fbpx
 4 Alasan pramuka harus punya sosial media

4 Alasan pramuka harus punya sosial media

Digiqole ad

Pramuka Sosial Media – Era keterbukaan informasi sudah dimulai sejak Internet hadir ditengah-tengah kehidupan manusia. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan memiliki sosial media. Tak hanya bertemu dengan orang-orang baru, kita juga bisa belajar ilmu dan hal baru lainnya.

Media sosial adalah tempat bersosial didunia maya. Seiring perkembangan fitur yang ditawarkan semakin banyak, saling berbagi foto, berbagi vidio dan hal-hal lainnya.
Sosial media silih berganti, namun pramuka harus terus maju tak ketinggalan jaman. Sebagian pembaca mungkin sudah pernah merasakan era Friendster di awal tahun 2000an. Atau menggunakan forum komunitas semacam kaskus? bagi generasi 2000-an pasti tidak asing lagi. Kemudian bergeser menggunakan Facebook, Twitter, dan Instagram saat ini.

pramuka sosial media
foto: _larrassati

Sudahkah kakak memanfaatkan media sosial untuk hal-hal positif dan kebaikan? saya rasa sudah ya, karena kakak seorang pramuka. Namun apakah sudah maksimal memanfaatkannya?
Atau malah menghindari media sosial karena privasi? itu kembali ke pilihan masing-masing ya, ada juga yang bikin medsos tapi gak pernah posting, hanya sebagai akun kepo saja.

Pramuka Sosial Media

Dari data terbaru yang kami dapatkan berikut daftar media sosial dengan pengguna terbanyak Indonesia ditahun 2020

  1. Facebook
  2. Youtube
  3. Whatsapp
  4. Facebook Messengers
  5. We-Chat
  6. Instagram
  7. Tiktok
  8. dll

Awalnya dulu media sosial tidak dipelajari seperti saat ini. Namun karena banyak hal baru dan perubahan-perubahan ke arah positif, penggunaan sosial media pun ada pelatihannya.

Sebagai pramuka kita harus bisa manajemen diri, main hp dan sosmed harus ada tujuan yang jelas. “Oh saya hari ini, harus belajar mengenai bagaimana sih cara mendapatkan followers banyak di IG?”
Pramuka harus punya pertanyaan-pertanyaan kepada diri sendiri.

Pemanfaatan media sosial harus dilakukan oleh pramuka, sebagai media publikasi info kegiatan baik gudep maupun kwartir. Memang membutuhkan effort tinggi untuk membuat konten, manajemen dan mengelolanya.

Berikut ini 4 Alasan Pramuka harus punya sosial media

1. Media publikasi
2. Mendapatkan informasi positif
3. Belajar menulis
4. Menjadi Konten Kreator

Jadilah Pramuka Sosial Media kreator bukan hanya pengguna. Menjadi penikmat saja tidak cukup, apalagi seorang pramuka memiliki jiwa “creator” membuat hal-hal baru. Ide segar yang kamu miliki jadikan sebuah konten, entah itu berupa tulisan, desain, vidio, maupun bentuk lainnya yang sekiranya bisa bermanfaat.

Bahkan di luar sana banyak jasa penulisan, baik artikel biasa, caption kutipan  maupun copywriting untuk sebuah bisnis. Bagi kakak yang bisa menulis ini tentunya terbuka untuk mendapatkan penghasilan dari menulis.

Pramuka Sosial Media

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *