Memaknai Kegiatan Api Unggun pada Pramuka, Sejarah dan Fungsinya

Bagikan artikel ini yuk!

Api unggun menjadi salah satu kegiatan yang kerap dilakukan oleh anggota Pramuka, sebagai sebuah simbol persaudaraan yang kaya makna.

Bagi seorang anggota Pramuka, pasti sudah pernah atau bahkan sering melakukan kegiatan api unggun. Ternyata kegiatan tersebut tidak sekedar menyalakan api di luar ruangan saja, namun memiliki makna yang cukup dalam.

Kegiatan tersebut dapat dikatakan sebagai simbol dari ikatan persaudaraan sesama anggota Pramuka. Biasanya, setelah api dinyalakan maka seluruh anggota Pramuka akan berkumpul dan melakukan kegiatan bersama-sama.

Pengertian dan Makna Api Unggun

Api unggun adalah api yang dinyalakan di luar ruangan dengan cara menyalakan kayu bakar, dahan, daun kering maupun ranting pepohonan. Penyalaan api tersebut dilakukan dengan sengaja untuk keperluan tertentu. 

Biasanya yang melakukan penyalaan api tersebut adalah para pecinta alam ataupun anggota Pramuka yang tengah melaksanakan kegiatan outdoor, seperti berkemah. Secara etimologi artinya yaitu :

  • Api memiliki arti geni, agni, bromo atau latu
  • Unggun berarti tumpukan atau onggokan kayu

Sehingga jika kata api dan unggun disatukan memiliki pengertian serta makna yang dalam, yaitu semangat yang selalu menyala dan kekuatan cahaya. Adapun kekuatan cahaya tersebut memiliki makna persaudaraan dan persatuan yang kuat.

Sejarah Api Unggun

Api yang menyala di luar ruangan tersebut bukan tiba-tiba ada, melainkan melalui sejarah yang lumayan panjang. Menyalakan api dengan kayu, dahan, ranting maupun daun kering tersebut dulunya dipakai sebagai sumber pencahayaan oleh manusia.

Sebelum adanya listrik seperti saat ini, pencahayaan terutama pada malam hari bergantung pada nyala api. Selain untuk pencahayan, fungsi api unggun juga sebagai penghangat tubuh. Api yang unggun itulah juga yang dianggap sebagai dewa oleh bangsa Yunani kuno.

Jadi, sejak kapan sejarah api unggun dimulai, memang tidak ada jawaban yang pasti. Sejak manusia mengenal api dan menggunakannya, sejak itulah perjalanan sejarahnya dimulai.

Api Unggun - outdoor fireplace during nighttime
Photo by Matheus Bertelli on Pexels.com

Fungsi Api Unggun

Dari pengertian di atas dapat diketahui bahwa api yang dinyalakan tersebut bukanlah tanpa tujuan. Penyalaan api di luar ruangan mempunyai fungsi untuk manusia ternasuk bagi anggota Pramuka, yaitu :

  • Alat penghangat tubuh ketika cuaca dingin
  • Alat penerangan dan pencahayaan saat kondisi gelap gulita
  • Alat untuk mengusir binatang buas yang ada di hutan ataupun area terbuka lainnya
  • Alat ketentraman serta kegembiraan

Oleh sebab itu, wajar ketika berkemah para anggota Pramuka menyalakan api, dengan maksud dan tujuan seperti di atas. 

Api Unggun Pramuka Api Unggun
Api Unggun dalam Kegiatan Pramuka

Persyaratan Membuat Api Unggun

Sebagai anggota Pramuka, tidak boleh sembarangan menyalakan api apalagi di luar ruangan. Setiap akan menyalakan api dengan unggun (tumpukan kayu), harus diperhatikan beberapa syarat berikut ini.

  • Pada tempat terbuka dengan area yang cukup luas dan disesuaikan dengan jumlah orangnya.
  • Di tanah lapang yang lumayan kering dan permukaannya datar.
  • Tidak berada di dekat rerimbunan, seperti semak-semak dan rerumputan.
  • Jauh dari tempat pemukiman warga, agar tidak mengganggu masyarakat.
  • Terlindung dari angin kencang, atau tidak di daerah yang banyak anginnya, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, misalnya kebakaran. Tempat yang terlindung dari angin juga dimaksudkan supaya abu bekas pembakaran tidak menyebar kemana-mana.

Syarat-syarat tersebut harus benar-benar diperhatikan oleh setiap anggota Pramuka, supaya kegiatan yang dilakukan tidak justru menimbulkan masalah dan bahaya bagi orang lain. Segera bersihkan tempat bekas menyalakan api, pastikan api sudah benar-benar padam. Api unggun identik dengan kegiatan yang dilakukan oleh Pramuka dan menjadi simbol persatuan. Api yang menyala mewakili semangat berkobar yang tidak mudah padam pada diri setiap anggota Pramuka.

Bagikan artikel ini yuk!
Pramuka Update
Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882

Tinggalkan Balasan