Kepramukaan & Pendidikan Kepramukaan

Apa sih yang dimaksud dengan Pramuka? dan Apa itu Pendidikan Kepramukaan?

Selama ini istilah Pramuka dan Pendidikan Kepramukaan digunakan secara rancu, sehingga mengamburkan pengertian sebenarnya. Sebenarnya apa sih perbedaan Pramuka dan Pendidikan Kepramukaan?? yukk kita simak satu persatu makna dari kata Pramuka dan Pendidikan Kepramukan…

 

Pengertian Pramuka adalah semua anggota gerakan Pramuka Indonesia yang terdiri dari anggota muda yaitu peerta didik iaga, Penggalang, Penegak, Pandega dan anggota dewasa yaitu Pembina Pramuka, Pembantu Pembina Pramuka, Pelatih Pembina Pramuka, Pembina Profesional, Pamong Saka dan Instruktur Saka, Pimpinan Saka , Andalan, Pembantu Andalan, Anggota Mabi, Staf Karyawan Kwartir.

Agar lebih memahami apa arti Pramuka, kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini, pengertian Pramuka menurut pandangan para ahli yaitu

  1. Joko Mursitho

Menurut Joko Mursitho, pengertian Pramuka adalah proses pendidikan yang dilakukan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan yang bertujuan untuk membentuk watak peserta didik.

  1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Tahun 2014, pengertian pramuka adalah proses pendidikan yang menyenangkan bagi anak muda, di bawah tanggung jawab anggota dewasa, yang dilakukan di luar lingkungan sekolah dan keluarga, dengan tujuan, prinsip dasar dan metode pendidikan tertentu.

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, pengertian pramuka adalah organisasi untuk generasi muda yang mendidik para anggotanya dengan berbagai jenis keterampilan, disiplin, kepercayaan pada diri sendiri, saling tolong-menolong, dan lain sebagainya.

Pendidikan Kepramukaan

Sedangkan Pendidikan Kepramukaan adalah nama kegiatan anggota Gerakan Pramuka. Pendidikan Kepramukaan adalah proses pendidikan yang praktis, di luar sekolah dan di luar keluarga yang dilakukan di alam terbuka dalam bentuk kegiatan menarik, menantang, menyenangkan, sehat, teratur dan terarah, dengan menerapkan Prinsip Dasar Pendidikan Kepramukaan dan Metode Pendidikan Kepramukaan, yang sasaran akhirnya adalah terbentuknya kepribadian, watak, akhlak mulia dan memiliki kecakapan hidup.

 

Kegiatan Pendidikan Kepramukaan merupakan kegiatan di alam terbuka (outdoor activity) yang mengandung dua nilai, yaitu diantaranya (1) sebagai nilai formal atau nilai pendidikannya yaitu pendidikan watak (character building) dan (2) sebagai nilai materiil, yaitu nilai kegunaan praktisnya.

 

Dalam kegiatan kepramukaan selalu terjalin 5 (lima) unsur terpadu, ialah

  1. Prinsip Dasar Pendidikan Kepramukaan
  2. Metode Pendidikan Kepramukaan
  3. Kode Kehormatan Pramuka
  4. Motto Gerakan Pramuka
  5. Kiasan Dasar Kepramukaan

Sifat Pendidikan Kepramukaan diantaranya yaitu

  1. Bersifat Terbuka

Maksudnya yaitu Pendidikan Kepramukaan dapat didirikan di seluruh Indonesia dan diikuti oleh Warga Negara Republik Indonesia tanpa membedakan suku, ras, dan agama.

  1. Bersifat Universal

Universal yang dimaksud yaitu tidak terlepas dari idealism Prinsip Dasar dan Metode Pendidikan Kepramukaan sedunia.

  1. Bersifat Sukarela

Pendidikan Kepramukaan tidak mengandung unsur paksaan, kewajiban dan keharusan untuk menjadi anggota Gerakan Pramuka.

  1. Bersifat patuh dan taat terhadap semua peraturan dan perundang-undangan di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Bersifat non politik

Non politik yang dimaksud adalah semua jajaran Gerakan Pramuka tidak dibenarkan ikut serta dalam kegiatan politik praktis.

 

Foto IG @fazrulzikri

Gratis Buat Kami —-> Wallpaper Smartphone Pramuka

Belanja Buku “Materi Pramuka” —> Buku Scouting For Boys 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *