Permainan Pramuka Penggalang

Kegiatan dalam pramuka begitu seru dan mengasyikkan, hal itu membuat banyak siswa selalu merasa riang dan bahagia ketika melaksanakan pramuka, terutama ketika masuk pada sesi permainan. Berbagai kegiatan permainan pramuka penggalang membuat anggotanya riang. Permainan pada pramuka penggalang ini menjadi kegiatan penting untuk membuat semangat anggotanya tumbuh kembali.

Berbagai jenis permainan dalam pramuka penggalang memiliki banyak tujuan yang sesuai dengan ciri khas masing-masing permainan yang sedang dilakukan. Permainan dalam pramuka sangat mendukung terbentuknya karakter yang tangguh. Selain itu manfaat penting lainnya yaitu untuk melatih kerjasama, tanggung jawab, kekompakan, serta kecekatan.

Jenis Permainan Pramuka Penggalang

Permainan dalam pramuka memiliki tujuan yang sangat penting bagi pengembangan karakter, terutama pada pramuka penggalang yang beranggotakan siswa berusia 11-15 tahun. Pada usia ini anak-anak memang membutuhkan kegiatan bersifat menyenangkan dan mendidik, permainan pramuka ini menjadi solusinya. Jenis-jenis permainan pramuka tingkat penggalang yakni:

  1. Petani dan pencuri

Permainan ini bertujuan untuk melatih kecepatan dari setiap anggota pramuka. Alat-alat yang digunakan yaitu tali atau karet gelang. Cara permainannya yaitu anak-anak disuruh untuk membentuk lingkaran, lalu seorang anak berperan menjadi pencuri dan satu anak lagi jadi petani.

Lalu dalam lingkaran dirauh sebuah barang, pencuri kemudian masuk dalam lingkaran untuk mengambil barang itu, peran petani disini harus menangkap sang pencuri ketika masuk dalam lingkaran.

Pramuka Penggalang – foto ig: scout_tauhidiyah
  1. All stand up

Permaini ini sangat seru sekali, memiliki tujuan untuk memahami fungsi orang lain dalam kesuksesan kerja berkelompok. Perlengkapan yang dipakai pun sangat sederhana yakni hanya peluit. Kegiatan permainan ini dimulai dengan sepasang anggota kelompok duduk bertolak belakang, lalu mereka diminta untuk berdiri bersama dengan saling menekan punggung.

Setelah itu mereka diminta untuk berhadapan, ujung kaki diletakkan saling bersentuhan, lalu kedua tangan saling berpegangan. Setelah itu jumlah anggota ditambah menjadi dua, empat, enam, delapan, dan seterusnya, mereka harus berdiri secara serempak.

  1. Permainan mengenali teman

Bertujuan agar antar anggota saling mengenal secara mendalam pada anggota yang lainnya. Peralatan yang dipakai yaitu kertas kosong dan alat tulis untuk setiap anggota. Mekanismenya setiap peserta menulis biodata diri pada kertas tadi, lalu dikumpulkan kedepan.

Kemudian pemimpin membagikannya secara acak, lalu peserta menghafal data diri temannya, dan pemimpin menujuk peserta untuk menjawab pertanyaan seputar biodata anggota lain tadi.

  1. Kalajengking

Permain seru ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kerjasama antar anggota maupun satu kelompok. Dalam permainan ini tak perlu menggunakan alat apapun. Mekanismenya yaitu setiap tim beranggotakan 10-15 orang, kemudian anggotanya yang paling depan adalah kepala dan yang paling belakang merupakan ekor.

Seluruh anggota harus berpegangan pada pinggang anggota di depannya, dan selama permainan pegangan tersebut tidak boleh lepas.

  1. Estafet air

Permainan ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan kerja sama kelompok dan mengatur cara kerja yang efektif. Alat yang dipakai adalah satu buah ember, satu gelas dan bagian bawahnya dilubangi kecil, lalu satu botol plastik. Mekanisme pelaksanaannya peserta duduk dengan posisi berbanjar, peserta paling depan mengambil air, sementara itu yang paling belakang menuangkan air.

Gelas yang berisi air lalu diberikan secara estafet kepada rekannya yang berada di bagian belakangnya melalui atas kepala.

  1. Picture puzzle

Permainan ini memiliki tujuan yaitu untuk membangun rasa saling percaya kepada kawan. Perlengkapan yang dipakai adalah gambar yang telah dipotong-potong. Cara pelaksanaannya seperti merangkai puzzle pada umumnya yaitu setiap kelompok harus merangkai potongan gambar menjadi gambar yang utuh.

foto @pragaseofficial

Permainan pada pramuka penggalang ini bersifat edukatif dan menghibur, dalam pramuka harus ada kegiatan permainan agar para anggotanya tidak merasa jenuh dan semakin menikmati rangkaian kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *