Atribut Pramuka Penggalang: Bentuk dan Tata Cara Pemakaian

Bagikan artikel ini yuk!

Pemasangan atribut Pramuka Penggalang di seragam Pramuka, tentu saja memiliki tata cara dan aturannya sendiri. Setiap anggota tidak bisa memasangnya secara asal, karena memang sudah ada peraturan yang berlaku.

Nah, berbagai tanda pengenal alias atribut yang dipasang pada pakaian anggota Pramuka Penggalang itu juga cukup banyak. Bukan hanya pada pakaiannya saja, namun juga ada beberapa atribut yang dipasang di penutup kepala. 

Pemakaian Atribut Pramuka Penggalang

Mungkin bagi yang baru saja masuk menjadi anggota Pramuka Penggalang, belum tahu tentang pemasangan atribut tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut ini bentuk dan juga cara pemasangan atribut pada Pramuka Penggalang yang benar.

1. Tanda Tutup Kepala

Tanda tutup kepala untuk Pramuka Penggalang adalah segi delapan untuk putra dan lingkaran untuk putri, dengan warna dasar merah. Untuk putra dipasang di bagian kiri kabaret Pramuka, sementara untuk putri di bagian depan topi Pramuka.

2. Tanda Pandu Dunia (WOSM)

Tanda Pandu Dunia (WOSM) memiliki warna dasar ungu. Untuk anggota putra bentuknya persegi, dan dipasang pada dada sisi kanan. Sementara Untuk putri bentuknya lingkaran, dan dipasang pada kerah baju kanan.

3. Tanda Pelantikan

Tanda pelantikan ini berbentuk lingkaran dan berwarna dasar cokelat tua. Untuk anggota putra, dipasang pada dada bagian kiri, tepatnya di bawah lipatan baju. Sedangkan putri di pasang pada kerah baju di sebelah kiri

Atribut Pramuka Penggalang
Atribut Pramuka Penggalang. Foto handdony

4. Papan Nama

Papan nama memiliki warna dasar cokelat muda. Baik untuk anggota putra ataupun putri, dipasang pada dada sebelah kanan di atas lipatan baju, tepatnya di bagian bawah tanda pandu dunia (WOSM).

5. Tanda Lokasi Kwarcab

Tanda Lokasi Kwarcab memuat nama dari kwartir cabang (Kabupaten/Kota) dimana anggota pramuka tersebut tinggal. Baik untuk putra maupun putri, dipasang pada lengan baju kanan, sisi paling atas.

6. Tanda Gugusdepan

Tanda Gugus Depan memuat nomor gugus depan dari anggota Pramuka tersebut. Untuk anggota putra dan putri, dipasang pada lengan baju kanan, tepatnya di bagian bawah Tanda Lokasi Kwarcab. 

7. Lencana / Badge Daerah

Lencana / Badge Daerah berisikan lambang kwartir daerah di mana anggota Pramuka tersebut tinggal. Dipasang pada lengan baju pramuka kanan, tepatnya di bagian bawah Tanda Gugusdepan.

8. Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Penggalang

Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Penggalang, terdiri dari tiga bentuk sesuai dengan tingkatan TKK, yaitu persegi (madya), segilima (utama), dan lingkaran (purwa). Baik untuk putra ataupun putri, dipasang pada lengan baju sebelah kanan, melingkari Lencana / Badge Daerah.

9. Tanda Jabatan

Tanda Jabatan terdiri dari tanda Pemimpin Regu, Wakil Pemimpin Regu, atau Pratama, dengan bentuk semacam balok warna merah bersusun satu, dua, atau tiga. Di pasang pada dada bagian kanan, tepatnya di bawah lipatan baju. atribut Pramuka Penggalang

10. Tanda Regu

Tanda Regu ini memiliki bentuk persegi dengan gambar sesuai dengan nama regunya. Baik itu untuk anggota putri ataupun putra, atribut di Pramuka Penggalang ini dipasang pada lengan baju sebelah kiri atas.

11. Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penggalang

Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penggalang terdiri dari tiga tingkatan, yakni Terap, Rakit, serta Ramu. Untuk pemasangan atribut TKU ini, dilakukan pada lengan baju sebelah kiri, tepatnya di bagian bawah tanda regu.Selain beberapa atribut Pramuka Penggalang yang sudah disebutkan di atas, anggota juga bisa memasang beberapa atribut lain, seperti tanda penghargaan, tanda keikutsertaan, lencana, dan lain sebagainya. Pemasangan atribut tambahan tersebut juga harus sesuai dengan aturan yang berlaku.

Ini tadi sedikit materi atribut Pramuka Penggalang semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini yuk!
Pramuka Update
Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882

Tinggalkan Balasan