fbpx

Macam-Macam Metode Pendidikan Kepramukaan

 Macam-Macam Metode Pendidikan Kepramukaan

Salam Pramuka! Sebelum masuk ke dalam metode kepramukaan, tentunya kita harus mengerti definisi metode pendidikan kepramukaan. Agar kita lebih mengetahui sebenarnya apa itu metode pendidikan kepramukaan. Metode pendidikan kepramukaan merupakan pendidikan watak kepada anggota pramuka melalui kegiatan yang menarik, menyenangkan, dan menantang yang disesuaikan situasi dan kondisi yang ada di lingkungan. Perlu digarisbawahi bahwa kegiatan ini menarik dan menyenangkan juga menantang loh. Wah pasti asyik dan seru nih. Menambah wawasan dan keterampilan dengan cara yang menyenangkan. Pastinya kakak-kakak disini sangat antusias untuk mengikutinya.

Metode Pendidikan Kepramukaan
Kegiatan Kepramukaan dengan beregu. Foto baper_scout

Metode pendidikan kepramukaan pada dasarnya adalah implementasi dari prinsip dasar kepramukaan. Dengan demikian metode pendidikan kepramukaan tidak lepas dari nilai-nilai prinsip dasar kepramukaan. Apa saja macam-macam metode pendidikan kepramukaan?

  1. Pengamalan kode kehormatan pramuka
    Pengamalan kode kehormatan pramuka bisa dengan cara antara lain seperti beribadah secara taat menurut kepercayaan masing-masing, bertindak jujur terhadap sesama juga menghargai, dan toleransi antar umat beragama.
  2. Belajar sambil melakukan (learning by doing)
    Learning by doing di dunia pramuka sangat banyak contohnya. Misalnya materi tentang semaphore. Setelah mendapat materi tentang semaphore, kakak-kakak dapat belajar dengan praktik secara langsung. Menggunakan bendera semaphore secara langsung untuk menerima informasi ataupun membalas informasi yang ada.
  3. Sistem beregu (patrol system)
    Sistem beregu ini memiliki banyak manfaat bagi anggota pramuka. Dapat memimpin regunya sendiri, melatih kepemimpinan (leadership), bahkan belajar bersama dengan anggotanya.
  4. Kegiatan menantang dan mengandung pendidikan sesuai perkembangan anggota muda
    Kegiatan menantang di dunia kepramukaan menciptakan tantangan tersendiri. Memicu adrenalin bagi anggota pramuka saat mengikuti kegiatan tersebut.
  5. Kegiatan di alam terbuka
    Kegiatan di alam terbuka juga disukai oleh anggota pramuka. Contoh kegiatan di alam terbuka adalah kemah. Banyak hal yang bisa di dapat dari alam terbuka. Dapat mengenali beragam flora dan fauna misalnya.
  6. Kemitraan dengan anggota dewasa dalam setiap kegiatan
    Mitra dengan anggota dewasa memang diperlukan. Sebagai junior tentunya kakak-kakak membutuhkan bantuan dari senior untuk beberapa aspek yang dibutuhkan. Senior pasti membimbing juniornya agar dapat belajar bersama.
  7. Sistem tanda kecakapan
    Tanda kecakapan dibagi menjadi tiga yaitu TKU (Tanda Kecakapan Umum), TKK (Tanda Kecakapan Khusus), dan TPG (Tanda Pramuka Garuda). Tanda kecakapan ini memancing anggota pramuka untuk mendapatkannya. Proses mendapatkan tanda kecakapan ini bisa menjadi proses pembelajaran bagi anggota pramuka. Diperlukan perjuangan tanpa kenal menyerah untuk mendapatkan tanda kecakapan.
  8. Sistem satuan terpisah untuk putera dan puteri
    Antara putera dan puteri dipisahkan dalam sistem satuan. Pembina puteri membina satuan pramuka puteri. Begitu sebaliknya. Pembina putera membina satuan pramuka putera. Namun, perindukan siaga putera dapat dibina oleh pembina puteri. Bentuk sistem satuan terpisah ini juga bisa ditemukan saat kegiatan perkemahan. Kavling tempat untuk putera dan puteri dipisah.
  9. Kiasan dasar
    Kiasan dasar merupakan gambaran/kiasan yang mendasari dan melatarbelakangi suatu kegiatan. Fungsi kiasan dasar adalah dapat mengemas kegiatan kepramukaan menjadi lebih menarik.

Ternyata ada sembilan macam metode pendidikan kepramukaan. Kakak-kakak disini pernah mengikuti metode yang mana saja? Pasti sudah pernah merasakan salah satu bentuk metode kepramukaan. Metode kepramukaan ini merupakan ciri khas pendidikan dalam gerakan pramuka. Wah sangat menarik sekali ya setelah kita mengetahui metode pendidikan pramuka ini. Metode yang dibuat agar anggota pramuka dapat meningkat kecakapannya dalam pramuka dengan cara yang menarik, menantang dan menyenangkan.

Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *