fbpx
 Tips Mudah Menghafal Dasa Dharma Pramuka

Tips Mudah Menghafal Dasa Dharma Pramuka

Salam Pramuka! Yuk kita ulas materi Menghafal Dasa Dharma Pramuka. Dasa dharma terdiri dari 2 kata yaitu dasa dan dharma. Dasa memiliki arti sepuluh. Sedangkan dharma memiliki arti perbuatan yang terpuji. Jika kedua kata tersebut digabungkan menjadi sepuluh perbuatan yang terpuji. Nah apa saja sepuluh perbuatan yang terpuji itu? Simak artikel berikut sampai habis ya.

 

Sepuluh perbuatan yang terpuji tersebut tertuang dalam teks dasa dharma pramuka. Isi teks dasa dharma adalah sebagai berikut:

  1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
  3. Patriot yang sopan dan ksatria
  4. Patuh dan suka bermusyawaran
  5. Rela menolong dan tabah
  6. Rajin, terampil, dan gembira
  7. Hemat, cermat, dan bersahaja
  8. Disiplin, berani, dan setia
  9. Bertanggungjawab dan dapat dipercaya
  10. Suci dalam pikiran, perkataan, maupun perbuatan

Menghafal Dasa Dharma Pramuka

Biasanya dasa dharma ini muncul pada sebuah kuis di kepramukaan penegak maupun muncul di pertanyaan pos saat kemah. Rasa bingung menyeruak tiba-tiba ketika membaca soal untuk menuliskan isi teks dasa dharma secara runtut. Waduh, nggak hafal nih. Aduh belum hafal. Belum sempat hafal. Udah hafal tapi lupa dan berbagai reaksi macam-macam lainnya.

Satu soal yang mudah tentu saja memberikan peluang untuk menambah poin bagi sangganya masing-masing. Apalagi saat kegiatan berlangsung tidak diperkenankan untuk membawa buku saku, SKU, maupun gadget. Alhasil hanya mengandalkan sisa-sisa ingatan saat kegiatan pramuka dulu-dulunya.

Untuk memudahkan menghafal dasa dharma pramuka kami menyediakan tips mudah menghafal dasa dharma. Tips mudah menghafal dasa dharma pramuka adalah:

  1. Sering membaca teks dasa dharma pramuka

Pernah suatu saat penulis tidak sengaja sering membaca sebuah teks yang ditempelkan pada dinding sekolah. Ketika melihat tulisan tersebut tidak sengaja penulis membacanya. Begitu berulang-ulang tidak hanya sekali namun berkali-kali hinggak tidak sadar bahwa sering melihat kemudian membacanya akan terekam dalam otak yang menyebabkan hafal namun secara tidak sengaja.

  1. Sering mendengar teks dasa dharma pramuka.

Sejak SD kita selalu terbiasa mendengar teks pancasila bahkan pembukaan UUD 1945. Frekuensi mendengar kedua teks tersebut adalah seminggu sekali. Saat upacara bendera di hari Senin. Hanya seminggu sekali saja kita bisa hafal secara tidak sengaja teks pancasila bahkan pembukaan UUD 1945. Wah luar biasa ya. Apalagi hanya mendengar teks dasa dharma pramuka yang isinya tidak sebanyak pembukaan UUD 1945. Pastinya lebih cepat hafalnya kan?

  1. Mencatat kata kunci dan menempelnya di dinding kamar

Teks dasa dharma yang panjang bisa kamu singkat sehingga lebih padat dan sedikit jumlah kata-katanya. Kata kunci tersebut bisa di tempel di dinding kamar. Metode ini mengombinasikan mencatat kata kunci dan tips nomor 1 ya. Pastinya dengan metode ini kamu akan lebih cepat hafal teks dasa dharma pramuka.

  1. Bermain sesi tanya jawab dengan anggota pramuka yang lain

Metode ini lebih ke bermain atau have fun saja. Menghafal dasa dharma pramuka berasa tidak menghafal. Kenapa? Karena diselingi dengan permainan yang menyenangkan. Cukup mudah saja cara bermainnya. Anggota pramuka yang lain bertanya kepadamu sambil membaca teks dasa dharma pramuka. Semisal ada satu pertanyaan yang begini. “Poin ke sepuluh dari dasa dharma apa?” Kamu harus menjawabnya. Boleh salah menjawabnya asalkan tidak ngawur ya hehe. Kamu menjawab patriot yang sopan dan ksatria. Temanmu yang lain mengoreksinya. “Salah, yang benar adalah suci dalam pikiran, perkataan, maupun perbuatan”. Dengan begitu kamu pastinya lebih teringat bahwa poin ke sepuluh dasa dharma itu suci dalam pikiran, perkataan, maupun perbuatan.

 

Keempat tips tersebut bisa kamu praktekkan yaa. Dengan begitu, belajar menghafal dasa dharma pramuka tidak berasa menghafalnya. Selamat menghafal!

 

Foto : @scoutsmansaku__

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *