Peralatan Berkemah yang Wajib di Bawa Saat Berkemah

Camping atau berkemah merupakan suatu kegiatan yang paling ditunggu- tunggu oleh peserta didik di semua tingkatan sekolah. Meskipun kada peserta didik malas berlatih, namun ketika akan diadakan kegiatan berkemah menjadi semangat untuk mengikuti latihan. Sebelum melakukan perkemahan ada materi Pramuka – peralatan berkemah yang harus dipersiapkan oleh peserta didik.

Baik itu Persami, Perjusami atau perkemahan yang lainnya, memang sudah sewajarnya karena kegiatan yang satu ini sangat menyenangkan. Selain melatih kemandirian juga dapat mempererat hubungan persaudaraan sesame anggota Pramuka. Berbagai alat- alat harus dipersiapkan terlebih dahulu, sehingga ketika Anda tiba di bumi perkemahan segala sesuatunya sudah tersedia.

 

Materi Berkemah – Peralatan Kemah yang  Wajib di bawa

Sebelum berangkat berkemah, Anda harus memiliki prinsip, mengetahui tujuan berkemah, kebutuhan yang diperlukan  serta dapat memahami situasi dan kondisi. Anda juga harus mengetahui, dimana tempat diadakan kegiatan perkemahan dan dalam waktu berapa lama. Karena hal itu akan menentukan barang apa saja yang harus Anda bawa.

Peralatan Kemah

Jadi Anda harus menyesuaikan, untuk acara kegiatan perkemahan sebaiknya membawa barang seperlunya saja. Jangan semua barang dibawa seperti orang pindahan rumah. Berikut ini beberapa peralatan perkemahan yang wajib Anda bawa, baik untuk tingkatan SD, SMP, SMA/SMK (Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega).

  1. Tas Ransel

Tas ransel bermanfaat untuk menyimpan pakaian dan perlengkapan yang lainnya. Sebaiknya memilih tas ransel yang ringan, awet dan anti air. Karena bisa saja pada saat kegiatan kemah tiba- tiba hujan lebat dan mengakibatkan tenda kemah mengalami kebocoran.

  1. Seragam dan pakaian

Ketika berkemah lebih dari satu hari, maka persiapan pakaian juga harus disesuaikan. Gunakan pakaian dengan bahan yang kuat, utamakan yang memiliki banyak kantong. Karena hal itu sangat berguna pada saat Anda melakukan hiking/ penjelajahan pasti banyak peralatan yang harus dibawa.

  1. Jaket

Pada saaat melakukan kegiatan kemah, jaket tebal menjadi kebutuhan wajib untuk menghindari rasa di pada malam hari jika berkemah di daerah pegunungan. Jaket yang disarankan yaitu jaket dengan bahan nilon yang berlapis kain dan berponco.

  1. Alat Sholat dan Pakaian Beribadah

Dalam kegiatan Pramuka selalu menekankan nilai spiritual dalam sebuah pendidikan, dalam berkemahpun juga demikian. Alat sholat dan pakaian beribadah pun harus di bawa, seperti sajadah dan mukena untuk anggota putri. Sedangkan sarung, peci dan sajadah untuk anggota pria. Untuk yang non muslim, maka sesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Sleeping Bag/ Kantung Tidur

Manfaat sleeping bag yaitu untuk menjaga kualitas tidur dan memberikan kehangatan tubuh. Apalagi jika Anda berkemah didaerah pegunungan, maka sleeping bag ini menjadi barang wajib yang harus dibawa.

  1. Peralatan Mandi

Peralatan mandi yang wajib dibawa yaitu, sabun mandi, shampoo, sikat gigi, pasta gigi, handuk dan gayung jika perlu.

  1. Sepatu, Kaos Kaki dan Topi

Saat berkemah sebaiknya menggunakan sepat mid cut dan high cut yaitu sejenis sepatu yang menutupi bagian mata kaki. Anda juga wajib mengenakan kaos kaki, untuk melindungi kulit dari gesekan sepatu.

Biasanya lebih dari sepasang, karena biasanya kaos kaki cepat berkeringat atau rusak. Anda juga wajib mengenakan topi, untuk melindungi kepala dari panas atau gangguan yang lainnya

Selain materi berkemah- peralatan kemah yang telah disebutkan di atas, maka Anda juga perlu membawa alat alat lain seperti peluit, senter, korek api, alat masak, peraltan makan, obat- obatan pribadi, P3K, ponco dan peralatan kemah berkelompok. Dengan peralatan yang lengkap, maka kegiatan perkemahan dapat berjalan lancar.

 

Foto: @scout_smantulasmedan

Foto: @pramuka_pamekasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *