Daftar Perlengkapan Pramuka Siaga Atau Siswa SD

Bagikan artikel ini yuk!

Setiap anggota Pramuka memiliki seragam lengkap dengan beberapa atribut yang berbeda menyesuaikan tingkatannya. Untuk anggota paling junior bernama Siaga atau biasanya terdiri dari siswa-siswi SD berusia 7-10 tahun. Apa saja perlengkapan Pramuka Siaga? Simak ulasan berikut.

Ingat, jangan asal bertanya apa saja perlengkapan Pramuka? Atau apa saja atribut pramuka? Karena daftar perlengkapannya berbeda-beda, tergantung tingkatan anggota. Kali ini kita akan fokus membahas perlengkapan anggota Pramuka tingkat Siaga atau SD. Jadi, jelas berbeda dengan SMP.

Daftar Perlengkapan Pramuka Siaga

Menurut Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 174 tahun 2012, anggota Pramuka Siaga harus mengenakan beberapa perlengkapan dasar berikut ini. Daftar perlengkapan berikut berlaku untuk anggota Pramuka laki-laki maupun perempuan.

1. Seragam Pramuka Lengkap

Perlengkapan paling dasar yaitu seragam Pramuka lengkap yang terdiri dari atasan berwarna cokelat muda dan bawahan berwarna cokelat tua. Untuk anggota putra, bawahannya berupa celana, sedangkan untuk anggota putri bisa memilih bawahan berupa rok span atau rok lipit.

2. Hasduk

Hasduk adalah aksesoris pada bagian leher yang warnanya merah putih. Bentuk hasduk anggota putra mirip setangan yang pemasangannya memerlukan ring khusus. Sementara untuk anggota putri, hasduknya mirip pita panjang yang pemasangannya dengan cara merangkainya sedemikian rupa.

Perlengkapan Pramuka
Perlengkapan Pramuka

3. Topi Pramuka

Anggota Pramuka juga memiliki topi tersendiri untuk melindungi kepala anggota dari panas matahari. Topinya berwarna cokelat tua dengan bagian depan memuat lambang Pramuka bergambar tunas kelapa warna kuning. Anggota putri yang berhijab juga perlu memakai topi ini di atas lapisan hijabnya.

4. Tanda Tutup Kepala

Tanda ini berupa lencana khusus yang punya warna berbeda-beda, tergantung tingkatan anggota. Untuk anggota Siaga, tanda tutup kepalanya berwarna dasar hijau. Anggota bisa memasangnya di bagian topi atau penutup kepala.

5. Lambang Kepanduan Dunia

Tanda pandu dunia berwarna dasar ungu yang pemasangannya berbeda antara putra dan putri. Untuk anggota putra, pemasangannya berada di bagian dada, yaitu tepat di atas papan nama baju. Sedangkan untuk anggota putri, pemasangannya berada di kerah baju Pramuka sebelah kiri.

6. Tanda Pelantikan

Tanda ini berwarna dasar cokelat tua dan terdapat lambang Pramuka berwarna kuning di tengahnya. Untuk anggota putri, bentuknya lingkaran dan pemasangannya di lengan baju sebelah kiri. Sedangkan untuk anggota putra, bentuknya belah ketupat dan pemasangannya di bagian dada.

7. Lambang Daerah

Tanda ini menunjukkan lambang provinsi dan kota asal anggota. Baik anggota putra atau putri, pemasangan lambang daerah ini berada di bagian lengan baju sebelah kanan. Biasanya ada juga yang menambahkan tanda khusus yang memuat nama daerah di atas lambang daerah tadi.

8. Tanda Kecakapan

Tanda ini menampilkan simbol manggar kelapa yang memiliki tiga tingkatan, yaitu Siaga Mula, Siaga Bantu, dan Siaga Tata.

9. Tanda Jabatan

Perlengkapan Pramuka selanjutnya adalah tanda jabatan. Tanda jabatan untuk anggota Pramuka Siaga ini juga terdiri dari tiga tingkatan, yaitu Barung Utama, Pemimpin Barung, dan yang terakhir adalah Wakil Pemimpin Barung.

10. Tanda Barung

Tanda barung berbentuk segitiga dan memiliki warna yang berbeda antara anggota putra dan putri. Untuk anggota putra, warnanya biru. Sedangkan untuk anggota putri, tanda barungnya berwarna merah. Pemasangannya berada di lengan baju sebelah kiri.Meskipun baru pertama kali ikut kegiatan Pramuka, siswa SD juga perlu menyiapkan beberapa perlengkapan Pramuka Siaga di atas. Pastikan memilih atribut yang tepat dengan cara pemasangan yang benar, sehingga ke depan terbiasa tertib dalam mematuhi peraturan.

Bagikan artikel ini yuk!
Pramuka Update
Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882

Tinggalkan Balasan