fbpx
 Kamu Pramuka? Yuk Pahami Materi Wawasan Pramuka Ini

Kamu Pramuka? Yuk Pahami Materi Wawasan Pramuka Ini

Pramuka merupakan kegiatan yang menyenangkan dilakukan bersama-sama dan tentunya dapat mendidik generasi bangsa, namun jangan lupa kamu juga harus kenal dengan materi wawasan pramuka, nah loh apakah kamu sudah memahami mengenai materi wawasan pramuka? Yuk kita simak bersama!

Dilihat dari kata pramuka merupakan suatu singkatan dari Praja Muda Karana, yang dapat diartikan sebagai Rakyat Muda yang suka berkarya.

Hal demikian berkaitan dengan pengertian Pramuka yang diartikan sebagai suatu golongan ataupun rakyat yang terdiri dari beberapa anggota dengan berbagai tingkatan. Nah, adapun tujuan pramuka sendiri yaitu diharapkan generasi bangsa dapat terbentuk menjadi pribadi yang mandiri dengan disiplin ilmu yang tinggi.

Adapun pembagian dari beberapa tingkatan pramuka dilihat dari usia anggota pramuka seperti berikut ini

  1. Tingkatan Siaga, merupakan seorang anggota yang berusia 7-10 tahun.
  2. Tingkatan Penggalang, merupakan kelompok usia 11-15 tahun
  3. Tingkatan Penegak, merupakan kelompok usia 16-20 tahun.
  4. Tingkatan Pandega, merupakan kelompok usia 21-25 tahun.

Dari berbagai tingkatan pramuka, nama tingkatan dalam pramuka memiliki sejarah tersendiri seperti sejarah pramuka penggalang, dinamakan penggalang sesuai dengan kiasan pada masa penggalangan perjuangan bangsa Indonesia, pada saat rakyat Indonesia menggalang serta berusaha menyatukan dirinya untuk mencapai kemerdekaan. Dengan adanya gerakan “ Soempah Pemoeda” pada tahun 1928 yang menjadi latar belakang penamaan tingkatan pramuka penggalang.

Materi Wawasan Pramuka

Walaupun dikatakan sebagai pendidikan non formal kegiatan gerakan pramuka mempunyai tujuan mulia dalam menddik anak-anak dan pemuda generasi bangsa Indonesia, berikut ini akan dijelaskan lebih  mengenai  tujuan gerakan pramuka diantaranya,

  1. Untuk membangun suatu karakter atau keahlian didalam suatu generasi muda Indonesia
  2. Untuk menggali suatu potensi di dalam diri suatu generasi bangsa
  3. Untuk menjadikan generasi bangsa kreativ dan inovatif untuk lebih baik lagi yang dapat bermanfaat bagi nusa, bangsa dan Negara.

Agar kamu dapat memahami lebih apa itu pramuka , kamu bisa merujuk beberapa pengertian pramuka menurut pendapat ahli. Disimak baik-baik yah!

  1. Kak Joko Mursitho, menurut beliau pramuka merupakan kegiatan yang menarik yang dapat dilakukan di luar lingkungan sekolah dan diluar lingkungan suatu keluarga yang dapat membentuk watak peserta didik.
  2. Pramuka dalam pemaparan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI Tahun 2014 meyebutkan bahwa pramuka suatu kegiatan yang menyenangkan dan mendidik bagi generasi bangsa, yang dapat dilakukan diluar sekolah dengan tujuan,prinsip dasar, dan metode pendidikan tertentu yang dikembangkan .
  3. Menurut KBBI sendiri pramuka merupakan organisasi bagi generasi muda yang dapat mampu mendidik anggotanya dengan ketrampilan, kepercayaan pada diri sendiri , saling tolong menolong dan lain sebagainya.

Tingkatan Pramuka sesudah penggalang yaitu pramuka penegak, disebut pramuka penegak karena disesuaikan dengan kiasan pada saat masa penegakan kemerdekaan bangsa Indonesia. Materi pramuka penegak tidaklah jauh berbeda dengan pramuka penggalang yakni Trisatya dan Dasadarma dengan materi wajib dikuasai mengenai sejarah dan makna Gerakan Pramuka dengan tetap pada hakekatnya semua aspek kehidupan yang dipelajari pramuka penggalang..

Dengan begitu maksud dan tujuan pramuka dapat tersampaikan yaitu dalam kegiatan pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda dengan tujuan membentuk generasi muda yang unggul, kompetin dan berbudi pekerti luhur

Begitupula dengan pramuka SD atau sering disebut pramuka siaga yang berusia 7-10 tahun materi dalam pramuka siaga juga masi berkaitan dengan maksud dan tujuan pramuka sendiri  yang berlandaskan dasar-dasar moral sebagai berikut

  1. Pengembangan spritual, lebih mengutamakan dasar-dasar nilai dalam memperkuat keimanan
  2. Pengembangan emosional, mengendalikan rasa malu dan rasa tidak aman
  3. Pengembangan sosial, mengajarkan tentang kepemimpinan dan bekerjasama dalam tim

Nah kita seharusnya  mengenal lebih dekat dengan bapak pendiri pramuka sedunia Robert Stephenson Smyth Baden Powell dan bapak pramuka Indonesia Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang telah mengenalkan pramuka hingga ketanah air

Dengan beberapa kegiatan pramuka yang menyenangkan dan mendidik generasi bangsa , kegiatan yang menambah wawasan materi pramuka juga seringnya diajarkan lebih seru disekolah loh , jadi jangan malas mengikuti dan belajar wawasan materi pramuka yah!

 

Foto @graskaju.scout_ ⁣⁣⁣

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *