fbpx

Pertemuan Pramuka Sebagai Alat Pendidikan Gerakan Pramuka

 Pertemuan Pramuka Sebagai Alat Pendidikan Gerakan Pramuka

Pertemuan Pramuka adalah kegiatan bertemunya antar pramuka dalam sebuah wadah kegiatan. Setiap golongan dalam pramuka memiliki beberapa kegiatan pertemuan pramuka sesuai dengan perkembangan usianya. Kegiatan pertemuan ini bisa berupa perlombaan, musyawarah, pelatihan, dan pertemuan akbar.

Berikut beberapa contoh pertemuan pramuka yang telah kami rangkum sesuai golongan peserta didik.

Golongan Siaga

Nama Kegiatan: Pesta Siaga
Tingkat : Gugus Depan, Kwartir Ranting & Kwartir Cabang.
Bentuk Kegiatan : Permainan, Perlombaan, Penugasan, Pentas Seni.
Kegiatan di ikuti oleh masing-masing barung, bisa berupa pembagian peserta untuk mengikuti masing-masing penugasan, atau dikerjakan bersama-sama satu barung.

Golongan Penggalang

Nama Kegiatan: Jambore
Tingkat : Kwartir Ranting, Kwartir Cabang, Kwartir Daerah & Kwartir Nasional
Bentuk Kegiatan : Perlombaan, karnaval, penugasan, perlombaan, wisata edukasi, pentas seni

Kegiatan jambore merupakan pertemuan besarnya pramuka penggalang, yang diadakan dari tingkat ranting hingga nasional, Jambore Ranting, Jambore Daerah, Jambore Nasional. Bentuk kegiatannya berupa perkemahan dengan tenda, yang di ikuti oleh regu pramuka beranggotakan 6-8 orang.

Kegiatan jambore nasional diadakan tiap 5 tahun sekali, begitu juga dengan kegiatan jambore daerah. Biasanya akan ada seleksi di tingkat cabang maupun daerah dalam pengiriman peserta untuk kegiatan jambore. Ngomong-ngomong juga ada lho kegiatan jambore dunia….. dan Indonesia juga mengirimkan kontingennya.

Nama Kegiatan: Lomba Tingkat
Tingkat : Gudep, Kwartir Ranting, Kwartir Cabang, Kwartir Daerah & Kwartir Nasional
Bentuk Kegiatan : Perlombaan

Lomba tingkat merupakan ajang perlombaan untuk pramuka penggalang. Aneka perlombaan di adakan tentunya ada aturan dan juknis yang mengaturnya. Perlombaan dari Teknik Kepramukaan hingga lomba dalam ranah teknologi.
Istilah istilah yang biasa kita jumpai dalam lomba tingkat, LT I – tingkat gudep, LT 2 – tingkat ranting, LT III – tingkat cabang, LT – IV tingkat daerah, dan LT V tingkat nasional.Biasanya kalau untuk lomba tingkat akan ada perlombaan yang di tingkat paling bawah hingga mengikuti ke tingkat atasnya.. dan bisa dikirim ke lomba tingkat Nasional. Satu regu berasal dari 1 gugus depan ya biasanya dalam perlombaan ini, karena rasa kekeluargaan akan tinggi, jika sudah dari kelas 7 dalam satu regu dan mengikuti porsi latihan untuk perlombaan.

Nama Kegiatan: Gladian Pemimpin Regu (Dian Pinru)
Tingkat : Gudep, Kwartir Ranting, Kwartir Cabang
Bentuk Kegiatan : Pendidikan & Pelatihan

Dian Pinru merupakan wadah pembinaan bagi pemimpin regu. Pemimpin regu dikumpulkan/ dikirim untuk mengikuti ajang ini. Kegiatan berupa pendidikan dan pelatihan. Seperti Administrasi, Kepemimpinan, Pengetahuan Kepramukaan, Skill, Teknik Kepramukaan dan wawasan umum.

Kegiatan yang dilaksanakan di dalam ruangan dan luar ruangan untuk praktik. Salah satu tujuan dari diadakannya Gladian Pemimpin Regu agar kualitas dan pengetahuan seorang pemimpin regu bisa lebih baik lagi dan meningkat. Harapannya bisa disebarkan, ditularkan ke anggota pramuka yang ada di regu dan gugus depannya.

Pertemuan Pramuka
Kegiatan Pramuka Penegak foto ig kak @arinananaa_

Golongan Penegak dan Pandega

Nama Kegiatan: Raimuna
Tingkat : Kwartir Ranting, Kwartir Cabang, Kwartir Daerah dan Nasional
Bentuk Kegiatan : Perlombaan, Pendidikan & Pelatihan, Karnaval, Pentas Seni, Wisata Edukasi.

Kegiatan akbarnya pramuka penegak & pandega. Kegiatan Raimuna diadakan mulai tingkat ranting hingga nasional. Untuk Raimuna Nasional sendiri diadakan setiap 5 tahun sekali, 2017 diadakan di DKI Jakarta. Raimuna merupakan ajar pertemuan pramuka dengan bentuk perkemahan selama beberapa hari, di tingkat dunia ada juga bermana rover moot.

Nama Kegiatan: Muspanitera
Tingkat : Kwartir Cabang, Kwartir Daerah dan Nasional
Bentuk Kegiatan : Forum Musyawarah

Muspanitera merupakan Forum Musyawarah yang diikuti oleh dewan satuan maupun dewan kerja. Kegiatan berupa diskusi dan paparan akan sebuah kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan.

Nama Kegiatan: Perkemahan Wira Karya (PW)
Tingkat : Kwartir Cabang, Kwartir Daerah dan Nasional
Bentuk Kegiatan : Perkemahan Bhakti

Kegiatan berupa perkemahan dan bhakti sosial selain disisipi dengan forum dan wisata.

Nama Kegiatan: Gladian Pemimpin Sangga (Dian Pinsa)
Tingkat : Gugus Depan, Kwartir Ranting Kwartir Cabang
Bentuk Kegiatan : Forum Diskusi, Pelatihan dan Pendidikan.

Kegiatan Dianpinsa, merupakan wadah pembinaan bagi pemimpin sangga, dikumpulkan/ dikirim untuk mengikuti ajang ini. Kegiatan berupa pendidikan dan pelatihan. Seperti Administrasi, Kepemimpinan, Pengetahuan Kepramukaan, Skill, Teknik Kepramukaan dan wawasan umum.

Pertemuan Pramuka Sebagai Alat Pendidikan Gerakan Pramuka

Selain di ranah umum, pertemuan pramuka untuk SAKA juga diadakan. kegiatan pertemuan serupa berupa perkemahan misalnya :
Perkemahan Bhakti Satuan Karya : Pertiwana, Pertikawan, Persabhara, Pertihusada, dan kegiatan perkemahan bhakti satuan karya lainnya.
Pertemuan Antar Satuan Karya diadakan mulai dari tingkat Cabang hingga Nasional.
Pelayaran Lingkar Nusantara diadakan untuk saka Bahari.
Kegiatan Pertemuan Pramuka untuk SAKA ada yang berupa kegiatan bhakti dan di ikuti juga dengan perlombaan.

Foto ig post by @ulfa_lutfiana17

Selain diatas biasanya di beberapa daerah ada yang mengadakan latihan gabungan, kemah bersama, maupun lomba tingkat yang di adakan oleh suatu gudep dan satuan karya.
Selain yang diadakan mandiri oleh pramuka lalu ada juga atas dukungan oleh instansi pemerintah yang bekerjasama dengan kwartir daerah dan dinas pendidikan., semisal mengadakan kegiatan
Kemah Bela Negara
Kemah Budaya
Kemah Santri
Kemah Satuan Komunitas

Dan acara yang dikemas dengan bentuk lain:
JOTA-JOTI
Workshop
FGD (Focus Group Discussion)
dll

Nah semoga menjadi ilmu yang bermanfaat bagi pramuka dimanapun kakak berada. Sebagai bahan referensi jika kakak akan berkegiatan di cabang, daerah maupun nasional kan kakak perlu tuh baju kontingen atau baju lapangan, topi, kemeja maupun jaket sebagai pendukung kontingen.

Kakak bisa pesan untuk produksi atribut kontingen tersebut di tokopramuka.com | atau melalui whatsapp: 0877-2264-2882 salah satu tokopramuka di indonesia yang amanah dan terpercaya.

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *