Menjadi Pribadi Seperti Tunas Kelapa Pramuka

Apakah Anda berada di bangku sekolah dan mendapatkan pendidikan kepramukaan? Ingatkah dengan lambangnya? Betul sekali, tunas kelapa pramuka. Lambang yang memiliki filosofi mendalam untuk gerakan kepanduan satu – satunya di Indonesia ini. Meskipun sudah tidak mengikuti pramuka lagi, akan tetapi memelihara sifat yang ditanamkan seperti tunas kelapa sangatlah penting dipertahankan.

Lambang Pramuka

Tunas kelapa sebagai lambang gerakan pramuka diusung oleh Sumardjo Atmodipuro. Penggunaannya sudah mulai dipakai sejak 14 Agustus 1961 sebagai panji – panji dan pertanda semangat juang. Hingga sekarang lambang ini terus dipakai pada lencana, bendera, papan nama, dan bendera sesuai dengan Petunjuk – petunjuk Penyelenggaraan yang sudah ditetapkan.

Tunas Muda Pramuka

Hidup Seperti Tunas Kelapa Pramuka

Memiliki prinsip hidup seperti yang sudah diajarkan saat mengikuti pramuka bisa membuat pribadi Anda menjadi lebih baik dan sifat serta sikap mencintai tanah air akan merasuk dalam jiwa Anda sepanjang usia.

  1. Cikal

Merupakan buah kelapa yang berada pada masa perumbuhannya. Ini merupakan cerminan dari regenerasi bangsa Indonesia. Dalamilah filosofi ini, sebab setiap anggota pramuka adalah inti kehidupan berbangsa dan bernegara. Tak hanya sekedar hidup dan mementingkan dirinya sendiri tapi juga hidup untuk membela bangsa Indonesia.

  1. Pohon Kelapa Dapat Bertahan Pada Kondisi Alam Apapun

Seperti pohon kelapa yang kuat, Anda pun harus memiliki sifat demikian. Baik secara rohani maupun jasmani. Tekad untuk berjuang dalam kehidupan sangat besar, sehingga kwalitas kehidupan juga akan membaik. Segala macam rintangan dan ujian hidup dijalani dengan keikhlasan dan semangat juang yang tinggi.

  1. Pohon Kelapa Tumbuh Dimanapun

Ini adalah sebuah pertanda bahwa Anda pun bisa menjalani hidup dengan menyesuaikan diri di tengah – tengah masyarakat dan lingkungan apapun. Kuncinya adalah memupuk sikap toleransi dan pandai – pandailah untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

  1. Pohon Kelapa Tumbuh Tinggi

Berapapun usia Anda, pasti Anda hidup dengan memiliki keinginan dan cita – cita. Jangan takut untuk bermimpi, mimpilah setinggi – tingginya dan berusahalah sekeras mungkin untuk bisa meraih. Seperti pohon kelapa yang tinggi namun tak mudah goyah oleh angina dan badai. Pertumbuhannya yang lurus melambangkan jalan kehidupan yang dipilih haruslah jalan yang lurus / baik.

  1. Akar Kuat Pohon Kelapa

Tingginya pohon atau cita – cita seseorang, dilandasi dengan akar atau prinsip hidup yang mengakar kuat di dalam dirinya. Hal ini dimaksudkan supaya Anda tetap berpegang teguh kepada dasar – dasar kehidupan yang baik dan menjadikannya sebagai landasan dalam bersikap. Akar yang baik dan kuat akan menumbuhkan jiwa yang dahsyat.

  1. Kelapa Bermanfaat dari Akar Hingga Buahnya

Dari ujung akar sampai ujung pohonnya, kelapa mempunyai manfaat untuk kehidupan. Daun untuk lidi, masakan, maupun kelengkapan upacara, batang pohon untuk bangunan, buah untuk dikonsumsi,, dan akar untuk obat – obatan. Intinya, pohon ini serbaguna.

Jadikan filosofi pohon kelapa dalam hidup. Jadilah manusia yang berguna di segala aspek. Baik untuk agama, bangsa, negara, keluarga, ataupun untuk kepentingan golongan. Ambilah peran di setiap kegiatan positif yang menyangkut kenegaraan. Tidak peduli apakah peran tersebut kecil dan tidak banyak orang yang mengetahui, ataupun peran yang besar. Dengan begitu Anda akan menjadi manusia yang berguna.

Jadilah orang yang hidup bagai tunas kelapa pramuka. Tak hanya saat Anda berada di bangku sekolah, bawalah sifat dan sikap ini hingga Anda tua dan tanamkan kepada anak dan cucu Anda. Supaya mereka tahu bahwa hidup ini akan menjadi lebih berarti jika mereka menjadi orang yang bermanfaat dan selalu kuat dalam menghadapi perubahan zaman.

 

Foto dari kak @Maghfiroh

Kumpulan Materi Kepramukaan

Belanja Kaos Pramuka distropramuka

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *