fbpx

Terungkap! Sebab Mengapa Kita Wajib Mengikuti Pramuka

 Terungkap! Sebab Mengapa Kita Wajib Mengikuti Pramuka

Pramuka merupakan salah satu kegiatan wajib yang dilakukan semasa kita bersekolah dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Mengapa kita wajib mengikuti Pramuka merupakan salah satu bentuk tujuan dan manfaat yang aan dikemukakan di dalam artikel ini. Mengenai pengertian pramuka sendiri, terdapat kesalahan pemahaman mengenai definisi pramuka.

Di dalam masyarakat, terdapat miskonsepsi mengenai perbedaan antara Pramuka, kepramukaan dan gerakan pramuka di Indonesia. lantas, apa yang dimaksud dengan Pramuka ? Pramuka merupakan semua anggota yang menjadi bagian dari Gerakan Pramuka Indonesia. adapun anggota Gerakan Pramuka Indonesia terdiri dari beberapa anggota, seperti Pramuka Penegak, Pramuka Pandega, dan Pramuka Penggalang.

  • Sejarah Pramuka di Indonesia

Pramuka di Indonesia sudah berdiri sejak lama. Untuk lambangnya sendiri, Gerakan Pramuka Indonesia memiliki lambang yang berbentuk tunas kelapa muda yang dikelilingi oleh padi dan kapas. Kenapa lambang Pramuka itu tunas kelapa? Pemilihan tunas kelapa sebagai lambang Gerakan Pramuka Indonesia memiliki makna Sejak sekolah dasar, kita sudah dikenalkan dengan kegiatan Pramuka. Pramuka sendiri merupakan singkatan dari Praja Muda Karana.

Pramuka sendiri merupakan salah satu kegiatan yang menjadi agenda wajib yang dilakukan setidaknya satu hari dalam seminggu. Biasanya, dalam seminggu, akan dipilih satu hari di mana hari semua siswa mengikuti kegiatan Pramuka di sekolah mereka.

Di dunia internasional, gerakan Pramuka pertama kali dicetuskan oleh seorang tokoh yang bernama Robert Stephenson Smyth aden-Powell. Tokoh ini biasa dikenal dengan nama Baden-Powell.

Mengapa kita wajib mengikuti Pramuka
Foto pelantikan @dkranggeraja

Ia merupakan tokoh yang dikenal sebagai pelopor pergerakan pramuka di Inggris. Pada tahun 1918. Ia mendirikan sebuah kegiatan yang bernama Rover Scout. Kegiatan ini menyebar ke banyak negara dan menjadi cikal bakal terbentuknya gerakan pramuka di seluruh negara di dunia.

  • Lambang Gerakan Pramuka Indonesia

Tunas kelapa muda dipilih sebagai lambang gerakan pramuka indonesia. Lambang tersebut diciptakan oleh seorang tokoh yang berasal dari Departemen Pertanian yang bernama Soehardjo Admoputro pada tanggal 14 Agustus 1961 dan kemudian lambang tersebut ditetapkan melalui surat Kwarnas gerakan pramuka no.06/KN/72 tahun 1961. Adapun arti dan makna dari lambang gerakan pramuka Indonesia adalah sebagai berikut

Buah nyiur atau tunas kelapa muda memiliki arti generasi baru. Buah tersebut merepresentasikan setiap anggota dari gerakan Pramuka Indonesia yang merupakan generasi muda. Terdapat lima titik di bawah tunas kelapa yang menggambarkan kelima sila di dalam Pancasila.

Tunas kelapa dikelilingi oleh kapas yang mengindikasikan kebutuhan akan sandang dan padi yang mengindikasikan kebutuhan akan pangan. Adapun warna yang dipilih bervariasi tergantung kegiatan dan situasi. Warna yang dipilih terdiri dari merah, hitam, kuning dan putih.

  • Tujuan dan Manfaat ikut Pramuka

Tujuan dan manfaat dari pramuka merupakan bukti mengapa kita harus mengikuti pramuka sejak dini.

Adapun tujuan dari mengikuti gerakan pramuka adalah membentuk kepribadian dan atau karakter serta akhlak dari setiap generasi muda, khususnya generasi muda yang mengikuti kegiatan gerakan pramuka indonesia, menanamkan kepada setiap anggota gerakan pramuka mengenai rasa cinta terhadap tanah air, bangsa dan negara sehingga timbul sikap patriotisme di dalam setiap generasi muda, khususnya yang mengikuti kegiatan gerakan pramuka Indonesia dan yang terakhir adalah Pramuka bertujuan untuk mengenali dan mengetahui serta menggali potensi yang ada di setiap anggota.

Diharapkan, dengan mengenal potensi diri, para anggota gerakan pramuka Indonesia dapat melakukan kontribusi terhadap masyarakat, kemajuan bangsa dan negara sehingga setiap anggota gerakan pramuka Indonesia menjadi agen pemberdaya peradaban bangsa dan negara yang aktif, berakhlak dan bermanfaat. Tujuan dan manfaat ikut pramuka menjelaskan mengapa pramuka dapat melatih kita menjadi anak yang mandiri. Selain itu, mengapa kita wajib mengikuti pramuka sejak dini karena dapat membentuk mental survival sejak kecil sehingga kita memiliki daya juang yang tinggi.

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *