba yang diucapkan oleh pemimpin barisan harus didengar dan diikuti oleh setiap anggota, jadi mau tidak mau harus fokus. 

2. Meningkatkan Konsentrasi Anggota

Tidak hanya untuk menumbuhkan sifat disiplin saja, melainkan juga bisa meningkatkan daya konsentrasi. Melakukan latihan baris berbaris ternyata membutuhkan konsentrasi yang tinggi karena harus memasang telinga baik-baik untuk melakukan perintah dari pemimpin barisan. 

3. Melatih Rasa Solidaritas

Materi PBB pramuka ini juga dapat memupuk rasa solidaritas dalam diri setiap anggota pramuka. Tidak hanya rasa solidaritas saja, melainkan juga dapat menciptakan rasa setia kawan serta untuk melatih kekompakan pada setiap anggota. 

4. Memunculkan Kebersamaan

Manfaat berikutnya adalah menciptakan kebersamaan dalam diri anggota, jadi mendekatkan yang dulunya jauh. Aba-aba yang diucapkan dan harus dilakukan oleh semua anggota ini melatih kerjasama agar tidak melakukan kesalahan. 

Aba-Aba PBB

Setelah mengetahui apa saja manfaat dan tujuan dari diadakannya kegiatan baris berbaris dalam pramuka, Anda juga harus tahu apa saja gerakan dasar dalam PBB di pramuka. Setidaknya terdapat 3 gerakan yaitu petunjuk, peringatan dan pelaksanaan.

1. Aba-Aba Petunjuk

Aba-aba petunjuk adalah untuk menegaskan maksud dari pelaksanaan. Contohnya adalah hormat kepada pemimpin upacara, gerakan untuk amanat dan istirahat di tempat. Ketiga gerakan tersebut merupakan petunjuk untuk melakukan sesuatu.

2. Aba-Aba Peringatan

Aba-aba peringatan itu tandanya adalah inti dari sebuah perintah yang diucapkan dengan cukup jelas dan dilaksanakan tanpa perasaan ragu-ragu. Contoh aba-aba peringatan adalah lencang kanan, istirahat di tempat bukan di tempat istirahat.

3. Aba-Aba Pelaksanaan

Aba-aba ketiga pada PBB dalam pramuka adalah pelaksanaan yang merupakan aba-aba untuk melaksanakan sebuah perintah. Biasanya aba-aba pelaksaan ini menggunakan tiga kata seperti gerak, mulai dan jalan. Banyak manfaat yang bisa Anda rasakan ketika ikut latihan PBB pramuka salah satunya adalah melatih kerjasama antar anggota. Mau tidak mau, semua anggota akan bekerja sama untuk melakukan perintah yang diucapkan oleh pemimpin agar tidak salah.

Bagikan artikel ini yuk!
Pramuka Update
Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882

Tinggalkan Balasan