Peralatan Kemah dan 17 Macam Contohnya

Peralatan Kemah dan 17 Macam Contohnya

Peralatan Kemah – Berkemah merupakan salah satu kegiatan aktifitas luar ruangan yang diadakan dalam organisasi kepramukaan. Untuk bisa berkemah, pramuka melakukan latihan rutin/ pertemuan pramuka yang pada akhir dan tujuannya bisa di aplikasikan ketika kegiatan perkemahan.

Biasanya perkemahan dalam 1 tahun masa pembelajaran diadakan menjelang akhir smester, atau bisa juga diadakan dalam persami (perkemahan sabtu minggu) ataupun sejenisnya.

Sebelum kita mengulas peralatan perkemahan yang perlu kita bawa, apa sih yang mendasari sebuah perkemahan? apa hanya untuk bersenang-senang? refreshing? atau sebagai sarana pendidikan?

Motivasi untuk berkemah dalam kepramukaan merupakan sarana ajang learning by doing belajar sambil melakukan. Memasak, memimpin, kedisiplinan, memecahkan kode, dan banyak sekali hal yang bisa dilakukan di perkemahan. Tentu saja setiap golongan pramuka memiliki porsi pembinaan, kegiatan perkemahan dan edukasi yang berbeda-beda.

Materi ini mengulas mengenai Peralatan kemah

Perlengkapan Berkemah

Perlengkapan berkemah bisa dikategorikan sebagai perlengkapan individu dan perlengkapan kelompok/ regu/ sangga yang perlu kamu siapkan. Untuk kebutuhan individul kebutuhan peralatan kemah mulai  dari pakaian, alat mandi, alat ibadah, alat tulis, tool-kit dll.

Perlengkapan Kemah Pramuka
Perlengkapan Kelompok Saat Kemah mencakup kebutuhan yang akan digunakan dalam aneka kegiatan dan kebutuhan bersama. Misalnya alat masak bisa dibagi dengan anggota regunya. Perlengkapan perlombaan, tongkat dan tali untuk pionering, dan kebutuhan peralatan kemah lainnya yang terkait.

alat-alat kemah

Mau berkemah ? Pahami  dulu apa tujuan berkemah, apakah sekedar rekreasi atau berkemah dengan banyak acara kegiatan. Lalu apa saja yang harus dibawa ?

Peralatan Kemah by @bambang_victory ⁣

Perlengkapan Berkemah

– Ransel, gunakan ransel yang ringan dan anti air.
– Pakaian perjalanan; bawalah pakaian dengan bahan yang kuat dan mempunyai banyak kantong.
– Pakaian tidur; selain training pack, bawa juga sarung untuk penahan dingin dan sholat, bagi yang beragama islam.
– Jaket tebal, dari bahan nilon berlapis kain dan berponco.
– Kantung tidur (sleeping bag) dan alas tidur (matras).
– Pakaian cadangan; masukan dalam plastic.
– Peralatan makan; piring, sendok, garpu, gelas/mug, tempat air.
– Peralatan mandi; gayung, sabun, sikat gigi, pasta gigi, sandal, handuk.
– Peralatan masak; misting, kompor spiritus, kompor paraffin.
– Sepatu; gunakan sepatu yang menutupi mata kaki.
– Kaos kaki; membawa cadangan kaos kaki dan simpan dalam plastic.
– Sarung tangan; untuk pelindung dan penahan dingin.
– Topi.
– Senter; selain utnuk penerangan, berguna juga untuk memberi isyarat.
– Peluit; berguna untuk berkomunikasi.
– Korek api; baik itu korek api gas atau korek api kayu dan simpan dalam tabung bekas film agar aman.
– Ponco; berguna untuk jas hujan, tenda darurat, alat tidur dan lain-lain. Jika tidak ada ponco, bawalah plastic tebal selebar taplak meja.
– Obat-obatan pribadi.

Kalo kamu berkemah, ya tentu saja harus bawa tenda dan  sebelum berangkat tenda diperiksa dahulu apakah masih bagus atau  sudah banyak dengan lubang/ robek.
Berapa kebutuhan tali dan pasak serta  tongkat/ bambu untuk mendirikan tenda.

Jika Kotor tenda harus dicuci dahulu, agar dapat ditempati dengan nyaman dan sehat. Sebelum berangkat,  perlengkapan/ barang di cek, jangan ada yang teringgal.

Dalam berkemah harus tahu tujuan, kebutuhan, kondisi dan situasi saat ini.
Waktu lama berkemah, dan lokasi tujuan  ikut menentukan barang apa saja yang harus dibawa, jadi sebaiknya disesuaikan,  tidal semua barang  harus dibawa, nanti malah dikira orang mau pindahan rumah?

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version