Nomor HPmu itu Penting

Photo by Tofros.com on Pexels.com

Nomor HPmu itu Penting

Nomor HPmu itu Penting – Hai sobat pramuka, biar gak bosen dengan materi pramuka, kali ini kami akan membagian opini kami terkait nomor HP kamu. Risih gak sih ketika tau-tau ada yang japri via Whatsapp ternyata bukan orang yang kita kenal.


Apalagi chat yang gak begitu penting, bahkan cenderung membuang waktu. Untuk itu sebagai pramuka kamu harus tau dan paham mengenai privasi nomor hape kamu. Yuk kita ulas, mengapa kamu harus simpan dan gak gonta-ganti nomor hp di era digital saat ini.

Nomor HPmu itu Penting person using android smartphone
Photo by Tofros.com on Pexels.com

Nomor HPmu itu Penting

Nomor ponsel kamu dari provider kesayanganmu itu penting lho kak, untuk kebutuhan transaksi saat ini. Bahkan sertfikat vaksin peduli lindungi juga membutuhkan nomor hp bukan? nah yuk sebisa mungkin sebagaipramuka gak usah deh gonta-ganti nomor hp.
Yang pertama yang harus kamu lakukan adalah, Pilih nomor yang memang cocok dengan kamu, mungkin nomor cantik, provider yang sinyalnya bagus, atau kalau sudah punya ya udah itu dipakai seterusnya.

Hapalkan nomor atau paling tidak kamu perlu catat nomor itu, masa nomor sendiri ga hafal? hehe ya setidaknya nomor utama kita hafal ya. Dimasa sekarang ini kita sudah erat menggunakan aplikasi semacam gojek, tokopedia, ovo, dana, shopee dan kesemuanya memerlukan Nomor HP.
Nomor HPmu itu Penting Usahakan pakai nomor utama yang kita gunakan dalam jangka panjang, biar gak perlu daftar ataupun registrasi ulang. Cukup reset password jika ternyata kita lupa pasword.

Fungsi nomor HP

Sekerang ini untuk keamanan sebuah aplikasi selalu ada KODE OTP dan sejenisnya yang akan dikirimkan ke email dan nomor hp. Tentu jika kita ganti nomor gak bakal menerima lha wong salah nomor. Maka dari itu nomor hp sebisa mungkin untuk jangka panjang ini perlu selalu aktif dan di isi pulsa.
Setidaknya jika kakak pelupa, bisa mencatat batas aktif kartunya dalam google keep ataupun aplikasi buat reminder di calender smartphone.

Hampir semua media sosial saat ini membutuhkan verifikasi akun juga melalui nomor Hp. Bagi pengguna facebook, instagram, twitter,tiktok hal ini menjadi salah satu hal wajib dalam pengamanan akun. Nanti semisal kamu lupa email dan password, asal masih ada no. hp akun bisa dikembalikan, begitu juga saat masuk di google.

Dalam urusan perbankan biasanya juga ada sms notifikasi dan kartu yang diregistrasi di bank untuk pendaftaran mobile banking. Kalau gonta-ganti nomor hp ini bakalan ribet yakin! cukup 1 nomor aja deh yang di daftarkan biar gak bingung-bingung.


Bayangkan kamu ganti nomor dan gak bisa transaksi m-banking, harus ngurus ke bank, ijin kuliah/ kerja, butuh waktu dan perjalanan,… capek ya kan?

Jaga Kerahasiaan Nomor HP

Nomor HPmu itu Penting Tentunya kamu harus menjaga nomor hp kamu, jangan berikan kepada orang yang gak kita kenal, apalagi gabung group sebagian membernya tidak kita kenal.

Alternatifnya adalah kita punya nomor cadangan/ nomor internet untuk gabung dalam group-group seminar atau semacamnya.
Mengingat kita sering jumpai ada anggota group yang sering menyimpan kontak dan membroadcast yang mungkin kita gak butuh.

Pesan kami sebagai penutup artikel ini

Jangan lupa simpan kontak dalam google kontak, tapi ya emailnya musti aktif dan kamu hapal juga passwordnya. Jika sewaktu-waktu ganti hp, tidak ribet menyimpan kontak kembali.


Jangan memberikan nomor Kode OTP (One Time Password) dalam verifikasi baik dompet digital dan layanan perbankan kepada orang lain, karena sejatinya hanya kamu yang boleh membuka dan memasukkan angkanya.

Pramuka Update

https://pramukaupdate.id/

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate. Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882

Related post

Tinggalkan Balasan