fbpx

Aksi Pramuka Lawan Corona

 Aksi Pramuka Lawan Corona

Salam Pramuka –  Virus corona(covid-19) pertama kali ditemukan di Wuhan, Cina pada bulan Desember 2019. Virus (covid-19) menyebar cepat ke berbagai negara termasuk Indonesia. Hal ini menyebabkan pemerintah menerapkan kebijakan untuk menekan penyebaran virus ini. Sebagai anak pramuka kita dapat ikut membantu pemerintah untuk menekan penyebaran virus corona covid-19. Lantas apa saja yang bisa dilakukan anak pramuka sebagai kontributor aksi pramuka lawan corona?

 

  1. Mengonsumsi vitamin E, vitamin C, dan madu

Vitamin E, C, dan madu memiliki manfaat berupa meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung zat seperti antioksidan. Antioksidan ini berperan penting terhadap produksi kolagen dan karnitin yang berkontribusi terhadap peningkatan dan pertahanan kekebalan tubuh. Jangan khawatir, alam telah menyediakan vitamin E dan C yang banyak ditemukan dalam buah dan sayur-sayuran.

  1. Segera mengganti baju yang digunakan untuk aktivitas dari luar rumah.

Kita tidak tahu benda apa saja yang dapat menempel di baju kita setelah beraktivitas di luar rumah. Benda menempel tersebut ada yang bisa dilihat dengan mata maupun tidak. Berbagai benda seperti kotoran, virus, dan debu menempel di baju maupun badan. Untuk membersihkan kotoran yang menempel di baju maka baju dapat dicuci menggunakan deterjen. Adapun untuk menghilangkan kotoran yang menempel di badan dapat dilakukan dengan mandi. Badan menjadi segar kembali bukan?

  1. Mencuci tangan dengan sabun

Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang banyak menyentuh benda. Sehingga paparan virus, bakteri, maupun makhluk mikro banyak terdapat di tangan. Untuk menjaga kebersihan tangan maka satu langkah sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan mencuci tangan dengan sabun.

Cuci Tangan Pakai Sabun – foto ig djibun_
  1. Bila tidak ada sabun dapat menggunakan hand sanitizer

Dalam kondisi darurat yang menyebabkan tidak adanya air dan sabun maka kita bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan.

  1. Perilaku hidup sehat

Contoh perilaku hidup sehat yaitu makan makanan yang bergizi, olahraga, dan tidur yang cukup. Tidur yang cukup memiliki peran penting dalam pembentukan imunitas tubuh.

  1. Mengurangi intensitas kegiatan yang bertemu banyak orang

Pemerintah  saat ini sedang menggalakkan program physical distancing atau menjaga jarak. Jaga jarak ini berfungsi untuk menekan penyebaran virus dari satu orang ke orang lain. Nah, kegiatan yang bertemu banyak orang misalnya rapat untuk saat ini dikurangi bahkan ditiadakan saja ya untuk menekan penyebaran virus. Bahkan sekolah dan kampus telah memberlakukan sistem daring untuk kegiatan belajar. Sistem daring juga bisa diterapkan saat rapat ataupun sekedar menjalin silaturahmi dengan kerabat.

  1. Menggunakan masker kain saat di luar rumah

Sekarang mudah ditemukan masker kain mulai dari 2 lapis hingga 3 lapis. Bahkan banyak penjahit melakukan berbagai inovasi untuk membuat masker. Mulai dari masker 2 lapis yang bisa disisipi tisu ditengahnya untuk memaksimalkan fungsi menyaring benda asing. Hingga berbagai model masker yang tradisional hingga trendi. Semuanya memiliki fungsi sama yaitu melindungi hidung dan mulut dari virus corona yang penyebarannya melalui droplet (tetesan).

Aksi Pramuka Lawan Corona
Pramuka Pakai Masker – ig efsya1009
  1. Membersihkan rumah secara rutin menggunakan desinfektan

Perlu diingat bahwa desinfektan digunakan untuk benda mati. Bukan untuk manusia. Kandungan klorin dalam desinfektan menyebabkan iritasi pada kulit manusia. Seyogyanya desinfektan tidak digunakan untuk menyemprot manusia namun benda mati seperti meja atau kursi.

 

Delapan aksi pramuka sederhana dengan efek yang luar biasa dapat menekan dan lawan penyebaran virus corona saat ini. Pramuka hebat, sudah sampai sejauh mana aksimu?

 

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *