5 Manfaat Pramuka SMA di Sekolah

Bagikan artikel ini yuk!

Meta deskripsi: Pramuka SMA biasanya diadakan di sekolah sebagai kegiatan ekstrakurikuler yang membawa banyak manfaat. Ada beberapa manfaat mengikuti pramuka.

Kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan di sekolah tentu saja membawa banyak manfaat bagi siswanya termasuk kegiatan pramuka SMA. Ternyata pramuka memilikiki banyak peminat, tidak mengherankan karena kegiatan pramuka memang memiliki banyak manfaat bagi para siswanya.

Bahkan di beberapa sekolah ada yang mewajibkan seluruh siswa baru untuk mengikuti ekstra kurikuler pramuka. Sebenarnya ekstra kurikuler lain juga banyak yang bermanfaat, tetapi khusus pramuka ada manfaatnya sendiri yaitu sebagai berikut.

Manfaat Mengikuti Kegiatan Pramuka di SMA

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang artinya adalah “Jiwa Muda yang Suka Berkarya.” Mengikuti ekstra kurikuler pramuka itu ternyata tidak hanya belajar tentang mendirikan tenda atau membuat simpul tali, tetapi ada juga beberapa manfaat lainnya yaitu sebagai berikut: 

1. Melatih Agar Bisa Hidup Mandiri

Jika Anda ingin hidup mandiri sejak di sekolah, Anda bisa mengikuti kegiatan ekstra kurikuler pramuka karena biasanya aktivitasnya dilakukan di luar rumah. Contohnya saja kegiatan perkemahan yang biasa dilakukan di alam terbuka. 

Ketika berkemah, setiap siswa pasti diminta untuk mengurus dirinya sendiri. Kondisi ini akan membantu Anda untuk berlatih hidup menjadi lebih mandiri, jadi tidak bisa kalau bergantung pada orang lain terus. 

2. Membangun Sifat Gotong Royong

Manfaat berikutnya dari pramuka SMA adalah dapat melatih sifat gotong royong. Ini adalah manfaat yang jarang didapatkan jika mengikuti kegiatan ekstra kurikuler lainnya di sekolah. Sifat gotong royong yang hilang seiring dengan semakin canggihnya zaman harus tetap diasah. 

Contohnya saja adalah ketika hendak membangun tenda, pasti setiap anak akan saling membantu mendirikan tenda yang benar, dan ini adalah wujud dari sifat gotong royong. Ada juga kegiatan lain yang memupuk sifat gotong royong yaitu memasak dan mencuci piring. 

Melakukan kegiatan tersebut tentu secara tidak langsung akan membuat siswa mau berinteraksi dengan siswa lainnya, jadi mendekatkan siswa yang dulunya tidak akrab. 

3. Belajar Semakin Mencintai Alam

Manfaat berikutnya dari kegiatan pramuka SMA yaitu untuk mengajak siswa-siswi semakin mencintai alam sekitar. Hal ini dikarenakan sebagian besar kegiatan pramuka dilakukan di alam terbuka sehingga siswa dapat mengenal alam serta tahu bagaimana cara merawatnya. 

Semakin kenal siswa dengan alam, maka semakin besar pula keinginannya untuk merawat dan mencintai alam, sehingga siswa tidak akan merusak alam tersebut. Pembina pramuka dapat mengajari siswa bagaimana cara menjaga kelestarian alam. 

Pramuka SMA Pramuka SMA
Kegiatan Pramuka Penegak SMA – kopastrijascout_

4. Menerapkan Sifat Disiplin

Disiplin adalah sifat yang sudah jarang ditemukan dalam diri siswa zaman sekarang. Oleh karena itu untuk menanamkan kembali sifat disiplin, maka diadakanlah kegiatan pramuka di sekolah. Biasanya, kegiatan pramuka memiliki jadwal yang padat dan tertib. 

Selain itu, semua siswa juga harus mematuhi peraturan yang telah ditetapkan tanpa terkecuali, apabila melanggar maka akan dikenakan sanksi. Hal ini tidak lain adalah untuk menanamkan sifat disiplin dalam diri siswa sehingga bisa menghargai waktu yang ada. 

Seperti waktu untuk mengerjakan tugas dan beristirahat, biasanya telah ditentukan langsung oleh pembina pramuka. 

5. Belajar Jadi Pemimpin

Manfaat pramuka anak SMA adalah untuk melatih siswa dalam memimpin anggotanya. Biasanya, pembina akan meminta siswa untuk membuat regu dan setiap regu ada pemimpinnya. Hal ini sangat bermanfaat ketika nantinya di masa mendatang bisa menjadi seorang pemimpin. 

Seorang pemimpin yang tangguh itu sudah dilatih sejak dini. Ilmu yang didapat ketika memimpi regu pramuka akan menjadi bekal kelak saat dewasa. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan pramuka SMA salah satunya adalah melatih kemandirian. Anak SMA masih sering bergantung pada orangtuanya, oleh karena itu agar bisa semakin mandiri tidak ada salahnya untuk bergabung di pramuka.

Apa Manfaat Mengikuti Kegiatan Pramuka di SMA?

Melatih Agar Bisa Hidup Mandiri, Membangun Sifat Gotong Royong, Belajar Semakin Mencintai Alam, Menerapkan Sifat Disiplin & Belajar Jadi Pemimpin

Mau order perlengkapan Pramuka SMA?

Order yuk di distro pramuka! toko pramuka lengkap di Indonesia.

Bagikan artikel ini yuk!
Pramuka Update
Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882

Tinggalkan Balasan