fbpx

Yel Yel Pramuka Sebagai Penggugah Semangat dan Tawa

 Yel Yel Pramuka Sebagai Penggugah Semangat dan Tawa

Selama mengikuti kegiatan pramuka rasa-rasanya tidak lengkap jika tanpa mengumandangkan yel yel pramuka. Anak pramuka yang dikenal sebagai generasi muda yang sangat enerjik dalam berkarya pasti tidak asing dengan namanya yel. Yel-yel biasanya dinyanyikan saat akan mengerjakan soal di suatu pos. Yel-yel juga dilombakan saat kegiatan pramuka misalnya saat kemah berlangsung.

Lirik yel-yel menggunakan kalimat yang unik dan sederhana. Tentunya juga gampang dihafal oleh anggota pramuka dalam satu sangga maupun regunya. Tidak lucu apabila liriknya yang susah mengundang banyak waktu untuk menghafalnya. Sementara saat ditampilkan ternyata tidak kunjung juga. Regu maupun sangga lainnya yang mendengar akan tersenyum bahkan tertawa keras. Salah satu anggota pramuka yang memimpin yel-yel juga merasa malu juga. Pembaca yang baik hati pernah mengalaminya?

Selain liriknya yang unik dan sederhana, lirik yel-yel biasanya mengundang semangat, tawa, kelucuan bagi yang menyanyikan maupun yang mendengarkannya. Tidak lengkap jika yel-yel hanya dinyanyikan tanpa kombinasi lainnya saat tampil. Ada tambahan berupa tepuk tangan, hentakan kaki, maupun jeritan yang sekali lagi mengundang semangat maupun tawa. Anggota pramuka  yang telah menampilkan yel-yel merasa bersemangat kembali minimal energy positifnya telah tersalur lewat yeell tersebut.

Terkadang kakak Pembina menyuruh membuat yel-yel dengan keadaan waktu yang sangat terbatas saat kegiatan pramuka. Alhasil, ide-ide kreatif anak pramuka bermunculan sewaktu saat terdesak. Tidak jarang hanya tepukan saja dengan sedikit lirik saja namun begitu ditampilkan hasilnya begitu memukau teman-teman sekitarnya.

Ada salah satu contoh yel-yel untuk sangga perintis. Berikut liriknya:

Pe rin tis Pe rin tis go go awww

Pe rin tis Pe rin tis go go awww

Perintisnya satu pendukungnya banyak

Perintisnya satu pendukungnya banyak

Perintis? Be rak si

Ji double o di ji o bi

Good job good job ow ow

Good job good job o wow

yel yel pramuka

Lalu, apa manfaat yeel pramuka bagi peserta didik?

  1. Sebagai media berkarya bagi anak pramuka

Ide-ide dalam membuat yel-yel kadang-kadang out of the box. Tanpa membuka situs internet atau googling ide langsung terlintas begitu saja. Kombinasi lirik, tepukan tangan, suara-suara unik, hentakan kaki menghasilkan nada-nada dan nyanyian yang sangat unik.

  1. Pembangkit semangat maupun tawa

Lirik-lirik unik bahkan nyeleneh dari sangga kita sendiri maupun sangga teman merupakan hiburan tersendiri bagi siapa saja yang mendengarnya. Hiburan tersebut menimbulkan gelak tawa dari yang menyanyikan yel-yel tersebut atau sangga lainnya. Wah-wah bisa saja Pembina juga ikut tertawa atas yel-yel yang ditampilkan. Yel-yel yang memiliki lirik menggugah semangat pasti menularkan semangat positif juga.

  1. Melatih kreatifitas

Membuat lirik yel-yel membutuhkan ide dan kreatifitas yang tinggi. Walaupun tidak ada patokan dalam membuat yel tentunya otak akan berpikir bagaimana caranya membuat yel-yel yang unik, mudah dihafal, dan tentunya yel-yel yang menyegarkan. Menyegarkan suasana yang tadinya tegang karena berpikir membuat yel yang bagus jadi cair usai penampilan.

  1. Melatih kepercayaan diri

Pramuka tidak lepas dari kegiatan meng upgrade kapasitas diri. Salah satunya adalah melatih kepercayaan diri. Kepercayaan diri dapat dilatih dengan hanya menampilkan yel di depan kelompok pramuka lainnya. Tidak perlu risau, ragu, ataupun takut dalam menampilkan yil karena yang dibuat dengan sepenuh hati dan ditampilkan penuh penghayatan pasti menghasilkan yel-yel yang keren dan dapat menginspirasi anggota pramuka lainnya.

 

Foto: @kopaskajourney

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

2 Comments

  • mantab kak yel-yelnya, lanjutkan ­čÖé

    • Terimakasih kak atas atensinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *