Pramuka Milenial

Kegiatan Kepramukaan yang hadir di sekolah-sekolah saat ini menjadi wadah bagi generasi Milenial. Sudah seharusnya sosok pembina pramuka bisa menyesuaikan diri dengan generasi yang suka serba cepat dan instan ini. Pramuka Milenial ini generasi yang tak lepas dari gadget tentunya, gak ada gadget gak ada hidup. Pola dan metode kepramukaan sebagai bahan ajarnya tentunya tak lepas dari penyesuaian teknologi ini.

Sudah banyak akun media sosial yang dikelola oleh generasi ini, misal pramukaupdate, pramuka ganteng cantik, gallery pramuka dan lain sebagainya. Anak Milenials aktif di berbagai sosial media meski memang kebanyakan sekarang berada di Instagram. Salah satu karakternya adalah suka berbagi, baik itu materi maupun konten di dunia maya. Menyalurkan opini melalui status maupun caption di medsos.

Pramuka Milenial
Pramuka Milenial

Pramuka Milenial yang mendominasi generasi muda saat ini, harus menjadi perhatian kwartir agar kegiatan bisa menyenangkan dan menggembirakan. Bahkan bisa jadi jika ada momen yang kurang enak, tidak transparan anak milenial akan membuat post kejadian di media sosial. Tidak ada alasan lagi untuk terbuka dalam informasi kegiatan kepramukaan.

Pembina Pramuka sebagai pendamping di kegiatan gugus depan tentunya butuh materi tambahan sebagai bahan latihan kepramukaan. Di Google sudah cukup banyak materi yang tersedia, atau bisa juga kakak membeli buku-buku kepramukaan, salah satunya Scouting For Boys yang bisa dibeli di Distro Pramuka. Kadang kala generasi ini bahkan sudah tau materinya karena membaca di sosial media ataupun di google. Tuntutannya memang pembina harus selalu up-to-date soal materi agar kegiatan menyenangkan.

Menanamkan semangat kepramukaan di generasi ini haruslah sabar, pergaulan di sosial media dengan adanya group dan komunitas bisa saja mendistraksi materi yang di sampaikan. Nilai-nilai pancasila, satya & dharma pramuka harus terus di tanamkan ke milenial.

Kegiatan insidental untuk pramuka milenial bisa berupa seminar, mengundang selebgram, maupun pelatihan yang memanfaatkan tekonolgi dan tepat guna. Hampir di tiap daerah pasti ada anak muda yang punya keberhasilan yang bisa di ajak sharing di gugus depan, cobalah di adakan.

Tugas saat ini untuk Pramuka Milenial adalah tumbuh dengan caranya sendiri dan belajarlah dari semua media yang bisa membuatmu berkembang. Jangan cepat puas dengan pencapaian saat ini. Hiduplah dengan terus berbagi, gunakan media sosial untuk hal positif dan produktif. Ma’ruf Cahyadi

 

Klik Gambar dibawah untuk download WALLPAPER PRAMUKA MILENIAL

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *