fbpx
 4 Tingkatan Dalam Gerakan Pramuka, Wajib Tau!

4 Tingkatan Dalam Gerakan Pramuka, Wajib Tau!

Jika Anda sedang mencari info tentang tingkatan PRAMUKA atau baru mempelajari PRAMUKA, maka Anda sudah menemukan artikel yang benar. Kerena disini akan dibahas mengenai tingkatan dalam gerakan PRAMUKA, jadi silahkan baca artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan info yang lengkap.

 

Didalam gerakan PRAMUKA atau Praja Muda Karana, ada berbagai tingkatan, mulai dari Siaga sampai dengan Pembina.

tingkatan dalam gerakan pramuka

Nah dalam arikel ini akan dibahas setiap tingkatan yang ada di tubuh PRAMUKA. Lalu apa saja tingkatannya? Ini dia :

  1. Kita mulai dari yang paling junior dahulu, yakni tingkatan PRAMUKA Siaga, pada tingkatan ini, usia anggotanya dibatasi antara 7 sampai dengan 10 tahun saja. Logo dari satuan ini didominasi dengan warna hijau daun, dan dibalut dengan warna coklat khas PRAMUKA. Biasanya, anggota dari PRAMUKA Siaga adalah anak kelas 1 sampai kelas 3 SD. Yang lebih unik lagi, tingkat PRAMUKA Siaga ini memeliki satuan kecil, satuan tersebut kemudian disebut dengan Barung, anggota Barung biasanya terdiri dari 6 sampai dengan 10 orang, yang dipimpin oleh seorang Pemimpin Barung, yang kemudian bisa disebut dengan PINRUNG. Walaupun anggota PRAMUKA Siaga masih kelas 1 sampai dengan 3 SD, rupanya PRAMUKA pada tingkat ini juga dibagi berdasarka syarat kecakapan umum(SKU), yakni Siaga Mula (beginer), Siaga Bantu (intermediate) dan Siaga Tata (advanced);
  2. Setelah PRAMUKA Siaga, selanjutnya adalah tingkatan PRAMUKA Penggalang, anggota dari PRAMUKA Penggalang biasanya berusia antara 10 sampai dengan 15 tahun. Sediit sejarah mengenai nama “PRAMUKA Penggalang”, nama “Penggalang” sendiri diinspirsi oleh “sumpah pemuda”yang diadakan pada tahun 1928, dimana saat itu para pemuda Indonesia sedang menggalang kekuatan dan kesadaran berbangsa. Sama seperti PRAMUKA Siaga, PRAMUKA Penggalang juga punya SKU dan SKK (Syarat Kecakapan Khusus). Didalam PRAMUKA Penggalang, ada satuan terkecilnya, satuan itu kemudian disebut dengan “regu”yang dipimpin oleh pemimpin regu, dimana regu-regu tersebut nantinya dapat membentuk sebuah gugus depan penggalang. Logo PRAMUKA Penggalang didominasi dengan warna merah menyala, yang dibalut dengan warna coklat PRAMUKA;
  3. Tingkatan selanjutnya adalah tingkatan PRAMUKA Penegak, untuk menjadi seorang PRAMUKA Penegak, mka ia harus berumur 16 sampai dengan 20 tahun. Didalam PRAMUKA Penegak, ada satuan kecil, satuan tersebut dinamakan dengan “Sanga”, dimana anggotanya terdiri dari 6 sampai dengan 10 orang saja. Pada simbol PRAMUKA Penegak, didominasi oleh warna kungi terang, yang kemudian dilapisi dengan warna coklat khas PRAMUKA. Kegitan Kepramukaan yang bisa dilakukan oleh Pengak sendiri sangat variatif, mulai dari lompat tali sampai dengan Gladian;
  4. Setelah PRAMUKA Penegak, selanjutnya adalah tingkatan PRAMUKA Pandega. Untuk menjadi seorang PRAMUKA Pandega, maka ia harus berusia antara 21 sampai dengan 25 tahun. “Pandega” sendiri mempunyai makna “ahli”atau “pemuka”, bisa juga “penggerak”. Pandega mempunya kelompok kecil yang disebut dengan “Reka”, dimana beberapa “Reka” bisa membentuk “Racana” yang beranggotakan 10 sampai dengan 30 orang yang dipimpin oleh Pradana (Sebutan untuk ketua Racana). Logo PRAMUKA Pandega sendiri didominasi oleh warna coklat tua dan warna coklat PRAMUKA.

Oke, itu tadi 4 tingkatan yang ada di PRAMUKA. Setelah PRAMUKA Pandega, maka ada yang dinamakan dengan Pembimbing. Pembimbing bertugas untuk membimbing setiap PRAMUKA dan mendampingi ketika memepejari hal baru mengenai PRAMUKA.

Kemudian untuk PRAMUKA Penegak dan PRAMUKA Pandega, mempunyai sebuah kode yang disebut dengan Satya PRAMUKA dan Darma PRAMUKA.

Dari keempat tingkatan PRAMUKA diatas, juga akan membedakan kegiatan Kepramukaan yang dapat diambil.

Oke itu tadi artikel yang menjelaskan tentang tingkatan dalam gerakan PRAMUKA, semoga setelah membaca artikel ini, Anda bisa mendapatkan sebuah insight positif. Demikian, semoga bermanfaat dan sampai jumpa diartikel yang lainnya.

Foto: gudepmandautalawang

Digiqole ad

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *