Apa Bener Pramuka Gak Guna?

Pramuka Gak Guna? – Akhir-akhir ini kami menemukan postingan maupun komentar miring soal pramuka di group pramuka maupun sosial media. Kok ya ada waktu banget ya mikirin orang lain hehe.. sampai sebegitunya…apa kehidupannya seloww gak punya target hidup hmm…

Memang sih hal ini sudah penulis temukan sejak aktif di sosial media mulai tahun 2011, kalau kamu kenal jurnaljambore salah satu group pramuka yang aktif di masa itu, selalu ada aja postingan yang menjelekkan pramuka.

Sebagai contoh sih postingan terbaru ini, rasa-rasanya sih risih juga kalau ngebaca. apalagi akhir bulan.. dompet lagi tipis.. pengen rasanya di ajak jurit malam… jalan 10km hehe… gempor boo..


Postingan tersebut tentu saja di post oleh akun kloningan atau akun palsu dengan identitas diri yang gak jelas, maupun foto profil yang asal comot. Tak perlu di tanggapin berlebihan. Cukup laporkan saja ke admin group biar disikat, eh maksudnya di banned dan dikeluarkan dari group. Sangat di sayangkan karena generasi muda kok bahasanya udah seperti itu,… mau di bawa kemana bangsa ini..

Bilang pramuka gak guna, tapi kenapa masih sempat-sempatnya ngehina pramuka dengan sosial media.. berapa waktu yang digunakan untuk ngepost. Ini pola pikirnya gimana, ibarat kamu udah putus… masih aja jelekin mantan sama temen nongkrong kamu.

Kepemimpinan, kedisiplinan, kerjasama, lo kira ini cuman main-main.. eh main-mainnya anak TK kan juga bisa mendorong kreatifitas cuy.. ya gak sih…? tapi kalau udah dewasa ya tentu.. bisa merelaksasi pikiran.. kecuali lo sepaneng jadinya menganggap kegiatan pramuka gak guna.

pramuka gak guna
Pramuka Berprestasi

Ketika kita gak serius mendalami sebuah pelajaran, tentu saja ilmunya gak akan masuk. Apalagi menghormati guru itu salah satu adab dan cara agar ilmu bisa masuk ke pemikiran kita. Jadi… hormati guru sayangi teman itu tandanya anak berprestasi… (dinyanyiin.. kalau gak tau buka youtube)

Banyak tokoh besar yang lahir karena ditempa di pramuka. Kita bisa melihat kegiatan pramuka berjalan di semua lingkungan. Saya ambil contoh di Pondok Pesantren Gontor di Jawa Timur. Sering mengadakan kegiatan gugus depan, berpartisipasi dalam kegiatan Kwartir Daerah, ikut menyemarakkan Jambore Nasional bahkan berpartisipasi kegiatan Internasional.

Itu artinya pramuka sangat besar manfaatnya. Hingga dari pihak yayasan/ gudep mendukung kegiatannya. Memang tidak ada yang gratis jika kita ingin bertumbuh. Di pramuka diperlukan juga pengorbanan dari fisik maupun finansial (uang) inilah kehidupan. Tapi yakinlah apa yang kita pelajari di pramuka itu banyak manfaatnya.

Mungkin bukan sekarang kamu akan memetik apa yang telah kamu pelajari di pramuka. Tapi suatu saat kamu akan teringat besarnya manfaat dari berkegiatan pramuka. Kita perlu luruskan kembali, kegiatan pramuka gak guna itu jika kamu gak dapat ilmu di dalamnya. Semestinya kamu memberikan masukan kepada pembina apabila kegiatan pramukanya monoton dan membosankan.

Berpatisipasi aktif dengan kritik saran itu perlu, namun jangan menghina dan merendahkan. Apabila ada kegiatan yang kurang pas, sebaiknya diluruskan di perbaiki, jangan di lanjutkan. Jangan sampai dalih latihan fisik harus selalu dengan hukuman yang berat atau berkotor-kotoran.. namun jika disitu ada unsur permainan dan pendidikan ada baiknya kamu mengetahuinya.

Jadi kesimpulannya apa benar Pramuka Gak Guna? emm.. gini-gini.. pramuka merupakan kegiatan yang menyenangkan. Ada kalanya kita seirus ada waktunya juga serius santai, bisa ketawa haha-hihi di waktu latihan dengan padatnya jadwal pelajaran. Melepas penat dengan permainan, melatih kerjasama dengan adanya regu dan sangga. Pramuka banyak manfaatnya ketika kamu ikhlas dan mau mengikuti kegiatan ini rutin, tentu saja aktif berpatisipasi.

 

Jika artikel ini menggugahmu, tolong bantu share… terkhusus bapak ibu guru maupun orang tua yang belum mendukung kegiatan pramuka.

Sahabatmu,
@kakmaruf

 

foto sampul : DesiR

baca juga : Contoh Materi Kepramukaan Wajib

Klik Gambarnya kalau mau beli..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *