Tanda Jabatan Pramuka Setiap Tingkatan (Siaga, Penggalang, Penegak, dll

Bagikan artikel ini yuk!

Dalam Gerakan Pramuka, pengurus dan pemimpin setiap regu tentunya mempunyai tanggungjawab yang besar. Oleh karena itu, baik untuk pengawas maupun pemimpin regu akan menambahkan tanda jabatan Pramuka sebagai kelengkapan atribut di serangkam Pramuka yang dikenakan.

Tanda jabatan ini dikenakan untuk menunjukkan kewenangan serta tanggungjawab yang harus diemban. Bahkan, setiap tingkatan Pramuka memiliki tanda jabatannya masing-masing. Lalu apa saja tanda jabatan Pramuka yang ada saat ini, berikut penjelasannya.

Maksud dan Tujuan Penggunaan Tanda Jabatan

Maksud dan Tujuan Penggunaan Tanda Jabatan Pramuka

Sebelum masuk ke pembahasan yang utama, ada baiknya kita membahas dulu maksud dan juga tujuan dari penggunaan tanda jabatan sebagai atribut di seragam Pramuka. Pasalnya tidak sembarang anggota bisa mengenakan tanda jabatan tersebut.

Nah, jadi Pramuka sendiri merupakan organisasi kependidikan kepanduan yang memiliki tujuan untuk mengembangkan berbagai macam kecerdasan yang ada pada diri setiap anggotanya. Salah satunya agar mampu memimpin diri sendiri dan juga orang lain dalam bentuk tim.

Oleh sebab itu, seorang pemimpin pun setidaknya harus punya kecerdasan seperti intelektual, emosional, serta sosial. Hal ini dilakukan karena pemimpin berpengaruh besar pada tim yang dipimpin, terutama untuk mengambil tindakan dan keputusan yang paling tepat.

Seperti yang sebelumnya sudah dikatakan, pemimpin sendiri adalah seseorang dengan tugas dan tanggungjawab yang tidak bisa diremehkan. Tugas serta tanggungjawabnya membutuhkan pemikiran dan serta tangan yang kreatif, inovatif, dan juga terampil.

Maka dari itu, seorang pemimpin memerlukan suatu motivasi dan gairah yang lebih, bahkan jauh lebih tinggi dari anggota yang lain. Dalam hal ini, Gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan sudah mengenalkan sebuah tanda jabatan untuk seseorang yang memimpin regu.

Maksud dan tujuan dari pemberian tanda jabatan ini, yakni untuk menunjukkan tugas serta tanggung jawabnya. Selain itu, tanda jabatan ini juga dinilai akan meningkatkan rasa percaya diri pemakainya. Sehingga gairah dan motivasi untuk menghasilkan pikiran kreatif dan bijak bisa meningkat.

Tanda Jabatan Pramuka Siaga

 

Dalam pramuka, setiap barung (regu/kelompok) memiliki jumlah anggota antara 5 hingga 10 orang. Di dalam satu barungnya, nantinya ada satu pemimpin barung. Tanda jabatan yang akan dikenakan untuk pemimpin bari itu bentuknya balok dan terbuat dari kain, baik itu untuk barung putra maupun putri.

Nah, simbol atau bentuk balok tersebut memiliki warna hijau, dan disematkan pada seragam Pramuka pemakaiannya. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini penjelasan dari tanda jabatan untuk pemimpin barung dalam Pramuka Siaga.

1. Pemimpin Barung Utama (Sulung)

Setiap barung Pramuka Siaga diwajibkan mengusulkan salah satu anggotanya untuk jadi sulung alias pemimpin barung utama. Nah, seorang sulung akan menggunakan tanda jabatan yang bentuknya berupa tiga balok dengan warna hijau.

2. Pemimpin Barung

Bisa dibilang jika jabatan sebagai pemimpin barung ini di bawah Sulung persis, namun tetap memiliki tanda jabatan sendiri. Jadi, seorang pemimpin barung memiliki tanda jabatan berupa dua balok yang warnanya hijau. Tanda tersebut sebagai simbol dari tanggung jawabnya di dalam suatu barung.

3. Wakil Pemimpin Barung

Bukan hanya pemimpin barung utama dan pemimpin barung saja, namun wakil pemimpin barung juga memiliki tanda jabatannya sendiri. Untuk wakil pemimpin barung, akan mengenakan tanda berupa satu balok berwarna hijau pada atribut seragam Pramuka-nya.

Tanda Jabatan Pramuka Penggalang

Kemudian ada Pramuka Penggalang, yang tingkatannya lebih tinggi dari Pramuka Siaga. Biasanya Pramuka Penggalang beranggotakan anak berusia 11 sampai 15 tahun, dan membentuk regu yang jumlahnya antara 5 hingga 10 orang.

Tidak hanya itu, dalam satu seru juga harus ada satu pemimpin regu yang diusulkan oleh anggotanya. Pemimpin regu dan juga wakilnya, juga akan mengenakan tanda jabatan berupa balok yang warnanya merah. Berikut penjelasan tanda jabatan untuk pemimpin dan wakil regu Pramuka Penggalang.

1. Pemimpin Regu Utama (Pratama)

Pemimpin regu utama dalam Pramuka Penggalang, akan menggunakan tanda jabatan dengan tiga balok merah. Tiga balok tersebut tersusun secara vertikal, dan menjadi atribut wajib pada seragam Pramuka yang dikenakan.

2. Pemimpin Regu

Selain pemimpin regu utama (Pratama), dalam Pramuka tingkatan Penggalang juga ada seseorang yang menjadi pemimpin regu. Pemimpin regu ini memiliki tugas dan tanggungjawab untuk memimpin satu ragu, dan mengenakan tanda jabatan berupa dua balok merah vertikal.

3. Wakil Pemimpin Regu

Untuk membantu tugas dan juga tanggung jawab dari seorang pemimpin regu, maka dibutuhkan wakil. Nah, wakil pemimpin regu dalam Pramuka Penggalang juga memiliki tanda jabatan sendiri, yakni berupa satu balok merah sebagai atribut seragamnya.

Tanda Jabatan Pramuka Penegak

Bisa dikatakan jika Penegak merupakan tingkatan yang lebih tinggi dari Pramuka Penggalang. Jumlah anggota dari regu (sangga) dalam Pramuka Penegak, berisikan antara 7 sampai 10 orang. Dari anggota yang ada dalam sangga, akan diambil satu orang untuk menjadi pemimpin sangga.

Sama seperti Siaga dan Penggalang, pemimpin dan wakil dari sangga dalam Pramuka Penegak juga memiliki tanda jabatannya sendiri-sendiri. Pada dasarnya, tanda jabatan untuk Pramuka Penegak adalah balok berwarna kuning.

1. Pradana

Prada adalah pemimpin dari beberapa sangga dalam Pramuka Penegak, sehingga tanggungjawab yang dimiliki tentu saja lebih besar. Hal ini karena seorang Pradana harus bisa memimpin roda organisasi di dalam sebuah Dewan Ambalan.

Agar seorang Pradana bisa lebih bersemangat dan termotivasi untuk memimpin sangga serta Dewan Ambalan, maka diberikan tanda jabatan berupa tiga buah balok berwarna kuning dengan tambahan roda 10 gerigi.

2. Pemimpin Sangga

Di bawah Pradana ada pemimpin sangga, yang tugasnya adalah memimpin 7 hingga 10 orang dalam sangga. Atas tugas dan tanggungjawab yang dimilikinya tersebut, maka akan diberikan tanda jabatan berupa dua buah balok berwarna kuning.

3. Wakil Pemimpin Sangga

Dalam hal ini, wakil berkewajiban untuk membantu pemimpin sangga dalam menjalankan keorganisasian. Pada saat menjalankan tugasnya, wakil pemimpin sangga akan mengenakan tanda jabatan yang berupa satu buah balok warna kuning.

Tanda Jabatan Pengurus Pramuka

Bukan hanya untuk pemimpin dan wakil regu atau sangga saja, namun pengurus juga memiliki tanda jabatan sendiri. Untuk penjelasan secara lebih lanjut, berikut ini beberapa tanda jabatan dari seorang pengurus pramuka.

1. Pengurus Dewan Ambalan/Racana

Tanda jabatan dari Pengurus Dewan Ambalan/Racana berupa roda dengan 10 buah gigi, dan bintang bersudut lima. Tanda tersebut mempunyai makna jika pengurus memiliki tugas untuk menggerakan para seluruh anggota Pramuka untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka.

2. Pengurus Dewan Kerja Penegak dan Pandega

Tanda jabatan Pengurus Dewan Kerja Penegak dan Pandega berupa roda kemudi dengan pegangannya yang berjumlah 10. Tanda ini memiliki arti kiasan jika Pengurus Dewan Kerja Penegak dan Pandega bertugas untuk mengendalikan roda organisasi Pramuka Penegak serta Pandega.

3. Pengurus Dewan Saka

Tanda jabatan Pengurus Dewan Saka berupa roda dengan 10 buah gigi, dengan lambang ciri khas Saka yang terkait. Hal itu mempunyai makna kiasan jika Pengurus Dewan Saka bertugas untuk menggerakkan seluruh anggota Pramuka agar selalu giat untuk melaksanakan kegiatan Saka-nya.

Bagi anggota Pramuka, tanda jabatan Pramuka menjadi sesuatu yang sangat membanggakan. Pasalnya untuk mendapatkan tanda jabatan tersebut juga tidak mudah. Semakin tinggi jabatan dalam keanggotaan Pramuka, maka semakin berat pula tanggungjawab yang harus diemban.

Miliki Tanda Jabatan Pramuka

Untuk membeli aneka tanda jabatan pramuka bisa menghubungi tokopramuka.com

Bagikan artikel ini yuk!
Pramuka Update
Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882