Pramuka Hebat, Itukah Kamu?

Salam Pramuka! Halo Sobat Pramuka, kamu pasti langsung dikenali lewat seragam yang dikenakannya. Coklat muda dan coklat tua. Wah wah semua orang di negeri kita Indonesia pasti tahu bahwa kamu adalah anggota dari gerakan pramuka.

Kenapa warna seragam pramuka itu berwarna cokelat muda dan cokelat tua? Tidak warna lain seperti abu-abu misalnya. Ternyata, warna tersebut merupakan salah satu warna yang digunakan oleh para pejuang negeri kita saat masa perang. Pasti bangga dong memakainya. Nah, pramuka yang hebat itu anak Pramuka yang bagaimana sih? Simak terus artikel ini yaaa.

 

  1. Pramuka Yang Hebat Itu Taat Pada Agamanya

Pramuka hebat pasti taat pada agama yang dipeluknya. Misalnya, pramuka muslim sering ke masjid untuk menunaikan kewajibannya. Begitupun dengan pramuka non muslim. Sering ke tempat ibadah juga. Pramuka yang hebat pasti taat dengan ajaran-ajaran Tuhannya. Jiwa pramuka yang hebat pasti melibatkan Tuhan dalam segala urusannya. Urusan dari yang besar hingga urusan yang kecil.

  1. Pramuka Hebat Mencintai Alam dan Sesama Manusia

Alam merupakan salah satu makhluk Tuhan yang juga perlu dicintai oleh kita, makhluk Nya juga. Tidak cuma ke sesama manusia saja. Kejadian seperti banjir, tanah longsor adalah akibat dari tingkah kita yang tidak mencintai alam. Sampah-sampah dibiarkan menyumbat saluran air sehingga menyebabkan banjir. Contoh yang lain adalah hutan. Hutan merupakan bagian dari alam. Hutan yang tidak dicintai kemudian dibiarkan gundul menyebabkan petaka. Saat hujan tiba, air akan melewati lapisan tanah. Air tidak dapat tertahan oleh kukuhnya akar pada pohon. Akibatnya longsor terjadi. Sebagai manusia tentu kita adalah makhluk sosial. Makhluk yang membutuhkan orang lain. Mencintai sesama manusia berarti menghargai kedudukan antar sesama.

Anggota Pramuka

  1. Pramuka Hebat Memiliki Jiwa Sopan dan Ksatria

Pramuka hebat memiliki unggah-ungguh bahasa yang baik, menghargai orang yang lebih tua atau singkatnya disebut sopan. Menurut KBBI, kesatria adalah orang yang gagah berani, pemberani. Misalnya, berani mengambil keputusan. Berani melaksanakan keputusan dengan baik dan tuntas.

  1. Pramuka Hebat Memiliki Sifat Patuh dan Suka Bermusyawarah

Pramuka yang hebat memiliki sifat yang patuh. Patuh terhadap nasihat kakak Pembina, orangtua, juga guru di sekolah. Karena, mereka pasti memberikan saran terbaikĀ  yang dimilikinya. Tidak mungkin kan mereka akan menjerumuskan anak ataupun anak didiknya?

  1. Pramuka Hebat itu Suka Menolong dan Tabah

Sesama anggota pramuka pasti pernah mengalami kesulitan dalam melaksanakan kegiatan. Kesempatan yang baik sebagai anggota pramuka yang lainnya. Memberikan bantuan pertolongan misalnya. Mengaplikasikan materi PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat) saat anggota pramuka lainnya kecelakaan. Tentunya, ilmu yang didapatkan dalam kegiatan pramuka akan bermanfaat karena diamalkan.

  1. Pramuka Hebat itu Rajin, Terampil, dan Gembira

Seorang anggota pramuka tentunya memiliki sifat seperti rajin, terampil, dan gembira. Rajin mengikuti latihan rutin pramuka, terampil dalam memasang patok tenda, segala macam simpul tali temali, juga gembira. Gembira tatkala handuk yang dijemur saat kemah namun ternyata kehujanan. Gembira mengemban amanah tugas yang diberikan. Gembira ketika kegiatan dilakukan. Gembira ketika menolong anggota lain yang kesusahan.

  1. Pramuka Hebat itu Hemat, Cermat, dan Bersahaja

Aplikasi hemat, cermat, dan bersahaja ternyata banyak diterapkan saat kegiatan kemah. Hemat dalam menggunakan uang saku. Cermat ketika mengerjakan soal tiap pos dari panitia penyelenggara. Juga tampil bersahaja seperti anggota pramuka yang lainnya.

  1. Pramuka Hebat itu Disiplin, Berani, dan Setia

Pramuka yang hebat pasti disiplin dalam berkegiatan, berani dalam menyelesaikan tantangan, dan setia kepada temannya.

  1. Pramuka Hebat itu Bertanggungjawab dan Dapat Dipercaya

Pramuka yang hebat bertanggungjawab atas amanah yang diberikan dari teman, kakak Pembina, atau teman misalnya. Dapat dipercaya dalam setiap kondisi seperti saat menjalankan amanah menjadi juru uang dalam ambalannya.

  1. Pramuka Hebat itu Suci Dalam Pikiran, Perkataan, dan Perbuatan

Pramuka yang hebat juga menjaga pikiran, perkataan, dan perbuatan dari hal yang dilarang oleh agama.

 

Tulisan diatas adalah sedikit ulasan mengenai sebagian sifat hebat yang dimiliki oleh anggota pramuka. Pramuka yang hebat adalah pramuka yang mengaplikasikan dasadharma pramuka di segala lini kehidupan. Kamukah salah satu anggota pramuka hebat itu?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *