fbpx
 Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka

Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka

Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka – Mungkin kakak sudah pernah mendengar Mabigus, yang biasa disematkan untuk kepala sekolah maupun tokoh yang peduli dengan kepramukaan di sekolah/ gugus depan. Nah lalu apa sih sebenarnya Majelis Pembimbing/ MABI dalam gerakan pramuka?

Apa itu Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka?

Majelis Pembimbing disebutkan dalam AD-ART Gerakan Pramuka tahun 2018 – merupakan majelis yang memberikan bimbingan, dukungan dan memfasilitasi penyelenggaraan pendidikan kepramukaan secara berkelanjutan dan berkesinambungan.

Tingkat Kedudukan Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka

  • Nasional – MABINAS (singkatan dari Majelis Pembimbing Nasional) diketuai oleh Presiden Republik Indonesia.
  • Daerah – MABIDA (singkatan dari Majelis Pembimbing Daerah) diketuai oleh Gubernur.
  • Cabang – MABICAB (singkatan dari Majelis Pembimbing Cabang) diketuai oleh Bupati/ Walikota.
  • Ranting – MABIRAN (singkatan dari Majelis Pembimbing Ranting) diketuai oleh Camat/ Kepala Distrik.
  • SAKA – MABISAKA (Majelis Pembimbing Satuan Karya) dan
  • Gugusdepan – Mabigus (Majelis Pembimbing Gugusdepan) diketuai oleh ketua yang dipilih oleh dan dari antara anggota mabi yang bersangkutan, atau dijabat oleh pimpinan tertinggi dari institusi, lembaga tempat gugusdepan dan satuan karya pramuka berpangkalan.
  • SAKO – MABISAKO – Majelis Pembimbing Satuan Komunitas Pramuka diketuai tokoh yang dipilih oleh dan dari komunitas yang bersangkutan.

Majelis Pembimbing (MABI) memberikan bantuan ketersediaan tenaga, dana dan fasilitas yang diperlukan untuk pendidikan kepramukaan.


Nah sudah cukup jelas ya, untuk Majlis Pembimbing Gerakan Pramuka ini tentu saja merupakan tokoh yang bisa memberikan dukungan moril dan materiil bagi kemajuan gerakan pramuka. Yah, tentu saja kebijakan-kebijakan yang diambil akan memberikan dampak yang signifikan bagi kemajuan maupun kemunduran kegiatan pramuka di tingkatanya.

 

Tokoh yang telah ditunjuk sebagai Majelis pembimbing Gerakan Pramuka harus memiliki komitmen yang tinggi terhadap Gerakan Pramuka.

Mabi dapat terdiri atas unsur Pemerintah, Pemerintah Daerah, Tokoh Masyarkat dan orang tua peserta didik. Sedangkan secara kepengurusan bisa terdiri atas, ketua, ketua harian (apabila diperlukan), Wakil Ketua, Sekretaris, anggota sesuai dengan pembidangan.

Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka
Dokmumentasi Setneg.go.id

Penutup

Diharapkan peran Majelis Pembimbing optimal dalam melaksanakan fungsinya demi upaya tercapainya tujuan gerakan pramuka. Diharapkan juga agar pembina gudep/ saka/ sako/ kwartir terus mendorong dan berkoordinasi dengan Mabi untuk dukungan kegiatan kepramukaan.

Pramuka Update

https://pramukaupdate.id/

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published.